in

15 April 1948: Perang Antara Arab dan Israel Meletus Pertama Kali

Perang Arab Israel

Ngadem,com – Perang pertama kali antara Arab dan Israel  terjadi pada tanggal 15 April 1948. Ini merupakan perang yang meletus sejak Deklarasi Balfour pada tahun 1917 dan 1920. Perang ini melibatkan Israel dan koalisi militer negara-negara Arab serta pasukan Palestina.

Meletusnya perang Arab-Israel dikarenakan ketidakpuasaan bangsa Arab dan Yahudi atas kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak Inggris. Oposisi Arab kemudian berkembang menjadi pemberontakan 1936-1939 di Palestina, sementara perlawanan Yahudi berkembang menjadi pemberontakan Yahudi di Palestina (1944-1947). Pada tahun 1947, ketegangan yang sedang berlangsung ini meletus menjadi perang saudara dan berubah menjadi konflik antar negara (Israel dan Arab).

Sebagai hasil dari perang, Israel mempertahankan daerah dengan munculnya Resolusi Majelis Umum PBB 181 dan menguasai hampir 60% dari daerah yang dialokasikan untuk negara Arab yang diusulkan, termasuk Jaffa, Lydda dan daerah Ramle, Galilea, beberapa bagian dari Negev, Tel Aviv-Yerusalem, Yerusalem Barat, dan beberapa wilayah di Tepi Barat. Yordan mengambil alih sisa Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, dan militer Mesir menguasai Jalur Gaza. Irak dan Palestina akhirnya menandatangani Perjanjian Gencatan Senjata pada tahun 1949.

Sumber: http://www.historyorb.com/day/april/15

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.