in

Sekarang Kamu Nggak Boleh Asal-asalan Lagi Buat Masuk ke Taman Nasional Ujung Kulon. Ini Alasannya

Ngadem.com – Buat kamu yang hobi jalan-jalan mencari tempat wisata yang hits, agaknya kamu perlu meningkatkan kehati-hatian. Pasalnya, ada beberapa tempat wisata di Indonesia yang sedang memberlakukan pengawasan ekstra ketat. Kamu harus memiliki izin terlebih dahulu dari pihak terkait jika ingin berkunjung ke tempat wisata yang ingin kamu datangi, salah satunya Taman Nasional Ujung Kulon. Hal ini sejalan dengan pernyataan Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pandeglang, Imron Mulyana.

“TNUK (Taman Nasional Ujung Kulon—Red) merupakan salah satu objek wisata alam yang dikelola Balai Taman Nasional Ujung Kulon. Selama ini cukup banyak wisatawan yang berkunjung ke sana.”

Menurutnya, untuk masuk ke kawasan itu tidak bisa sembarangan lagi, harus ada izin dan didampingi petugas dari Balai Taman Nasional Ujung Kulon.

“Wisatawan yang berkunjung, selain bisa menikmati keindahan hutan yang masih asri, udara sejuk, juga bisa menyaksikan aneka flora dan fauna yang banyak diantaranya sudah langka.” lanjutnya.

“Bahkan, jika sedang beruntung, wisatawan bisa melihat secara langsung badak bercula satu yang hanya hidup di kawasan itu. Dan tentunya, tidak ada di belahan dunia yang lain.”

Sungguh, istimiwir sekali, kan? Emang deh, keindahan alam Indonesia tak perlu diragukan lagi.

“Dalam kawasan TNUK ada tiga tipe ekosistem yang bisa ditemui, yakni ekosistem perairan laut, ekosistem rawa, dan ekosistem daratan. Keanekaragaman tumbuhan dan satwa di Taman Nasional Ujung Kulon ini mulai dikenal oleh para peneliti, pakar botani Belanda dan Inggris sejak tahun 1820. Oleh karena itu, kita perlu mengawasi dan menjaga kelestariannya.” lanjutnya.

Begitulah, Sob. Jadi mulai saat ini kamu harus lebih berhati-hati dan tidak boleh sembarangan. Jangan sampai kamu kena denda karena tidak tertib peraturan ya. Yuk, sama-sama jaga kelestarian alam seperti yang dihimbauankan oleh Bapak Imron Mulyana.

Sumber konten dan foto; Kompas.com

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.