in ,

Yuk, Ajak yang Terkasih Ngadem di 5 Tempat Wisata Air Ciamis Berikut

Ngadem.com – Buat kamu yang hobby banget menjelajah alam, atau kamu yang suka mainan air di pantai, atau kamu yang suka menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, kini kamu nggak perlu bingung buat nyari tempat yang oke buat piknik. Semuanya ada di Ciamis. Yup, tak perlu banyak mikir buat memasukkan Ciamis ke daftar list wisatamu. Kota kabupaten yang ada di Jawa Barat ini punya beberapa tempat wisata yang kece abis, lho. Selain itu, kota ini juga punya makanan khas yang wajib kamu cicipi, seperti sale pisang, abon ikan patin, galendo, dan lain sebagainya. Ya, pastinya kamu tambah penasaran, kan? Yuk langsung saja kita telusuri kota Ciamis!

Tempat wisata apa aja sih yang bisa kamu kunjungi saat berada di kota Ciamis? Ya, kali ini Ngadem.com akan membagikan tempat-tempat wisata asyik dan bisa kamu jelajahi di kota ini. Yuk, cek…

1. Menikmati Pesona Alam Sekaligus Mengenal Flora dan Fauna di Cagar Alam Pananjung.

Cagar Alam Pananjung via liburanpangandaran.blogspot.com

 

Selain dikenal dengan abon ikan patinnya, ternyata Ciamis juga punya cagar alam dengan pesona pantainya yang memikat. Cagar Alam Pananjung ini terletak di kecamatan Pangandaran, kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 60 km dari kota Banjar, dan berdekatan dengan objek wisata lainnya, seperti Karangnini, Cilacap, dan Cijulang. Daya tarik lain yang ditawarkan tempat ini adalah goa dan pantainya, yang meliputi: Goa Lanang, Goa Sumur Mudal, Goa Panggung, Goa Parat, dan juga goa-goa peninggalan Jepang lainnya. Di dekat Cagar Alam Pananjung juga terdapat objek wisata lainnya, yakni Batu Layar, Cirengganis, Pantai Pasirputih, Padang Penggembalaan Cikamal, dan masih banyak lainnya.

Di sini kamu bisa menikmati hamparan pasir putih yang landai, serta gelombang ombak yang cukup ramah. Karena itulah, tempat ini sangat cocok buat kamu yang hobby Surving, Snorkling, atau sekadar menikmati keindahan pantai yang cukup mengesankan. Tempat ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang cukup menjanjikan. Kamu bisa mengenal flora dan fauna secara lebih dekat, dan kamu bisa menyewa perahu yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling di sekitaran Cagar Alam Cijulang.

Luas wilayah Cagar Alam Cijulang mencapai 530 hektar. Maka tak heran jika hasrat wisatamu akan terpuaskan meski hanya singgah di tempat ini. Aneka fauna yang bisa kamu temui di cagar alam ini meliputi: Monyet Ekor Panjang, Banteng, Lutung, Rusa, Biawak, Ular, dan juga Landak. Adapun aneka burung yang bisa kamu jumpai di tempat ini adalah: Jogjog, Tlungtumpuk, Cangehgar, dan Tipeuw. Sedangkan faunanya meliputi: Laban (Vitex Pubescens), Kisegel (Dillenia Exelsa),  Merong (Cratox Formoreum), Pohon Kondang, Pohon Barringtonia, dan lain sebagainya. Nah, masih ragu buat berkunjung ke tempat ini?

2. Green Canyon (Cukang Taneuh): Tempat Paling Asyik buat Ngadem di Ciamis.

Green Canyon Ciamis via chkme.com

 

Kamu kepanasan? Pengin ngadem dan manjain mata di tempat yang ijo royo-royo? Yuk, lihat pesona Green Canyon yang ada di Ciamis. Yoi Genks, kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke Amrik buat ngeliat keindahan Green Canyon. Soalnya, di Ciamis juga ada tempat yang serupa dengan Green Canyon-nya Amrik. Surga dunia ini terletak di desa Kertayasa, kecamatan Cijulang, kabupaten Ciamis. Kalau kamu dari Tasik, ada dua jalur yang bisa ditempuh, yakni melalui jalur timur yang melewati kota Tasik, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Parigi lalu Cijulang. Jalur ini memiliki jarak kurang lebih 170 km. Jalur kedua adalah jalur selatan, melewati kota Tasik, Cipatujah, Cikalong, Cimanuk, lalu Cijulang. Kamu akan menempuh jarak kurang lebih 60 km jika melewati jalur ini.

Untuk sampai ke tempat ini, kamu harus menyewa perahu kayuh dari dermaga Cisereuh menuju Green Canyon—dengan estimasi waktu 30 – 45 menit. Kamu cukup membayar sewa perahu dengan harga Rp. 125.000,00/ perahu (untuk 6 orang). Jika kamu ingin berenang, kamu akan dikenai biaya tambahan. Yup Gaes, seorang traveler sejati tidak akan memikirkan biaya jika pengalaman yang didapat cukup sebanding.

Sesampainya di lokasi, kamu akan disuguhi pesona alam yang cukup sejuk. Dinding-dinding goa, serta pohon-pohon yang menjulang tinggi, akan membuatmu merasa rileks untuk berlama-lama berada di tempat ini. Yup, sayang rasanya jika kamu tak mencicipi segarnya air yang ada di Green Canyon ini. Kami sarankan pula, agar kamu membawa kamera anti air untuk mengabadikan setiap momen indahmu. Nah, jika kamu merasa lapar setelah puas berenang, kamu juga bisa memilih aneka makanan yang disediakan oleh warung-warung yang berada di dekat tempat parkir.

