in

13 Oktober 1917: Peristiwa Miracle of the Sun Terjadi di Portugal

Ngadem.com – Pada tanggal 13 Oktober 1917, sebuah peristiwa yang kini dikenal dengan nama Miracle of the Sun terjadi di Cova da Iria di Fatima, Portugal, dan disaksikan sekitar 70.000 orang. Peristiwa ini terjadi di siang hari. Beberapa wartawan surat kabar yang hadir saat itu memberikan kesaksian dari banyak orang yang mengaku telah menyaksikan aktivitas matahari yang luar biasa tersebut. Kesaksian ini pun diperkuat oleh imam Katolik Italia dan peneliti pada tahun 1940.

Menurut laporan tersebut, peristiwa berlangsung sekitar sepuluh menit. Ketika tiga anak (Lucia dos Santos, Jacinta Marto dan Francisco Marto) yang awalnya mengaku telah melihat Our Lady of Fatima juga mengaku melihat Yesus, Our Lady of Sorrows, Our Lady of Mt. Carmel, dan Saint Joseph memberkati orang-orang.

Acara ini secara resmi diterima sebagai mukjizat oleh Gereja Katolik Roma pada 13 Oktober 1930. Pada 13 Oktober 1951, wakil paus, Kardinal Tedeschini, mengatakan kepada jutaan orang yang berkumpul di Fátima pada tanggal 30 Oktober, 31 Oktober, 1 November, dan 8 November 1950, bahwa Paus Pius XII menyaksikan keajaiban matahari tersebut dari kebun Vatikan.

Deskripsi paling banyak yang dikutip dari Miracle of the Sun diambil dari tulisan John De Marchi, seorang imam Katolik Italia dan peneliti. De Marchi menghabiskan tujuh tahun di Fátima, 1943-1950, melakukan penelitian asli dan mewawancarai beberapa orang yang melihat Miracle of the Sun.

Salah seorang peneliti, Joe Nickell, menunjukkan bahwa peristiwa yang disaksikan di Fátima mungkin karena efek optik yang dihasilkan dari distorsi retina karena melihat matahari terlalu lama. Ia mengklaim bahwa posisi fenomena tersebut, seperti yang dijelaskan oleh beberapa saksi, adalah sundog. Kadang-kadang disebut sebagai Parhelion atau “matahari tiruan”, sundog merupakan fenomena optik atmosfer yang terkait dengan refleksi dan refraksi cahaya matahari oleh banyak kristal es kecil yang membentuk awan cirrus atau awan cirrostratus.

Sumber: bbc, historyorb, wikipedia

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.