in

Hay Womens Travelers, 8 Sikap dan Laku Hidup Kartini Ini Bisa Jadi Peganganmu Saat Jalan-Jalan

Ngadem.com – Haaaay girls bagaimana kabarmu hari ini? Lagi riweh milih-milih kebaya yang cocok buat peringatan Hari Kartini yak? Ayo ngaku deeeh. Ok, sebelumnya selamat Hari Kartini buat kamu semua girls. Semoga momentum hari kelahiran Kartini ini akan memberikan banyak manfaat dan membuatmu termotifasi untuk terus menjadi perempuan yang jauh lebih baik dalam banyak hal.

Ok ngomong-ngomong soal Kartini, semua perempuan Indonesia juga layak menjadi Kartini atau bahkan melampau Kartini. Nah, jadi gak perlu minder sama mbak Dian Sastro ya. Emang sih doi kece trus dari latar belakang pendidikan kayanya doi pinter gitu tapi bukan berarti Dian Sastro aja yang cocok disebut sebagai Kartini masa kini.

Gak hanya bisa menjadi Kartini, kamu bahkan bisa melampau Kartini lewat hal-hal yang kamu sukai dan kamu tekuni dengan serius. Misalanya buat kamu para perempuan yang suka traveling. Traveling adalah hal yang sangat positif loh. Jangan melihatnya hanya sebagai trend apalagi aksi balap-balapan unjuk foto traveling di media sosial. Sekali lagi jangan!

Sesungguhnya dengan traveling matamu akan dibukakan pada banyak hal. Kamu bertemu orang baru dan melihat hal-hal baru. Kamu juga bisa belajar menghargai alam dan lingkungan. Bahkan kamu juga bisa belajar tentang kehidupan atau budaya masyarakat di daerah yang kamu kunjungi. Traveling mengajarkan padamu banyak hal. Untung-untung kalau kamu bisa menghasilkan uang dari traveling misalnya dengan menjadi travel bloger. Iyakan?

Naaah buat kamu-kamu yang hobi traveling biar tetap kebagian julukan Kartini masa kini, kamu bisa mencoba menerapkan 8 sifat Kartini berikut. Apa aja sih? Cek aja di rangkuman Ngadem.com di bawah ini.

1. Sudah Tidak Perlu Diukur Seberapa Beraninya Sosok Kartini. Beneran Gak Perlu Diukur! Kamu Hanya Perlu Meniru Sikap Beraninya Saat Traveling

Berani Melampaui Diri Sendiri Foto Dari @her_journeys

Keberanian sosok Kartini tidak perlu diragukan lagi. Pada zamannya ketika para perempuan dianggap tidak perlu menikmati manisnya bangku sekolah ia justru tampil beda dan meminta disekolahkan oleh kedua orang tuanya. Meskipun tidak berhasil tapi keberanian mengemukakan pendapat yang beda dengan spriti zaman adalah tindakan yang kece abizzzzz.

Naaah, sifat berani dari sosok Kartini ini juga bisa kamu terapkan saat traveling girls. Tidak bisa dipungkiri modal uang saja tidak cukup. Untuk traveling baik bersama teman atau pun solo traveling, kamu butuh modal keberanian. Kalau menghadapi ulat bulu saja takut, kamu sebaiknya bocan alias bobok cantik di rumah aja deh.

Saat traveling kamu akan dihadapkan pada kondisi dimana kamu wajib banget untuk berani. Tapi kalau kamu masih agak takut-takut gimana gitu atau masih ragu-ragu, gak ada salahnya mendalami laku hidup Kartini deh. Lewat buku-buku seperti yang mbak Dian Sastro lakukan. Gak tahu judul bukunya? Stalking aja di Instagram mbak Dian Sastro.

2. Sikap Penyayang Melekat Kuat dalam Sosok Kartini. Kamu Kartini Masa Kini yang Suka Traveling Juga Wajib Punya Sikap Ini

Pokoknya Sayang Banget Sama Semuanya Termasuk Kamu Foto dari @her_journeys

Salah satu bentuk pengabdian Kartini adalah mengajar anak-anak kecil yang berada di sekitar lingkungannya. Ia menyampaikan segala ilmu yang ia ketahui kepada anak-anak. Membukakan mata mereka terhadap dunia luar. Berkat dirinya,  tidak sedikit anak-anak yang kemudian bisa membaca dan menulis.

