in

Pak Ganjar Ingin Kawasan Wisata Dieng Lebih Mantap Buat Sambut Bule. Semoga Lancar Deh Ya

Ngadem.com – Agaknya kamu patut berbangga kalau pernah berwisata ke Dieng, Sob. Pasalnya, kawasan wisata yang terletak di antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo ini lagi dipromosiin untuk menjadi tempat wisata bertaraf internasional. Kebayang nggak sih, kalau kamu pas makan mie ongklok, tiba-tiba di sampingmu ada segerombolan bule yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik? Nah, hal itu akan segera terwujud, Sob.

Berikut pernyataan Bapak Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, mengenai hal tersebut.

“Kawasan Dieng akan ditata secara menyeluruh, selain Borobudur, Karimunjawa dan Sangiran. Kawasan wisata Dieng di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo dipastikan menjadi satu dari empat paket wisata yang ditata untuk dipromosikan di tingkat dunia. Empat wilayah tersebut telah dikaji oleh tim dan segera dilakukan kajian pengembangan.”

“Tahun 2016 ini review, tahun depan sudah ada DED, dan 2018 mungkin sudah dieksekusi dan akan berubah.”

Yap, kamu setuju kan Sob kalau Dieng patut diberi perhatian lebih? Pasalnya, potensi wisata alam yang ada di sini sangatlah banyak dan lengkap. Umat Hindu misalnya, sekarang mulai mengarahkan pandangannya pada candi yang ada di Dieng. Candi-candi itu kini sudah dibersihkan dan ditata sedemikian rupa agar menarik.

“Ini potensi wisata, ada potensi pangan juga,” lanjut Bapak Ganjar.

Terkait pengembangan, Bapak Ganjar menginginkan wilayah Dieng bisa dibangun akomodasi penginapan agar bisa menampung wisatawan lebih banyak. Dengan adanya penginapan, wisatawan diharapkan bisa tinggal lebih lama serta mengeluarkan uang untuk berbelanja. Jadi, para ibu-ibu penanam kentang harus bersiap untuk memenuhi kebutuhan para bule itu, ya.

“Mengenai homestay, nantinya rumah warga itu juga harus ada standardisasi wisatanya. Suvenir dari Dieng juga perlu ditata biar lebih menarik,” ujarnya.

Selain itu, menurut Bapak Ganjar, Dieng akan lebih menarik wisatawan jika nantinya bisa ditemukan spot yang menarik untuk paralayang. Jika itu ada, nilai tambah wisata Dieng akan semakin mendunia. Pastinya Dieng bakal jadi tempat wisata favorit yang begitu digandrungi wisatawan dengan adanya paralayang.

Ruwatan Anak-anak Rambut Gimbal, Dieng via banggaaindonesia.blogspot.com

“Ada juga hujan es di Dieng dan festival rambut gimbal yang merupakan satu-satunya yang ada di dunia. Tapi nanti perlu adanya pengembangan sekalian konservasi alam,” tambahnya.

Gimana, Sob? Kamu udah siap menyambut datangnya bule-bule itu, kan? Tentunya siaplah ya, biar perkembangan wisata dan ekonomi kita melaju pesat. Yihaaa.

Sumber: Kompas.com

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.