in

Ini Daftar Kota yang Bakal Dilintasi Gerhana Matahari Sementara. Kotamu Masuk Nggak Sob?

Ngadem.com – Masih menyoal Gerhana Matahari Total (GMT) nih, Sob. Oke, buat kamu yang masih penasaran dengan infonya, kami akan menguliknya secara lebih lanjut khusus buat kamu. Info terbaru yang kami dapatkan adalah, ternyata Gerhana Matahari Sementara (GMS) ini juga bisa kamu saksikan dari berbagai tempat yang ada Indonesia. So, kamu tak perlu khawatir lagi karena kamu pun bakal kebagian peristiwa langka itu.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Bapak Thomas Djalaluddin mengatakan, gerhana matahari bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Hal yang membedakan wilayah-wilayah selain 12 provinsi jalur gerhana matahari total hanya persentase kegelapan gerhana matahari.

“Semua wilayah di Indonesia bisa melihat. Dari gedung, pepohonan, dan tidak mendung, juga medan pandang ke arah timur cerah. Total kegelapan mulai dari 77,6 % hingga 98,2 %,” kata Bapak Thomas.

Beliau melanjutkan, keuntungan yang didapatkan saat melihat gerhana matahari total di 12 provinsi yakni korona matahari. Berikut ini daftar beberapa kota yang dilewati gerhana matahari sebagian (GMS) beserta persentase kegelapan di masing-masing tempat.

Medan

Di kota ini, kamu bisa menyaksikan peristiwa GMS pada pukul 06.24 WIB, puncaknya akan terjadi pada pukul  06.37 WIB, dan berakhir pada pukul 08.27 WIB. Persentase gerhana matahari yang bisa kamu saksikan yakni sebesar 77,6 %. Jadi, buat kamu yang tinggal di Medan, segera aja siapin tempat nongki yang kece buat menyaksikan peristiwa ini, ya.

Jakarta

Di kota megapolitan yang sedang genjar membicarakan Ahok, Kalijodo, dan seputar Pilgub DKI ini, kamu bisa menyaksikan GMS pada pukul 06.19 WIB. Adapun puncaknya akan terjadi pada pukul 07.21 WIB, dan berakhir pada pukul 08.31 WIB. Persentase gerhana matahari yang bisa kamu saksikan yakni sebesar 88,1 %. Untuk tempat nontonnya, tentu kamu bisa milih sendiri, kan? Ya, soalnya di kota ini udah banyak tersedia gedung-gedung pencakar langit.

Denpasar

Kota yang menjadi surga para wisatawan ini juga punya kesempatan buat nonton GMS. Kamu bisa menyaksikannya pada pukul 07.22 WIB, dengan puncaknya yang bisa kamu lihat pada pukul 08.27 WIB, dan akan berakhir pada pukul 09.42 WIB. Persentase gerhana matahari yang bisa kamu saksikan yakni 76,44 %. Wah, rupanya Bali punya waktu yang lama buat nikmati GMS ini. Segera cus ke sana, deh. Sekalian piknik sama bule-bule kece.

Makassar

Di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, GMS bisa kamu tonton mulai pukul 07.25 WIB. Sedangkan puncaknya akan terjadi pada pukul 08.34 WIB, dan berakhir pada pukul 09.54 WIB. Persentase gerhana matahari yang bisa kamu nikmati yakni sebesar 88,54 %. Selain lama, ternyata persentasenya juga cukup besar, lho. Kebayang kan kalau kota ini bakal dilanda kegelapan selama ± 1 jam?

Padang

Di Kota Padang yang terkenal dengan masakan santannya ini, kamu bisa menikmati GMS yang dimulai pada pukul 06.21 WIB. Puncaknya kan terjadi pukul 07.20 WIB, dan akan berakhir pada pukul 08.27 WIB. Persentase gerhana matahari yang bisa kamu saksikan sebesar 95,41 %. Gimana? Udah siap menikmati GMS sembari menyantap kuliner khas Padang?

Bandung

Kota yang identik dengan gedung satenya ini akan ditutupi GMS pada pukul 06.19 WIB, sedangkan puncaknya bisa kamu saksikan pada pukul 07.21 WIB, dan akan berakhir pada pukul 08.32 WIB. Persentase gerhana matahari yang bisa kamu tonton yakni sebesar 88,76 %. Udah tahu tempat yang paling pas buat ngelihat fenomena langka ini? Ya, daerah Lembang tentunya.

Surabaya

Buat koen-koen yang tinggal di Surabaya, koen bisa menyaksikan fenomena GMS ini pada pukul 06.21 WIB, dengan puncaknya yang akan terjadi pada pukul 07.25 WIB, dan akan berakhir pada pukul 08.39 WIB. Persentase gerhana matahari yang bisa koen saksikan yakni sebesar 88,08 %. Piye, Cuk? Wis siap ndelok GMS?

Pontianak

Dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat, kamu bisa menyaksikan GMS dari pukul 06.23 WIB sampai pukul 08.40 WIB. Sedangkan puncaknya akan terjadi pada pukul 07.27 WIB. Adapun persentase gerhana matahari yang bisa kamu saksikan yakni sebesar 92,96 %. Oke, warga Pontianak siap menyambut matahari yang unyu-unyu ini, kan?

Banjarmasin

Di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, GMS dimulai pada pukul 07.23 WIB, puncak GMS bisa kamu saksikan pada pukul 08.30 WIB, dan akan berakhir pada pukul 09.47 WIB. Persentase gerhana matahari yang bisa kamu lihat sebesar 98,12 %. Wow, amazing bangeeeet, ya?

Manado

Dari kota ini, kamu bisa menyaksikan fenomena GMS yang dimulai pada pukul 07.34 WIB. Sedangkan puncaknya akan terjadi pada pukul 08.49 WIB sampai berakhir pada pukul 10.15 WIB. Persentase gerhana matahari yang bisa kamu lihat sebesar 96,66 persen. Wow, ternyata Kota Jayapura ini mempunyai waktu terlama buat nonton peristiwa GMS lho, Sob.

Jayapura

Di kota yang terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya ini, kamu bisa menikmati peristiwa GMS pada pukul 08.53 WIB, sedangkan puncaknya kamu saksikan pada pukul 10.17 WIB, dan berakhir pada pukul 11.48 WIB. Persentase gerhana matahari yang akan kamu saksikan sebesar 73,79 %. Oke kan, Sob.

Gimana, Sob? Kotamu masuk dalam list di atas nggak? Kalau nggak, ya segera aja cari kota yang paling deket. Pokoknya jangan sampai ketinggalan, deh.

Sumber: Kompas.com

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.