in

Kenapa Harus Menggunakan Tiket JR Pass Saat Liburan ke Jepang

Ngadem.com – Sebenarnya saat di Jepang ada banyak loket yang jual tiket jr pass. Namun yang menjadi pertanyaannya apakah harus untuk menggunakan tiket JR pass ini saat anda akan liburan ke Jepang?

Jawabannya memang sangat tergantung, karena jika anda memang berencana untuk liburan ke banyak tempat selama di Jepang maka menggunakan JR pass bisa menjadi pilihan anda. Karena jika dihitung biaya ini memang jauh lebih lebih murah apalagi jika anda ingin mengunjungi beberapa tempat yang populer ada di Jepang maka menggunakan JR Pass sebenarnya adalah pilihan yang paling bijak untuk anda lakukan. 

Sebelum anda kana menggunakan JR Pass setidaknya anda harus sudah membeli tiket di kantornya. Biasanya petugas akan bertanya kapan JR Pass ini akan mulai diaktifkan. Hal ini karena sangat berhubungan dengan waktunya. Karena penggunaan dari JR pass ini ada yang 7 hari, 14 hari dan juga 21 hari. 

Untuk cara penggunaannya sendiri memang anda tinggal untuk menunjukkan JR Pass ini kepada petugas yang berjaga di gerbang. Jadi tiket ini tidak bisa anda gunakan untuk gate otomatis karena anda harus menunjukkan kepada petuga dan masuk ke peron. Selain itu, anda juga tidak harus untuk melakukan reservasi kursi. Anda bisa masuk ke kereta non reserved. Dan biasanya kereta ini ada di nomor kereta 1 hingga 5. Untuk lebih lengkapnya akan ada papan pengumumannya. 

Reservasi ini juga bisa dilakukan sebenarnya secara gratis. Sebelum masuk peron anda bisa mengunjungi kantor JR dan sebutkan nama kereta, jam keberangkatan dan dimana tempat kursi yang dipilih. Selanjutnya petugas juga akan memberikan anda karcis yang isinya nomor kursi dan nomor kerta. Karcis ini hanya bisa untuk masuk via manual. Anda akan tetap melipir ke petugas dan anda bisa menunjukkan JR Pass. Ada beberapa kereta juga sebenarnya memang mengharuskan anda untuk melakukan reservasi. Sehingga untuk menghindari kesalahan ada baiknya untuk anda melakukan reservasi di awal. 

Dimana saja tujuan JR Pass?

Anda juga keliling Jepang dari ujung ke ujung ketika menggunakan JR Pass. Bahkan jika anda ke Tokyo ke Hokkaido lalu anda bisa mulai untuk melanjutkan ke Osaka dalam waktu sehari tetap bisa anda lakukan. Intinya selama jalur kereta JR Pass maka anda akan tetap gratis menggunakannya. Bahkan untuk tiket kereta bandara Narita express, Haruka Express hingga Keisei Skyliner juga bisa menggunakan JR Pass. Untuk pilihan JR pass sata anda akan keliling jepang anda bisa menggunakan beberapa jenis kereta mulai dari Japan Railways.

Namun ada beberapa kereta yang tidak bisa anda gunakan saat menggunakan JR Pass misalnya adalah Kereta Shinkansen Nozomi, beberapa bus ekspres jarak jauh hingga rute limited express. 

Bagaimana dengan harga dari JR Pass?

Jika di rupiah memang harga jual tiket JR Pass memang agak mahal. Namun ada juga yang murah, karena sebenarnya Japan railways ini bisa digunakan diseluruh jepang, anda tinggal pilih mana itinerary pilihan anda. Apakah Jepang West atau East. Ini harganya akan jauh lebih hemat. Namun sebenarnya jika anda melakukan proses kalkulasi maka sebenarnya harganya sangat jauh lebih murah. Hitungannya ketika anda membeli JR Pass selama beberapa hari atau bahkan selama anda di Jepang anda tidak perlu lagi untuk mengeluarkan uang untuk akomodasi. Seperti yang diketahui harga akomodasi di Jepang cukup mahal. Dengan JR Pass anda bisa liburan ke banyak tempat dengan harga yang lebih murah. 

Sehingga, JR pass ini memang sangat bisa membantu anda, anda juga bisa menghemat biaya transport anda selama di Jepang. Namun anda bisa membuat pertimbangan lain dimana ada beberapa tempat saja yang bisa anda kunjungi dengan menggunakan JR Pass ini. Bahkan jika anda mengkombinasikannya dengan menggunakan bus, pesawat sebenarnya harga dengan menggunakan JR Pass memang jauh lebih murah apalagi jika anda memang berencana ke Jepang dengan low budget maka harga jual tiket JR Pass ini dianggap memang lebih rasional dan masih bisa anda penuhi.