in

30 Mei 1971: Nasa Luncurkan Pesawat Antariksa Tak Berawak Pertama ke Mars (Mariner 9)

Sumber gambar: www.whiteeagleaerospace.com
Sumber gambar: www.whiteeagleaerospace.com
Sumber gambar: www.whiteeagleaerospace.com

Ngadem.com – Pada tanggal 30 Mei 1971, Mariner 9 diluncurkan untuk memetakan dan mempelajari perubahan temporal dalam atmosfer dan permukaan di Mars. Mariner 9 sendiri adalah wahana antariksa NASA tak berawak yang memberikan kontribusi besar terhadap eksplorasi Mars dan merupakan bagian dari program Mariner tahap awal. Mariner 9 diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station dan mencapai Mars pada tanggal 14 November di tahun yang sama, Mariner 9 juga menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang mengorbit di planet lain

Ketika Mariner 9 tiba di Mars pada 14 November 1971, ilmuwan planet terkejut menemukan atmosfer tebal dengan badai terbesar yang pernah diamati. Permukaan benar-benar sangat kabur dan segera menghentikan program yang diatur dari Bumi untuk menunda pengambilan gambar permukaan selama beberapa bulan sampai debu menghilang. Pengambilan gambar permukaan Mars tidak membuahkan hasil, sampai pertengahan Januari 1972 Marine 9 menangkap objek-objek yang ada di Mars. Namun, gambar yang di dapat masih terlihat kabur dan tidak memberikan pemahaman yang pasti dari planet Mars, termasuk pemahaman tentang keberadaan beberapa gunung berapi tertinggi yang pernah dilihat.

Setelah 349 hari mengorbit, Mariner 9 telah mengirim 7.329 gambar, yang meliputi 85% dari permukaan Mars, sedangkan misi terbang lintas sebelumnya telah memberikan seribu gambar yang hanya mencakup sebagian kecil dari permukaan planet. Gambar-gambar tersebut adalah; kawah, lembah, bukit dan gunung berapi besar yang konon jadi gunung berapi terbesar yang diketahui di tata surya.

(Sumber: wikipediahistoryorb)

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.