in ,

8 Tempat Wisata di Padang yang Jarang Terekspos Media

Ngadem.com – Percayalah, Padang bukan hanya terkenal akan wisata kulinernya. Kota yang sering diidentikan dengan rendang dan Malin Kundang ini ternyata juga menyimpan surga-surga wisata menjanjikan. Sebut saja Danau Minanjau, Pelabuhan Teluk Bayur, atau Pantai Air Manis yang menjadi destinasi favorit warga Padang saat liburan tiba. Dari sekian banyak tempat wisata di Pandang, ternyata masih ada beberapa spot menarik yang jarang diekspos media dan tentu saja menyimpan keunikan tersendiri.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut Ngadem.com kasih tempat wisata di Padang yang jarang terekspos media.

1. Santai asik di Air Terjun Lubuk Hitam Bungus

Foto dari @grifvynzi

Air terjun yang memiliki tiga tingkatan ini berada di Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Untuk mencapainya, kamu membutuhkan waktu yang lumayan panjang dan melelahkan. Saat sampai di pos pemberhentian kamu harus melakukan trekking selama satu jam, dan tentu saja fisik harus dalam keadaan yang fit. Saat tiba di lokasi, kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang berpadu dengan derasnya aliran air di Lubuk Hitam Bungus. Dijamin, segala lelahmu akan terbayar tuntas!

2. Wisata hits di Padang: Air Terjun Ngungun Saok

Foto dari @nobletonga

Air terjun yang beberapa waktu belakangan ramai diperbincangkan di medsos ini berjarak 11 KM dari pusat Kota Padang. Untuk mencapainya, kamu akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam dengan kendaraan pribadi. Karena memang masih terbilang wisata baru di Padang, Air Terjun Ngungun Saok masih cukup asri dan terjaga. Sayangnya, akses jalan untuk sampai ke titik lokasi terbilang sulit dan menantang. Meski demikian, suasana rindang dan sejuknya udara di Air Terjun Ngungun Saok akan mengobati segala lelahmu.

3. Rendam diri di Air Terjun Nyarai, Lubuk Alung

Foto dari @@ghalao_traveler

Air Terjun Nyarai berada di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Padang. Untuk mencapainya kamu akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Padang. Yang menarik dari tempat ini adalah saat memulai perjalanan dari tempat parkir, kamu akan disuguhkan pemandangan ladang persawahaan yang membuat mata adem bukan main. Saat sampai lokasi, kicauan burung dan sejuknya udara Air Terjun Nyarai akan mengobati rasa rindumu pada suasana alam pedesaan.

4. Manjakan mata sejenak di Bukit Bendera

Foto dari @oktarezqi

Letaknya di Bayang, Kab Pesisir Selatan, Padang. Mengapa namanya Bukit Bendera, adalah karena dulunya bukit ini digunakan para pejuang tanah air untuk mengawasi para penjajah Belanda. Bila ada penjajah, maka bendera akan diturunkan sebagai tanda adanya musuh. Bukit Bendera memang terbilang asik untuk ngadem dan bersantai, terlebih bagi kamu yang suka foto-foto. Pemandangan alam serta rumah-rumah yang terlihat seperti miniatur akan memanjakan matamu.

5. Mandi sampai basah sebasah-basahnya orang di Lembah Anai

Foto dari @syazazizi

Air terjun yang memiliki ketinggian 35 meter ini berada di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Memang, nama Air Terjun Lembah Anai sudah cukup familiar bagi masyarakat Padang, itulah mengapa tiap weekend atau hari libur tiba, Air Terjun Lembah Anai selalu ramai dikunjungi. Di sini kamu akan disuguhkan pemandangan alam khas Kota Padang yang terbilang masih asri dan sejuk. Kamu juga bisa mandi sampai basah sebasah-basahnya orang.

6. Ngadem cantik di Pulau Pasumpahan

Foto dari @florachiristin

Kian waktu, Pulau Pasumpahan kian banyak dilirik para pelancong dari luar negeri. Bukan tanpa alasan, keindahan laut serta pantainya yang menawan membuat pulau yang memiliki spot-spot asik ini tak pernah habis memberi kejutan. Letaknya sendiri berada sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Di Pulau Pasumpahan kamu bisa melakukan banyak aktivitas, seperti menyelam, berkemah, bersantai atau hanya sekedar mengabadikan moment-moment bahagia dalam bidikan kamera.

7. Kalau kamu ke Pantai Corocok, jangan lupa mampir ke Bukit Langkisau Painan, ya…

Foto dari @novaariesta

Bukit Langkisau berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Painan, Padang. Untuk mencapainya cukup mudah, kamu bisa bisa langsung ke Pantai Corocok menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Dari Pantai Carocok jaraknya tidak terlalu jauh. Setelah sampai di Bukit Langkisau, kamu bisa melihat pemandangan kota Painan yang tampak seperti miniatur. Selain itu, kamu juga bisa melihat aktivitas olahraga paralayang yang biasanya diadakan di Bukit Langkisau.

8. Melihat eloknya Danau Maninjau dari Puncak Lawang

Foto dari @ferio_ynwa

Puncak yang dulunya digunakan bagsawan Belanda untuk bersantai ini berada di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Dari sini kamu bisa melihat luasnya Danau Maninjau yang terkenal akan keindahannya itu. Kamu juga bisa duduk bersantai sambil foto-foto atau sekedar ngadem cantik. Ketinggian Puncak Lawang sendiri adalah 1.210 mdpl dan sering dijadikan tempat untuk kejuaraan olahraga paralayang kelas internasional. Ya, Puncak Lawang menjadi salah satu spot terbaik di Asia Tenggara untuk olahraga Paralayang.

Jadi gimana? Tertarik mengujungi 8 tempat wisata Padang di atas? Atau ada yang kurang? Yuk, share… :)

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.