in

Mau Ngetrip ke Manado? 6 Hal Asik Ini Wajib Kamu Lakukan

Ngadem.com – Manado. Ketika mendengarnya, yang ada dikepala pastilah pulau-pulau eksotis bernuansa biru toska. Kita akan dibawa ke sebuah tempat dimana polusi tidak menganggu, dimana kegembiraan selalu terasa. Manado, selain memiliki perairan yang oke punya, Kabupaten yang menjadi Ibu Kota Sulawesi Utara ini berhasil menduduki peringkat ke-6 sebagai wisata terbaik di Asia Tenggara dan Pasifik. Nah, bagi kamu yang ingin ke Manado, mungkin hal-hal membahagiakan di bawah ini bisa kamu coba.

1. Snorkeling dan Diving di Pulau Bunaken

Snorkeling di Manado via sitday.blogspot.com
Snorkeling di Manado via sitday.blogspot.com

Bagi kamu yang suka suasana bawah laut, Pulau Bunaken adalah tujuan paling tepat untuk merealisasikannya. Pulau yang memiliki luas 8,08 km² ini terletak di Teluk Manado. Di sini kamu bisa melakuan aktivitas snorkeling maupun diving. Kamu juga bisa mengajak aneka macam biota bawah laut untuk foto bersama. Yang menarik, ada lebih dari 30 spot keren yang bisa kamu jajal untuk menyelam, karena hal inilah banyak orang menganggap Bunaken surganya bawah laut Indonesia –bahkan Asia.

Waktu terbaik berkunjung ke pulau Bunaken saat bulan Mei sampai Agustus, pada bulan-bulan ini air laut di Pulau Bunaken tampak lebih jernih.

2. Mencicipi Sambal Dabu-dabu khas Manado di Pesisir Pantai Malalayang

Kuliner khas Manado via dentistvschef.wordpress.com
Kuliner khas Manado via dentistvschef.wordpress.com

Bagi yang suka kuliner, sambal dabu-dabu khas Manado harus dicoba. Agar lebih lengkap, cobalah menyantapnya di Pantai Malalayang. Mencicipi sambal dabu-dabu di pesisir Pantai Malalayang pastinya akan menambah kenikmatan. Bonusnya, kamu bisa berenang dan menikamti panorama matahari tenggelam. Pantai yang hanya memakan waktu tempuh sekitar 10 menit dari pusat kota ini terletak di ujung selatan kota Mandao, Sulawesi Utara.

3. Melihat pesona Danau Vulkanik di Manado, Danau Tondano

Pesona Danau Tondano via widyaningtyas.wordpress.com
Pesona Danau Tondano via widyaningtyas.wordpress.com

Danau yang berada pada ketinggian 600 mdpl dengan luas sekitar 4000 hektar ini merupakan danau terluas di Sulawesi Utara. Hal unik yang disuguhkan danau Tonando selain merupakan hasil dari letusan gunung berapi, danau Tonando juga diapit oleh 3 pegunungan dan 1 bukit, yaitu: pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Gunung Masarang, dan Bukit Tampusu. Danau Tonando yang letaknya berada di dataran tinggi, membuat siapapun yang menginjakan kaki di atasnya akan merasakan ketenangan batin yang cukup sulit didapatkan jika kamu berada di pusat kota, selain itu kamu juga bisa menyaksikan pemandangan hijau yang mampu menyegarkan mata. Oh iya, danau Tonando ini juga sering disebut sebagai salah satu danau penghasil ikan air tawar terbesar di Indonesia.

4. Suka Tantangan? Nge-Arung Jeram aja di Sawangan

Serunya arung jeram di Manado via www.seputarsulut.com
Serunya arung jeram di Manado via www.seputarsulut.com

Pingin travelingmu ke Manado gak berakhir membosankan? Ya, datang aja ke Sawangan. Di Sawangan kamu bisa ngerasain kedasyatan olahraga arung jeram. Selain bisa mendapatkan kesenangan, arung jeram juga akan mengajarkamu tentang keberanian, kegigihan, kekompakan, kedipislinan, kesabaran, dan juga bisa lebih mengeratkan persahabatan. Jika beruntung, kamu bisa melihat pulahan ekor kera yang bergelantungan di pinggiran sungai.

5. Air Terjun Kima Atas yang begitu memesona

Syahdunya Manado via ceritadimulai.blogspot.com
Syahdunya Manado via ceritadimulai.blogspot.com

Masih di Manado, kan? Jangan lupa sempatkan diri untuk mampir ke air erjun Kima Atas. Air terjun ini memiliki jarak 15 KM atau 30 menit dari pusat kota, tepatnya di ds. Kima Atas, Kec. Mapanget, Menado, Sulawesi Utara. Udaranya yang menyegarkan, pemandangannya yang hijau,  mampu membius kegalauan dan kepenatan. Karakter airnya yang tenang, sangat aman bagi siapapun yang ingin berenang. Jika lapar dan ingin bersantai, kamu bisa duduk-duduk cantik di warung-warung sekitar air terun.

6. Kawasan Boulevard, landmarknya Kota Manado yang begitu gereget

Indahnya Kawasan Boulevard Manado via Ronny A. Buol
Indahnya Kawasan Boulevard Manado via Ronny A. Buoltem

Kawasan Boulevard ini disebut-sebut sebagai landmarknya kota Manado. Mulanya, kawasan ini merupakan tempat yang dimanfaatkan oleh para pedagang kaki lima untuk berjualan. Karena kawasan ini diminati banyak orang untuk menghabiskan waktu bersantai, akhirnya pemerintah setempat menyulap kawasan ini menjadi destinasi wisata. Kawasan Bouleverd ini juga merupakan kawasan asik untuk menikmati pesona matahari sore yang pelan-pelan hilang dibalik cakrawala. Jika malam datang, terlebih diakhir pekan, kawasan ini akan sesak dipenuhi para muda-mudi yang tengah kasmaran.

Manado memang memiliki sihir tersendiri yang membuat siapa pun ingin bergegas ke sana. Kamu tersihir nggak?

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.