in

2 Oktober 2002: Aksi Penembakan Berantai Terjadi di Amerika Serikat (Beltway Sniper Attacks)

Ngadem.com – Pada 2 Oktober 2002, terjadi serangkaian kasus penembakan di beberapa kota di Amerika Serikat. Kasus ini dikenal dengan nama Beltway Sniper Attacks. Beltway Sniper Attacks sendiri adalah serangkaian penembakan terkoordinasi yang berlangsung selama tiga minggu pada bulan Oktober 2002 di Maryland, Virginia, dan Washington DC. Sepuluh orang tewas dan tiga korban lainnya menderita luka parah di beberapa lokasi di seluruh Washington DC dan sepanjang jalan di Virginia.

Aksi biadab ini dilakukan oleh John Allen Muhammad (42 tahun) dan Lee Boyd Malvo (17 tahun) dengan mengendarai Chevrolet Caprice 1990 warna biru. Mereka memulainya pada bulan Februari 2002 dengan melakukan pembunuhan dan perampokan di negara bagian Alabama, Arizona, Florida, Georgia, Louisiana, Texas, dan Washington, yang mengakibatkan tujuh orang tewas dan tujuh orang luka-luka.

Pada September 2003, Muhammad dihukum mati. Satu bulan kemudian, Malvo dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat. Pada tanggal 10 November 2009, Muhammad dieksekusi dengan suntik mati di Virginia.

Sebelumnya, dalam persidangan John Allen Muhammad, Malvo bersaksi bahwa tujuan dari pembunuhan tersebut adalah untuk menculik anak-anak yang kemudian akan memeras uang pemerintah untuk mendirikan sebuah kamp dalam melatih anak-anak tentang bagaimana caranya meneror kota.

Sumber: historyorb.com, tempo.co

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.