in

Review Film The Drop (2014): Nuansa Kriminalitas Yang Penuh Misteri

Ngadem.com – Kali ini kita akan membicarakan salah satu film misteri berjudul The Drop (2014). Misteri di sini bukanlah tentang horor atau cerita hantu, tapi mengenai film yang mempunyai ending terbuka. Film jenis ini pernah saya temui sebelumnya dalam judul No Country For Oldman garapan Joel dan Ethan Coen.

The Drop (2014) memiliki latar tentang hiruk-pikuk dunia kriminal. Setting tempatnya juga tidak terlalu banyak, namun tidak membosankan. Di dalamnya, dikupas tentang sindikat mafia yang menguasai bar-bar dan segala aktivitas uang yang dikumpulkannya. Prosedurnya, uang itu akan dikumpulkan menjadi satu dalam sebuah bar, namun tempat pengumpulan uang itu bisa berpindah-pindah setiap saat. Ada cuplikan yang mengatakan bahwa mafia tertinggi bernama Umarov.

Tokoh utama dalam film ini adalah seorang penjaga bar, Bob dan dimainkan oleh aktor kawakan, Tom Hardy. Suatu saat bar tempatnya bekerja menjadi basecamp (tempat pengumpulan uang: pajak mafia). Dan di sanalah konflik puncak terjadi.

Review Film The Drop (2014)

Meskipun bisa dibilang ini adalah film ber-genre crime yang syarat akan aksi, namun saya begitu tenang menontonnya. Luar biasa, akting Tom Hardi dalam film ini sangat calm dan santai. Maka wajar jika ia menjadi tokoh yang diremehkan. Tapi ternyata ialah tokoh sentral sebuah kasus kejahatan.

Film ini juga dibumbui dengan ajaran moral ‘sayangi binatang’. Anjing dalam film ini, sekaligus menjadi penghubung antar alur film. Saya salut untuk yang satu itu. Di ending cerita, The Drop (2014) memaksa kamu untuk paling tidak sedikit berpikir—itu akan menyenangkan—tentang “apa maksudnya?” Ya! Sebab Bob membunuh salah seorang anak buah mafia, padahal dia sendirian (tak punya komplotan). Namun hal itu justru menarik hati si tangan kanan mafia untuk menjadikannya teman, bukannya malah balas dendam.

Untuk film ini, saya kira 7.0 adalah rating yang ideal, sebab film-film kriminal misterius yang dibawakan secara cool seperti ini memang baik untuk memutar pikiran. Dan terakhir, saya ingin mengutip kata-kata dari film tersebut untuk sekiranya dapat dijadikan sumber pemikiran.

“Ada beberapa dosa yang kau lakukan yang tidak bisa dikembalikan. Tak peduli seberapa keras kau mencoba. Kau tak bisa, kau tahu? Ini seperti setan sedang menunggu jiwamu melayang. Karena setan tahu bahwa dia sudah memiliki jiwamu. Dan kupikir, mungkin, kau tahu setan itu tak ada. Kau mati, dan Tuhan berkata: “Tidak. Tidak, kau tidak boleh masuk, kau harus pergi sekarang. Kau harus pergi menjauh, dan harus sendirian. Kau harus sendirian selamanya.”

Identitas Film The Drop (2014):

        1. Produser: Peter Chernin, Dylan Clark dan Mike Larocca
        2. Penulis Naskah: Dennis Lehane
        3. Music: Marco Beltrami
        4. Sinematografi: Nicolas Karakatsanis
        5. Tanggal rilis: September 12, 2014
        6. Durasi waktu: 106 menit

Para Pemain: Tom Hardy sebagai Bob Saginowski, Noomi Rapace sebagai Nadia, James Gandolfini sebagai  Cousin Marv, Matthias Schoenaerts sebagai Eric Deeds, John Ortiz sebagai Detective Torres, Elizabeth Rodriguez sebagai Detective Romsey, Michael Aronov sebagai Chovka, Morgan Spector sebagai Andre, Michael Esper sebagai Rardy, Ross Bickell sebagai Father Regan.

Written by Muhammad Hanif

Kontributor Ngadem.com - Pemuda kekinian asal Bantul yang menggandrungi dunia film dan sinematografi, Sedang sibuk menyususn skripsi berasaskan Kajian Ekranisasi di Fakultas Bahasa dan Seni, UNY.