in ,

8 Tempat Wisata di Probolinggo yang Tak Akan Buatmu Bosan

Ngadem.com – Ya, buat kamu yang sudah pernah berkunjung ke Gunung Bromo, pasti kamu tak asing lagi dengan nama Kabupaten Probolinggo. Emang sih, Gunung Bromo itu tiada duanya. Tapi, siapa sangka kalau kabupaten kecil yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini juga menyimpan keindahan alam lainnya yang tak kalah menariknya dengan Gunung Bromo. Ya, sebut saja Puncak Rengganis yang terletak di Gunung Argopuro, atau pesona Air Terjun Madakaripura yang maha istimewa.

Semua hanya bisa kamu dapatkan di Kota Probolinggo, Sob! Pasti makin penasaran, kan? Yaudah, yuk intip pesona wisata yang ada di Kabupaten Probolinggo. Berangkaaattt…

1. Salah Satu Lanskap Terindah di Dunia Ini Bernama Bromo.

Gunung Bromo via hargatiketwisata.blogspot.co.id

 

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif sampai saat ini. Bahkan, kawasan wisata ini baru saja dibuka untuk umum setelah mengalami erupsi pada beberapa bulan yang lalu. Ya, Gunung Bromo terletak di ketinggian 2.392 mdpl dan merupakan gunung paling terkenal di Jawa Timur, Indonesia, atau bahkan mancanegara.

Gunung Bromo ini terletak di 4 wilayah kabupaten sekaligus, yakni wilayah Kabupaten Probolinggo, Malang, Pasuruan, dan Lumajang. Gunung yang cukup terkenal ini mempunyai bentuk yang terdiri dari ngarai dan lembah dengan lautan pasir luas sekitar 10 km persegi. Ya, cukup luas untuk untuk bermain sepak bola, Sob. Hehehe.

Biaya retribusi ke kawasan Gunung Bromo ini bisa dibilang mahal, yakni sebesar Rp 30.000,00/ orang. Perinciannya adalah sebagai berikut. Rp 27.500,00 untuk biaya karcis, dan Rp 2.500 untuk biaya asuransi. Kalau kamu membawa wisatawan dari mancanegara, biayanya berkisar antara Rp 217.000,00 – Rp. 250.000,00. Angka itu juga sudah termasuk asuransi. Tapi ingat, biaya itu hanya berlaku di hari kerja saja. Kalau kamu pengin ke sini pas hari libur, maka siapkanlah uang cadangan. Oke, Gaes?

2. Selagi di Probolinggo, Yuk Sekalian Mampir ke Gunung Argopuro.

Gunung Argopuro foto dari @nofriantii

 

Kawasan wisata Gunung Argopuro ini terletak di tiga wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Situbondo dan Jember. Kawasan wisata ini masuk dalam kompleks Pegunungan Hyang. Ketinggiannya mencapai 3088 mdpl dengan beberapa puncak di atasnya. Salah satu puncak yang paling terkenal adalah Puncak Rengganis, sedangkan yang tertinggi adalah Puncak Argopuro. Ohya, di sini kamu juga bisa menemukan danau yang cukup apik untuk berfoto narsis, Gaes. Namanya Danau Taman Hidup Argopuro. Fotonya bisa kamu lihat di bawah ini.

Taman Hidup Argopuro foto dari @hobiberdoa

 

Untuk sampai puncak Gunung Argopuro, kamu bisa memilih tiga jalur pendakian, yakni jalur Bremi dari Probolinggo, jalur Baderan dari Situbondo, dan jalur Tancak dari Jember. Jalur yang lebih sering digunakan para pendaki adalah jalur Bremi dan Baderan. Sedangkan jalur Tancak sangat jarang dilalui karena jarak tempuhnya sangat panjang. Memerlukan waktu sekitar satu minggu untuk sampai ke puncak. So, perhitungkan lagi biaya dan kekuatanmu, ya, Sob.