Tunggu apa lagi, Sob? Segera datang dan cicipi segarnya air di Green Canyon!

3. Belum Puas Basah-basahan di Green Canyon? Yuk kita geser dikit ke Curug Citumang.

Curug Citumang foto dari @fairenvilla

 

Kalau kamu belum terpuaskan, yuk jalan-jalan lagi sambil nyebur di birunya air Curug Citumang. Objek wisata ini terletak di dusun Sukamanah, desa Bojong, kecamatan Parigi, Ciamis. Berjarak sekitar 95 km dari pusat kota Ciamis. Kalau kamu dari Pangandaran, kamu hanya perlu berjalan ke arah barat sekitar 15 km. Atau sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran – Cijulang.

Keindahan Curug Citumang tak perlu kamu ragukan lagi. Keadaan alamnya yang masih alami, menjadi nilai tambah bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini. Selain itu, aliran sungai yang berwarna agak kebiruan, akan mengundangmu untuk melompat ke dalam sungai. Daya tarik lain yang ditawarkan tempat ini adalah aliran hulu sungai yang keluar dari sebuah goa yang jatuh membentuk curug (air terjun). Adapun di balik curug tersebut terdapat sebuah goa lain yang cukup panjang dan berada persis di bawah permukaan sungai yang berada di atasnya.

Tak hanya itu, Sob. Para wisatawan juga akan diajak menelusuri goa-goa karang yang menjadi lanskap di sekitaran Curug Citumang. Akar-akar pohon yang menjulang dari atas ke bawah menjadi daya tarik tersendiri bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat ini. Ya, kami sarankan agar kamu datang di luar hari weekend, sebab tempat ini akan dipenuhi wisatawan baik dari dalam maupun luar kota Ciamis.

4. Tenggelam dalam Misteri Situ Lengkong.

Situ Lengkong Panjalu via wisatapriangan.co.id

 

Setelah puas menjelajah Curug Citumang, kita akan bergeser ke Situ Lengkong. Situ ini terletak di wilayah Panjalu. Tepatnya di desa Panjalu, kecamatan Panjalu, Ciamis. Jika kamu datang dari arah Bandung, kamu akan menempuh jarak sekitar 100 km. Setelah sampai di Ciawi, terus saja jalan ke arah Panumbangan, dan setelah itu kamu akan sampai di Panjalu. Sedangkan dari arah timur, kamu bisa melalui kota Ciamis yang berjarak sekitar 30 km, lewat jalan raya Buniseuri, Kawali, kemudian sampai di Panjalu.

Menurut bahasa setempat, Situ adalah nama lain untuk menyebut danau. Situ Lengkong Panjalu adalah sebuah danau seluas 57,95 hektar dengan pulau di tengahnya seluas 9,25 hektar—yang diberi nama Nusa Gede. Di Pulau Nusa Gede, kamu bisa menemukan situs purbakala sekaligus hutan lindung yang ada di dalamnya. Konon, Nusa Gede awalnya adalah pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu. Selain juga berfungsi sebagai benteng pertahanan, di sini juga terdapat makam penyebar agama Islam yang bernama Mbah Panjalu (Hariang Kencana). Di dalam hutan lindung ini terdapat 307 pohon yang terdiri dari 30 jenis yang berbeda.

Yup, kamu bisa menyaksikan indahnya danau yang berhawa sejuk dengan sebuah pulau yang terdapat di tengahnya. Oke, di sini kamu juga bisa berziarah ke makam mbah Panjalu (Hariang Kencana), lho.

5. Merasakan Sensasi Berselancar di Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas Ciamis via tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

 

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi berselancar tapi merasa belum mahir, solusinya ada di Pantai Batu Karas. Ya, pantai ini menawarkan wisata air yang sangat menjanjikan. Pantai ini merupakan perpaduan antara Pantai Batu Hiu dan Pantai Pangandaran karena berada di garis pantai yang sama. Pantai Batu Karas ini sangat cocok buat kamu yang pengin liburan bersama keluarga. Selain itu, pantai ini juga disebut-sebut sebagai salah satu tempat berselancar yang menyenangkan, karena memang, ombak di pantai ini sangat bersahabat.

Dari kota Ciamis, kamu bisa menjangkau lokasi ini melalui jalan Lengkongbarang menuju Pantai Batu Karas, dalam waktu kurang dari 2 jam. Tepatnya, pantai ini berada di desa Batukaras, kecamatan Cijulang, Pangandaran, Ciamis. Buat kamu yang tidak memiliki perlengkapan selanjar tapi ingin merasakan sensasinya, tenanglah, di sini juga disediakan tempat penyewaan alat-alat selancar. Spot Legok Pari merupakan tempat favorit yang sangat digandrungi wisatawan. Selain berselancar, kamu juga bisa menikmati wahana jet ski, banana boat, dan dapat naik kereta kuda di tepi pantai. Pokoknya, kamu akan betah deh berlama-lama di tempat ini.

Come on, Ganks! Betah banget sih tidur di rumah. Lihat noh, di luar sana masih banyak banget tempat yang bisa kamu explore.

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.