Ia melakukan semuanya dengan ikhlas bahkan ia sangat menyayangi anak didiknya dan memperlakukan mereka dengan baik. Ok, sifat penyayang ini gak hanya punya Kartini, kamu pun boleh bahkan harus menjadi penyayang juga. Apalagi buat kamu-kamu yang hobby traveling.

Kegiatan di alam bebas, atau kunjungan-kunjunganmu ke tempat-tempat cantik harus dibarengi dengan sikap penyayang ya. Jadi kamu akan terhindar dari kegiatan merusak. Kalau punya sikap penyayang seperti Kartini kamu gak mungkin memetik edelweis sembarangan. Kamu gak mungkin menyakiti hewan-hewan yang kamu temui selama pendakian. Kamu gak mungkin coret-coret di sembarang tempat. Kamu gak mungkin buang sampah di sungai.  Kecekan? So kamu wajib punya sikap ini ya.

3. Kuat Lahir Batin Adalah Hal yang Membedakan Kartini dengan Perempuan Lain Pada Masanya. Saat Traveling Tentunya Kamu Juga Butuh Sifat Ini

Kuat Lahir Batin Girls Termasuk Saat Bawa Beban Kaya Gini Foto Dari @her_journeys

Beda jaman perjuangannya mau gak mau berbeda dong. Tapi apapun atau bagaimana pun perjuanganmu kamu harus memiliki sikap kuat seperti yang dimiliki sosok Kartini. Tidak hanya kuat secara lahir namun kuat batinnya juga. Gak dikit-dikit menggerutu lalu mosting foto mewek di medsos dengan caption “butuh sandaran”. Oh no way!

Apalagi buat kamu yang suka traveling sikap kuat wajib kamu miliki kalau gak kamu bakal dosa. Bayangin dong kalau kamu tidak memiliki tubuh yang kuat bagaimana pula caranya sampai di puncak gunung. Atau kalau kamu tidak memiliki mental yang kuat. Dikit-dikit baperan. Dikit-dikit mewek. Duuuh, bagaimana mungkin kamu bisa menjadi Kartini masa kini. Yang jelas, kamu harus memiliki sikap kuat dalam segala hal. Jangan cemen apalagi baperan. Buang jauh-jauh kata itu.

4. Ayolah Kalau Bukan Karena Sikap Optimisnya, Nama Kartini Mungkin Gak Akan Dikenal oleh Siapapun. Kamu Harus Punya Sikap Ini Juga. Bukan untuk Menjadi Terkenal Tapi Biar Travelingmu Lancar

Optimis Ya Girls Foto Dari @her_journeys

Ok merayakan hari lahir Kartini dengan mengenakan kebaya kayanya udah gak bisa diubah deh. Tapi terlepas dari kamu mengenakan kebaya atau gak, kamu wajib memiliki sikap optimis Kartini yang masih terus berdenyut hingga hari ini. Sikap yang satu ini emang penting banget. Kamu wajib punya sifat ini saat traveling. Kamu harus optimis dapat melewati jalur pendakian yang rumit.

Kamu harus optimis bahwa dengan backpacker-an kamu akan survive. Kamu harus selalu punya stok harapan dalam dirimu sebagaimana Kartini yang selalu optimis dalam memperjuangkan emansipasi perempuan dan buktinya hingga saat ini kita menyicipinya. Iyakan? Sikap optimis akan membantumu saat jatuh dan merasa terlampau lelah untuk melanjutkan perjalanan. So kamu harus punya stok harapan agar selalu optimis yak.

5. Ingin Dikenang? Ayolah Jangan Cuma Pamer Wajah Menawan Aja. Saatnya Rajin Meningkatkan Diri Biar Layak Menjadi Kartini Masa Kini

Belajar Apapun Saat Traveling Foto Dari @her_journeys

Kartini adalah anak bangsawan. Dia juga cantik tapi dia sangat mengerti bahwa menjadi kaya dan cantik saja gak cukup. Makanya dia memberdayakan diri. Dia membuat perubahan dan perubahan tersebut dimulai dari dirinya sendiri dengan belajar dan belajar.

So, kamu Kartini masa kini gimana nih? Ok, jika kamu memang suka traveling kuasai segala hal tentangnya. Buatlah hobimu itu tidak sekedar aksi seperti kebanyakan orang pada umumnya. Jadilah original girls. Lakukan sesuatu misalnya dengan traveling sambil belajar fotografi. Traveling sambil penelitian tentang kehidupan masyarakat setempat atau traveling sambil menulis. Iyakan? Jadi kamu gak akan terlihat terkatung-katung ngikutin arus, tapi kamu menciptakan sesuatu.

