in , ,

Hei, 5 Wisata Alam di Bandung Ini Lagi Nunggu Kamu, Lho!

Ngadem.com – Bandung. Kota yang mendapat julukan kota kembang ini banyak sekali menyimpan destinasi wisata yang patut untuk kamu kunjungi, terlebih wisata alamnya. Wisata alam bandung yang belum terjamah memang memancarkan pesona yang begitu aduhai. Tak heran jika Bandung selalu menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Nah, jika kamu jalan-jalan ke Bandung, jangan cuma ke Kawah Putih, Gunung Padang, dan Curug Ciwidey aja donk! Coba cek tempat-tempat ini:

1. Bandung punya Niagaranya sendiri; Curug Malela

Foto by royradjaini
Foto by royradjaini

Curur yang disebut-sebut sebagai Niagaranya Jawa Barat ini terletak di kawasan Waduk Saguling, Bandung. Untuk mencapai  titik Curug Malela dibutuhkan ekstra kesabaran karena memang  medannya penuh dengan tantangan. Lokasinya yang cukup tersembunyi menjadikan obyek wisata ini belum banyak disambangi. Rasanya, Curug Malela recomended banget deh buat kamu yang lagi sumpek sama suasana perkotaan. Karena lokasinya yang cukup tersembunyi dan medannya yang benar-benar membuat nyalimu teruji, ada baiknya siapkan mental, fisik, bekal makanan, dan cek kondisi kendaraan sebelum datang ke sini.

2. Magisnya rembetan air di bukit bebatuan: Air Terjun Batu Templek

Foto by nenktaziek_1933
Foto by nenktaziek_1933

Air Terjun Batu Templek yang letaknya tak jauh dari Lapas Sukamiskin atau lebih tepatnya di kawasan Pasir Impun ini merupakan obyek wisata alam berupa bukit bebatuan yang celah-celahnya dialiri air dan kemudian bermuara ke sungai. Air Terjun Batu Templek ini mulanya adalah lokasi penambangan batu, tapi karena tempat ini menyuguhkan pesona yang tak biasa, membuat pemerintah setempat menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata. Jadi tak heran, jika di sekitaran lokasi banyak warga yang bekerja sebagai pengrajin batu.

3. Nikmati Bandung di Jaman Purba: Gua Pawon dan Stone Garden

Foto by kapten__nemo
Foto by kapten__nemo

Gua Pawon merupakan warisan dari jaman purba. Dulu gua ini dimanfaatkan oleh manusia purba untuk berlindung. Bentuknya yang cantik dan unik menjadikan gua Pawon kerap dijadikan destinasi wisata oleh para wisatawan yang cinta akan keindahan alam. Menariknya lagi, di atas gua juga terdapat hamparan bebatuan dengan panorama memukau yang dikenal dengan nama Stone Garden atau Taman Batu. Terletak di ds. Gunung Maigit, kec. Cipatat, kab. Bandung, dan memakan waktu tempuh sekitar 1 sampai 2 jam dari pusat kota Bandung. Waktu terbaik berada di tempat ini adalah pagi hari, selain bisa menikmati pemandangan pagi yang masih asri, kamu juga bisa menghirup segarnya udara pagi, bonusnya kamu tidak akan kepanasan selama perjalanan menuju lokasi.

4. Melihat Bandung dari sisi yang lain: Puncak Bukit Keraton

Foto by irmanhusein
Foto by irmanhusein

Tebing Keraton yang letaknya di kawasan Dago, Bandung ini merupakan mahakarya Tuhan yang begitu memukau. Berada di tempat ini akan membuatmu tak henti-hentinya berdecak kagum. Bagaimana tidak, pemandangan di kawasan ini memang mampu menyihir siapa pun untuk tinggal lebih lama. Bukitnya yang menjulang tinggi, hamparan pepohan hijaunya yang menyegarkan mata benar-benar tampak begitu sempurna sebagai obyek wisata.

5. Coba deh mbuluskan ke Sanghyang Heuleut

Foto by chandrafebriana
Foto by chandrafebriana

Sanghyang Heuleut letaknya tak jauh dari PLTA Saguling, lebih tepatnya di Cipatat, Bandung Barat. Obyek wisata alam yang satu merupakan sebuah danau kecil yang tersembunyi karena sekelilingnya diekepung bebatuan berbukit. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Sanghiyang Hauleut ini dulunya adalah tempat mandi para bidadari dari Kahyangan. Meski lokasinya ngumpet dibalik bebukitan, Sanghiyang Hauleut adaah wisata aam baru di Bandung yang sangat rekomended. Saat senja adalah waktu terbaik berada di tempat ini.

Demikianlah ulasan singat mengenai 5 wisata alam Bandung yang patut kamu sambangi. Semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang, mungkin bisa kamu share di kolom komentar. Selamat tamasya. Tetap jaga kebersihan ya…

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.