Sesampainya di pos perijinan, kamu akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 20.000,00/ orang (untuk 1 hari menginap) dan biaya parkir motor sebesar Rp. 5000,00/ motor (untuk 1 hari menginap). Kalau kamu mau menginap selama 3 hari, maka kalikan saja biayanya. Jadi, bawalah uang sebanyak-banyaknya, ya :D

3. Pengin Lihat Hiu Tutul? Dateng Aja ke Pantai Bentar!

Pantai Bentar foto dari @adicahya359

 

Destinasi wisata selanjutnya adalah Pantai Bentar. Lokasinya yang terletak di Jalan Raya Probolinggo – Situbondo akan memudahkanmu untuk mencapai obyek wisata ini. Ya, istimewanya lagi, di lokasi ini kamu bisa menyaksikan Hiu Tutul atau Whale Shark, yang biasa muncul pada bulan Januari – Maret. Nah, momen ini jangan sampai terlewat ya, Sob. Mumpung masih bulan Maret, nih.

Untuk melihat kawanan Hiu Tutul ini, kamu cukup melihatnya dari pantai saja. Atau, kalau kamu kurang puas, kamu juga bisa membeli teropong terlebih dahulu. Soalnya, jarak untuk melihat hiu-hiu ini sekitar 1 km dari bibir pantai. Ya, konon katanya, hiu ini sedang bermigrasi dari Laut Australia dikarenakan kalender cuaca. Nah, untuk masuk ke sini, kamu akan dikenai biaya sebesar Rp. 10.000,00/ orang; lengkap dengan biaya parkir kendaraan roda dua.

4. Lengkapi Wisatamu dengan Menginjakkan Kaki di Pulau Gili Ketapang.

Gili Ketapang foto dari @indrajayakusum

 

Yap, Gili Ketapang merupakan sebuah desa yang terletak di atas pulau kecil dekat Selat Madura. Tepatnya sekitar 8 km di lepas pantai utara Probolinggo. Secara administratif, pulau ini masuk dalam wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Untuk sampai ke lokasi ini, kamu bisa mengaksesnya melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga dengan menyewa perahu nelayan. Tarifnya sekitar Rp. 10.000,00 – Rp. 20.000,00/ orang. Sesampainya di lokasi, kamu bisa snorkeling sembari menikmati indahnya pemandangan laut ataupun melihat terumbu karang yang cantik. Dulunya, Pulau Gili Ketapang ini menyatu dengan Pulau Jawa. Tapi setelah Gunung Semeru meletus dahsyat, akhirnya tempat ini terpisah dari Pulau Jawa. So, kamu siap ke sini?

5. Butuh yang Segar-Segar? Nih, Cobain Obyek Wisata Ranu Segaran.

Ranu Segaran foto dari @abednegovictory

 

Ranu Segaran, atau yang biasa disebut sebagai Danau Segaran ini terletak di Desa Segaran, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Untuk sampai ke lokasi, kamu bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan bermotor; baik roda dua maupun roda empat; dengan estimasi waktu sekiranya 30 menit perjalanan dari pusat Kota Probolinggo.

Di sepanjang perjalanan itu, kamu akan disuguhi pemandangan pepohonan dan pegunungan yang cukup meneduhkan mata. Dan, sesampainya di lokasi, kamu bisa melihat air Ranu Segaran yang sangat jernih dengan pemandangan alam yang masih asri. Untuk biaya masuknya, kamu cukup membayar dengan harga Rp. 8000,00 lengkap dengan biaya parkir kendaraan.

