7 Tempat Wisata Epic di Sumbawa yang Harus Masuk Bucket List-mu

Ngadem.com – Pulau Sumbawa menjadi pulau terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat dengan luas 14.386 km2. Di sebelah barat Pulau Sumbawa dibatasi oleh Selat Alas, di sebelah timur dibatasi Selat Sape, di sebelah selatan dibatasi Samudra Hindia, dan di sebelah utara dibatasi Laut Flores.  Selain memiliki gunung Tambora dan Pulau Bungin yang sudah mendunia, Pulau Sumbawa juga memiliki lokasi wisata hits lainnya. Apa saja? Berikut  ulasan singkatnya berserta foto-fotonya.

1. Sensasi ngadem paling asik di Pulau Moyo

Foto dari @satriandewa

Pulau Moyo merupakan salah satu wisata hits yang ada di Pulau Sumbawa. Bahkan dulu tempat ini pernah didatangi Lady Diana sebelum beliau wafat. Pulau yang juga dimanfaatkan sebagai cagar alam ini memiliki daya tarik yang tak biasa, diantaranya yang paling popuper adalah keeelokan alam bawah lautnya, seperti: hiu putih, ikan pari, dan aneka biota laut lainnya. Tak heran jika pulau Moyo ini menjadi salah satu surga snorkeling maupun diving di Indponesia, khususnya di Sumbawa.

Daya tarik lainnya dari pulau Moyo adalah keindahan pantai Ai Manis dan Air Terjun Mata Jitu yang dikenal juga dengan nama Queen Waterfall. Untuk sampai di Pulau Moyo, kamu harus menyebrang dulu dari pantai Kencana yang memakan waktu sekitar 2 jam.

2. Pantai Kencana yang biru

 

Foto dari klikhotel.com

Pantai Kencana  berada 11 km atau memakan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Sumbawa Besar. Pantai Kencana mempunyai garis pantai yang melengkung dengan warna yang khas. Perpaduan pasir putih yang bersih, tamparan ombak pada bebukitan karang, dan birunya laut menambah kecantikan  pantai ini. Beberapa fasilitas yang terdapat di Pantai Kencana ini antara lain: warung makan, kamar mandi, hotel dan cottage yang bentuknya menyerupai bangunan khas  Sumbawa.

3. Pantai Sili dan Maci yang bisa membuat hati adem

Foto dari tatankjuventino.blogspot.com

Dua tempat epic yang saling berdekatan ini terletak di Dusun Teloi, Ds. Mata, Kec.Tarano, Kab. Sumbawa. Gulungan ombaknya yang besar dan panjang menjadikan dua tempat ini surga surfing di Sumbawa. Kabarnya, ombak di pantai ini mendapat urutan ketiga di dunia sebagai ombak terbaik untuk surfing selepas Hawaii dan Tahiti. Waktu tempuh untuk  mencapai pantai Sili dan Maci sekitar 6 jam dari pusat kota. Aksesnya yang cenderung sulit menjadikan kedua pantai ini kalah pamor dari Pantai Lakey di Kabupaten Dompu dan Pantai Jelenga di Kabupaten Sumbawa Barat.

4. Setelah menjelajah gelapnya Liang Petang, segarkan dirimu di lagunanya

Foto dari yukpegi.com

Liang Petang bisa menjadi destinasi wisata recomended buat kamu yang ingin menguji mental dan kebaranian. Tempat ini juga kadang dijadikan area untuk bertapa oleh penduduk setempat, jadi buat kamu yang ingin mendapat pencerahan bisa nih datang kesini. Liang Petang terletak  kurang lebih 29 km dari Sumbawa Besar, tepatnya di Desa Batu Tering, Kec. Moyo Hulu. Selain terdapat stalaktit dan stalakmit yang aduhai cantiknya, di Gua Liang Petang ini juga terdapat batu yang menyerupai makam, batu yang menyerupai manusia, bahkan ada juga batu yang meyerupai  alat tenun. Oh iya, jangan lupa untuk membawa senter, sebab di gua sama sekali tak ada pencahayaan.

5. Yuk cek Gili Bedil dan Gili Keramat

Foto dari @agushong

Selain Pulau Moyo, ada juga Gili Bedil dan Gili Keramat yang merupakan wisata favorit karena keindahan bawah lautnya. Letaknya di Ds. Labuhan Padi, Kec. Utan, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Tempat yang menjadi tujuan para snorkeling dan diving setelah pulau Moyo ini memiliki akses jalan yang mudah, perjalanan bisa dilalui dari Pelabuhan Poto Tano lalu lanjutkan ke Pantai La Pede (Labuhan Padi), selanjutnya bisa langsung menyeberang menuju Gili Bedil dan Gili Keramat menggunakan glass-bottom boat.

6. Di Pulau Dompu ada danau cantik bernama Danau Satonda

Foto dari @gabagaba_leather

Pulau Dompu yang terletak di bagian tengah Pulau Sumbawa ini terkenal sebagai penghasil madu dan susu kuda liar. Selain itu, Pulau Dompu juga terkenal akan pesona wistanya yang mampu membuat siapa saja jatuh cinta, diantaranya: Pulau Satonda, Danau Satonda,  Pantai Lakey, dan satu Pulau Nisa Pudu.

7. Berani ke Tanjung Menangis?

Foto dari @andickagmlk

Tanjung Menangis terletak di Kec. Sumbawa Besar, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Perjalanan kurang lebih 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 20 km pusat kota Sumbawa. Untuk mencapai Tanjung Menangis butuh perjuangan keras. Kamu akan diajak mendaki, melewati jalanan berpasir dan berbatu. Belum ada lampu penerang.  Namun keindahan alamnya mampu membayar lunas semua perjuangan kerasmu untuk sampai tujuan. Jangan lupa naik ke mercusuarnya untuk menikmati keindahan sunset di atas laut lepas.

Demikianlah ulasan singkat tentang pesona 7 wisata Pulau Sumbawa. Selamat jalan-jalan. Tetap jaga kebersihan dan jangan rusak apa pun ya…

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com - Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.