in

5 Tips Liburan Ala Rasulullah SAW Agar Liburanmu Penuh Berkah

Ngadem.com – Setiap orang yang disibukan dengan segudang pekerjaan, tentunya membutuhkan waktu untuk berlibur. Dalam islam, berlibur juga disarankan. Nah, agar liburanmu penuh berkah, berikut ini tips liburan ala Rasulullah SAW yang menarik untuk diketahui.

Liburan salah satu cara terbaik untuk meluruhkan segala hal yang memberatkan kepala. Liburan yang dimaksud disini seperti pergi ke pantai, mendaki gunung, explore tempat wisata alam, dan berbagai tempat wisata lainnya.

Dalam ajaran Islam, tak ada larangan untuk liburan bagi setiap muslim. Dengan liburan atau perjalanan, diharapkan kita akan lebih bersyukur dan memperoleh banyak hikmah atau selama perjalanan.

Meski dalam islam tak ada larangan untuk liburan atau melakulan perjalanan, namun islam tidak membenarkan jika saat liburan melakukan berbagai hal yang dilarang oleh syariat.

Oleh kerana itu, bagi setiap muslim yang ingin liburan atau melakukan perjalanan, simak berikut ini tips liburan ala Rasulullah SAW agar liburanmu penuh berkah.

Baca juga: Kumpulan Doa Agar Usaha dan Rezeki Lancar

tips liburan ala rasulullah
Gambar via sepositif.com

1. Berdoa Dulu Sebelum Berangkat

Agar liburanmu pernuh berkah, sebaiknya berdoa terlebih dulu sebelum kamu melakukan perjalanan. Berdoa juga sebagai sarana memohon perlindungan kepada Allah SWT agar kita terhindari dari hal-hal buruk selama perjalanan dan selamat sampai tujuan.

Adapun bacaan doa yang bisa kamu amalkan sebelum berangkat yaitu sebagai berikut.

Subhaanalladzi sakhkhara lanaa hadza wamaa kunnaa lahuu muqriniin wainnaa ilaa rabbina lamunaqlibuun

Artinya: “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

2. Berdoa Selama Dalam Perjalanan

Tips liburan ala Rasulullah SAW berikutnya yang bisa kamu amalkan yaitu hendaknya senantiasa berdoa selama perjalanan. Diketahui, waktu selama perjalanan (musafir) adalah waktumustajab untuk memanjatkan doa.

Hal tersebut tertuang juga dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Adapun bunyi haditsnya yakni sebagai berikut:

“Ada tiga doa mustajab yang tidak perlu diragukan lagi. Yakni, doa orang teraniaya, doa musafir, dan doa orang tua kepada anaknya.”

Baca juga: 5 Tips Traveling Hemat yang Nggak Bikin Kantong Jebol

3. Berdoa Saat Sampai Tujuan

Tips liburan berikutnya yang bisa kamu lalukan agar mendapat berkah sesuai ajaran Rasulullah SAW yaitu berdoa saat tiba di tempat tujuan. Mengenai anjuran berdoa saat tiba disuatu tempat tertuang juga dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim seperti berikut ini.

“Barang siapa singgah di suatu tempat lalu berdoa, ‘Aku berlindung kepada kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya,’ maka tidak akan ada sesuatu yang membahayakan dirinya sampai dia meninggalkan tempat tersebut.”

4. Lekas Pulang

Tips liburan selanjutnya yaitu sebaiknya lekas pulang ke rumah kika sudah selesai liburan. Liburan memang untuk menyegarkan pikiran, tapi bukan berarti liburan membuatmu melupakan berbagai kewajiban. Kewajiban untuk istirahat atau tidur, misalnya.

Hal itu tertulis juga dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwyatkan oleh Imam Bukhori. Adapun bunyi haditsnya seperti berikut ini:

“Berpergian itu sebagian dari siksa karena dapat menghalangi seseorang untuk makan, minum, dan tidur. Maka dari itu, apabila ada seorang di antara kalian telah menyelesaikan urusannya (liburan), hendaklah ia segera kembali ke keluarganya.”

5. Sebelum Pulang, Mampir Masjid Terdekat

Mampir masjid sebelum pulang juga jadi tips liburan ala Rasulullah SAW. Diriwayatkan oleh Ka’ab bin Malik, saat Rasulullah SAW pulang dari perjalanan, Beliau biasanya mampir terlebih dahulu ke masjid, kemudian melakukan shalat dua rakaat.

Baca juga : Ini Kumpulan Link Twibbon Maulid Nabi SAW

Nah, demikianlah informasi tentang 5 tips liburan ala Rasulullah SAW agar liburanmu penah berkah dan terhindar dari berbagai hal buruk. Semoga bermanfaat. Karena masih pandemi, ingatlah untuk selalu jaga prokes ya, teman-teman!