6. Masih Ada Ranu Lain yang Tak Kalah Kece dengan Ranu Segaran. Yap, Namanya Ranu Agung.

Ranu Agung foto dari @_dindasrm

 

Obyek wisata Ranu Agung ini sebenarnya tidak begitu jauh dari Ranu Segaran. Akan tetapi, lokasinya masih cukup tersembunyi dan dipenuhi hutan-hutan. Nah, daripada tersesat, lebih baik kamu bertanya pada penduduk sekitar jika sudah sampai di Ranu Segaran. Untuk sampai lokasi Ranu Agung, kamu harus menempuh jalanan yang menanjak di antara kawasan hutan yang masih lebat. Di kanan-kirinya terdapat juga pohon-pohon durian yang cukup menggoda. Ya, pada hari biasa mungkin kamu tidak akan menemukan warung maupun penduduk yang berlalu-lalang di area ini. Oleh karena itu, siapkanlah mentalmu sebelum menuju ke lokasi.

Ohya, kalau kamu membawa kendaraan roda empat, kami sarankan agar kamu lebih berhati-hati. Karena di desa terakhir sebelum memasuki kawasan wisata ini, jalannya cukup sempit, dan mungkin hanya bisa dilewati satu mobil saja. Tapi istimewanya, kamu tidak akan dikenai biaya masuk. Paling kamu hanya akan dikenai biaya parkir seikhlasnya oleh penjaga warung setempat. Kemudian, jika kamu ingin ke pinggir Ranu Agung ini, kamu harus treking menuruni bukit. Nggak jauh kok, mungkin sekitar  600 – 700 meter saja.

7. Pesona Tirai-Tirai Air di Obyek Wisata Air Terjun Madakaripura.

Air Terjun Madakaripura foto dari @jagadtour

 

Obyek wisata Air Terjun Madakaripura ini terletak di Desa Sapeh, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Di sini kamu bisa melihat pesona air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 200 meter. Air terjun ini berbentuk ceruk yang dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang menjulang tinggi dan meneteskan air berbentuk tirai pada seluruh bidang tebingnya.

Di kawasan ini, kamu bisa menemukan 5 air terjun sekaligus. Nah, untuk air terjun utamanya, berada di ujung sebuah ruangan berbentuk lingkaran berdiameter sekitar 25 meter. Di balik air terjun utama tersebut terdapat sebuah goa yang cukup menawan. Tapi, untuk mencapainya memang sangat sulit, karena harus melewati kolam air seluas 25 meter persegi yang berada tepat di bawah air terjun tersebut.  Kedalaman kolam di bawah air terjun ini sekitar 7 meter dan memiliki arus air yang sangat deras. Maka dari itu, kami sarankan agar kamu lebih berhati-hati lagi. Kalau tidak bisa berenang, maka kamu cukup menikmati keindahan air terjun ini dari tepiannya saja. Jangan ngeyel, karena bisa berakibat fatal!

Nah, untuk masuk ke kawasan ini, kamu akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp. 7000,00/ orang. Kalau kamu membawa kendaraan roda dua, kamu juga diwajibkan membayar parkir seharga Rp. 2000,00. Sedangkan mobil, akan dikenai biaya sebesar Rp. 5000,00. Jadi, kapan mau ke sini?

8. Candi Jabung Ini Bakalan Ramai Saat Upacara “Nyepi”.

Candi Jabung foto dari @si_kentong

 

Candi Jabung merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit di Probolinggo. Lokasinya terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Untuk sampai ke kawasan ini, kamu bisa menempuhnya dengan jarak sekiranya 35 km dari pusat Kota Probolinggo. Yap, Candi Jabung ini terbuat dari batu merah dengan ukuran panjang sekitar 13 meter, lebar 10 meter, dan tinggi 16 meter. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, kamu hanya akan dikenai biaya parkir sebesar Rp. 7000,00 saja. biaya itu sudah termasuk dengan tiket retribusinya. Kamu berminat? So, silakan dijajal.

Yuhuuu, 8 tempat wisata kece di Probolinggo sudah Ngadem.com rangkum buat kamu. Jadi gimana, kamu minat menjajalnya? Atau, kamu punya rekomendasi tempat kece lainnya? Yuk, share di kolom komentar…

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.