in

Tips Menjaga Kesehatan Mental Ketika #DiRumahAja

source halodoc

Selain menjaga kesehatan fisik menjaga kesehatan mental juga tak kalah penting. Kondisi kesehatan mental akan mempengaruhi kondisi tubuh.

Ngadem.com – Masa pandemi Covid-19 sampai saat ini belum berakhir. Pemerintah terus melakukan perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi memutus rantai penyebaran virus Corona.  Akhirnya masyarakat pun lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Secara perlahan terlalu lama di rumah dan tidak dapat menikmati udara luar dapat mengganggu kesehatan mental. Karenanya sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan mental selama di #dirumahaja dengan tips berikut.

kesehatan mental
source halodoc

Tips Menjaga Kesehatan Mental Ketika di Rumah

Selain menjaga kesehatan fisik menjaga kesehatan mental juga tak kalah penting. Kondisi kesehatan mental akan mempengaruhi kondisi tubuh. Untuk itu tetap jaga kesehatan mental dengan tips di bawah ini:

1. Jauhi Berita-berita Negatif

Tips pertama yaitu jauhi berita-berita negatif. Carilah informasi seputar Covid-19 dari sumber terpercaya, terutama terkait langkah pencegahan dan hal-hal aplikatif yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Hindari juga grup-grup atau laman berita yang sering menebar hoax dan ketakutan. Pada dasarnya, fakta-fakta bisa mengurangi rasa takut, sebaliknya rumor-rumor justru menjadi asal segala kecemasan dan ketakutan yang akhirnya malah mengganggu kondisi kesehatan mental Anda.

Agar Anda mendapatkan info seputar Covid-19 secara pasti kunjungi halaman website ataupun aplikasi Halodoc. Perlu diketahui bahwa di Halodoc juga menawarkan konsultasi kesehatan yang bisa membantu mengatasi masalah kesehatan, tidak terkecuali juga masalah kesehatan mental.

2. Tetap Produktif

Pemberitaan tentang Covid-19 yang tiada hentinya malah meningkatkan rasa stres dan kecemasan. Untuk itu, agar kondisi kesehatan mental tetap terjaga lakukan hal produktif yang menyenangkan di rumah dan bisa membuat waktu tidak terasa berlalu.

Anda bisa tetap produktif dengan cara yang menyenangkan seperti menyalurkan hobi, belajar skill baru, mencoba rutinitas baru, belajar memasak, berkebun dan sebagainya.

3. Makan Makanan Sehat

Anda pasti sering mendengar ungkapan you are what you eat. Memang benar adanya, makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi kesehatan baik secara fisik maupun mental.

Makan makanan sehat bisa membuat Anda merasa lebih baik. Faktanya, ketika stres kebanyakan orang akan memilih comfort food seperti makanan manis dan junk food yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu, perbanyaklah konsumsi buah dan sayur serta minum air putih agar kesehatan mental tetap terjaga walaupun di rumah aja.

4. Lakukan Olahraga

Tetap berada di rumah bukan berarti Anda bebas rebahan dan mageran. Aktivitas fisik seperti olahraga wajib masuk dalam daftar kegiatan harian agar kondisi tubuh tetap bugar serta kondisi mental tetap terjaga.

Banyak hasil penelitian yang telah membuktikan bahwa aktif secara fisik dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan mental, seperti meningkatkan mood, meningkatkan self-esteem, meningkatkan fungsi kognitif, dan lain sebagainya.

5. Tetap Optimistis

Walaupun saat ini Anda harus #dirumahaja namun tetaplah semangat, optimistis, jangan putus asa, dan berpikiran positif bahwa pandemi COVID-19 akan segera berlalu. Saat ini banyak pasien yang sembuh, itu artinya penyakit ini bisa disembuhkan.

Daripada kondisi kesehatan mental terganggu karena cemas berlebihan, lebih baik Anda terus menjaga diri dan keluarga agar terhindar dari virus corona.

Caranya seringlah mencuci tangan dengan sabun selama 40-60 detik atau hand sanitizer, tidak menyentuh wajah, selalu menggunakan masker saat di luar rumah, menjaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain, serta berkegiatan #DiRumahAja.

Itulah di atas tips tetap menjaga kesehatan mental selama di #diRumahAja yang bisa dilakukan. semoga bermanfaat dan jangan lupa tetap stay home and stay healthy.