6. Kartini adalah Bangsawan yang Merakyat. Kamu Memang Bukan Bangsawan Tapi Sikap Ini Juga Wajib Kamu Miliki Saat Traveling Ke Tempat-Tempat Tertentu

Bergaul dengan Warga Sekitar Foto Dari @nadinelist

Percaya atau tidak orang-orang yang sering traveling adalah orang kota. Maaf ya bukannya apa-apa. Orang desa kadang merasa heran saat mendengar kata-kata liburan. Jadi bisa dibilang kalau kamu anak-anak kota pada traveling ke pelososk-pelosok jauh, ada baiknya kamu punya sikap merakyat.

Merakyat versimu tentunya dengan tidak mengambil jarak dengan penduduk asli di tempat wisata yang kamu kunjungi. Ada baiknya kamu berinteraksi dengan mereka. Selain memberikan kesan bersahabat, sikap ini juga punya banyak untungnya. Kali aja saat liburan kamu malah ditampung di rumah salah satu warga atau kamu bisa punya akses yang luas terkait informasi tempat wisata atau pun informasi budaya dan tradisi setempat yang bisa menambah wawasanmu. Kan enak di kamunya juga.

7. Gak Sependapat dengan Kedua Orang Tua, Kartini Tetap Menghormati Mereka. Kalau Gak Diijinin Traveling Sama Orang Tua, Kamu Juga Jangan Sampai Jadi Malin Kundang Yak. Stay Cool Aja

Tulus Aja Pamit Masa Kamu Main Nyelonong Aja Foto Dari @tulusm

Orang tua Kartini sebagaimana orang tua jaman dulu pada umumnya juga beranggapan perempuan tidak perlu sekolah tinggi-tinggi jadi meskipun kaya raya Kartini tidak punya akses ke bangku sekolah formal. Namun hal itu tidak membuatnya durhaka atau membenci orang tuanya.

Ok mungkin kisahmu gak serumit Kartini tapi kamu perlu tahu ya travelers. Buat kamu yang masih muda tentunya. Untuk traveling kamu jelas butuh restu orang tuamu. Jangan sampai kamu berani-beraninya pergi backpackeran keliling Indonesia tanpa ijin orang tua atau nekat traveling tanpa sepengetahuan orang tua.

Kamu harus mengikuti sikap mulia Kartini yang tetap patuh dan hormat kepada kedua orang tua. Jika orang tuamu tidak mengijinkan untuk traveling, kamu bisa mencari cara lain dengan mengajak kedua orang tuamu traveling bareng. Iya gak sih?

8. Kecantikan Alami Kartini Mengajarkanmu untuk Menerima Diri Apa adanya. Biasanya yang Kaya Gini Malah Kelihatan Tambah Cantik

Bangga Sama Kulit Indonesiamu Foto Dari @her_journeys

Sesering apapun kamu traveling, mendaki gunung-gunung tinggi atau menyusuri gua dan pantai yakin deh diantara kamu pasti masih ada yang takut kalau kulitnya hitamkan? Jelas dong karena ukuran kecantikan kamu-kamu semua tuh adalah kulit putih merona. Kalau kamu sampai punya anggapan kaya gitu sepertinya kamu harus belajar lebih banyak lagi dari Kartini.

Doi pede banget loh sama kulit sawo matang khas perempuan Indonesia yang ia miliki. Ia bangga dan menerima hal itu sebagai bagian dari dirinya. So, ayolah jangan takut-takut amat sama matahari. Matahari gak akan membunuhmu kecuali kamu mengidap penyakit Xeroderma Pigmentosum. Itu loh kaya di film Jepang yang berjudul Taiyou no Uta. Tapi kalau mau perawatan dikit gak apa-apa sih tapi kalau sampai drama gara-gara lupa bawa sunblock saat liburan di pantai, kayanya kamu gak usah traveling aja deh.

Girls 8 sikap dan laku hidup Kartini diatas sebenarnya sangat cocok dan harus kamu terapkan juga dalam keseharianmu baik saat traveling atau pun tidak. Sekali lagi selamat Hari Kartini ya girls.

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.