in ,

Kenapa Kamu Harus ke Boyolali? 10 Tempat Wisata Hits Ini Akan Menjawabnya

Ngadem.com – Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “Boyolali”? Bisa ditebak, yang kami pikirkan pasti dua gunung kece di Indonesia yaitu Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Emang sih Boyolali tepatnya Selo adalah jalur pendakian yang populer bagi para pendaki gunung. Tapi dibalik kemegahan dua gunung tersebut, Boyolali juga menyimpan wisata ciamik dan spot foto kece yang siap membuatmu move on dari bayangan mantan.

Apa aja sih emank? Yuk, cek aja rangkuman Ngadem.com di bawah ini.

Pertama, Kita ke Tempat Wisatanya Dulu ya…

1. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo Foto Dari @seth.rvmnth

Meski pembangunan waduk Kedung Ombo menuai banyak kontroversi tapi pesona waduk ini tidak menjadi kontroversi loh guys. Waduk ini terletak di Desa Rambat, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, kurang lebih 29 Km kearah selatan kota Purwodadi. Waduk ini melintasi 3 kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Grobogan, Sragen dan Boyolali.

Waduk dengan luas area kurang lebih 6.576 Ha bisa ditempuh dari Boyolali melewati Kalioso Gemolong Sumberlawang dan Geyer. Untuk menikmati pesona waduk yang megah ini kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- saja.

Kawasan di sekitar waduk sudah dilengkapi berbagai fasilitas loh guys. Sudah ada toilet, warung makan, tempat untuk duduk menikmati senja, dan gardu pandang loh. Keasrian waduk sangat terasa karena banyaknya pohon-pohon yang tumbuh disekitar waduk. Buat kamu yang ingin berlayar di atas waduk, kamu bisa kok menyewa perahu motor yang sudah disiapkan pengelola.

Tidak hanya itu, waduk yang dibangun sekitar tahun 1980 ini juga cocok untuk wisata keluarga karena sudah disiapkan area bermain untuk anak-anak. Untuk pecinta mancing kamu bisa memuaskan hobby memancingmu di sini karena sudah disiapkan spot untuk memancing. Bahkan disekitar kawasan waduk ini juga sudah ada pacuan kuda. Mungkin kamu bisa menonton pacuan kuda neh.

2. Berendam Sejenak di Segarnya Air Terjun Semuncar.

Semuncar Pantaran Ampel Foto Dari @ajiwiku07

Air Terjun Semuncar bersembunyi di Timur lereng Gunung Merbabu atau persisnya terletak di Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Boyolali dan hanya berjarak 10 km dari Kota Ampel.

Wisata air terjun ini dikelola sendiri oleh karang taruna dan pegiat alam Desa Candisari, jadi dijamin biaya masuknya gak akan mahal-mahal; kamu cukup membayar Rp.3000 untk menikmati kesegaran air terjun Semuncar.

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Semuncar, kamu bisa memilih dua jalur. Pertama, melintasi area perkebunana warga sekitar, sedangkan yang kedua melewati jalur Sungai Cipendok. Jalur kedua ini cukup terjal dan dipenuhi batu-batu besar, mungkin kamu sebaiknya memilih jalur pertama ya guys.

3. Puas Berendam, Mampir Bentar di Cepogo Yuk!

Cepogo Foto Dari @chonxbay

Cepogo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia. Cepogo dapat dicapai dari Boyolali atau dari Ampel. Jalan ke Cepogo cukup menanjak. Jika terus lagi, akan sampai ke Selo. Di Cepogo kamu bisa menyaksikan peternakan sapi perah. Naaaah buat kamu yang ingin melihat peternakan sapi, bisa mampir neh. Untung-untung bisa dapat susu sapi murni. Gak cuma itu, kamu bisa kok melewati sore dengan senja yang indah dari Cepogo. Patut dicoba!

4. Masih di Kecamatan Cepogo, Ada Waduk Cenglik.

Waduk Cengklik Foto Dari @a_nursahid

Waduk Cengklik adalah waduk cantik yang menjadi idola lensa fotografer. Waduk yang terletak di Desa Ngargorejo, Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah ini memang indah banget. Senjanya juara. Wajarlah kalau banyak yang ke sini. Gak hanya duduk menikmati senja, kamu juga bisa mengelilingi waduk dengan menyewa perahu motor. Cukup membayar 40.000 aja.

Yang menarik dari waduk ini adalah keanggunannya ketika dirambati eceng gondok. Ditambah sapuan keemasan matahari sore, kamu akan benar-benar dimanjakan. Bahkan dua gunung kece, Merapi dan Merbabu juga terlihat jelas dari waduk ini. Heeem, bikin pensaran!

5. Balik Lagi Ke Wisata Air. Kali Ini di Kampoeng Air Kragilan.

Kampung Air Kragilan Foto Dari @inggargumintang

Kampoeng Air ini sedang hits di kalangan anak muda Boyolali. Jaraknya yang hanya sekitar 5 km dari pusat kota Boyolali membuatnya jadi incaran saat weekend. Kampoeng Air tepatnya berada di Desa Watu Genuk, Kragilan Mojosongo.

Jika kamu ingin berkunjung ke wisata ini, dari pertigaan pasar Mojosongo langsung ke Tlatar sampai melewati RS Al-Hidayah lalu belok kiri dipertigaan, nah 100m dari sini kamu tiba di Kampoeng Air. Letaknya persis di bawah jemabatan. Tiket masuk Kampoeng Air bisa dibilang sangat murah meriah, yaitu Rp. 5000.

Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti permainan anak-anak, dan mini zoo. Eiiits jangan lupa ada ruumah batu yang jadi spot favorit pengunjung karena bentuknya yang mirip dengan Rumah Harry Potter!

Kedua, Yuk Nyari Spot Foto Kece di Boyolali!

1. Sabana I dan Sabana II Gunung Merbabu

Sabana Foto Dari @yudaprakosa

Buat kamu yang belum kuat nyampe puncak. Gak usah galau. Foto-foto di sabana I dan II udah cukup buat fotomu kece abis.

2. Brown Canyon di Kragilan Mojosongo, Boyolali.

Kragilan Mojosongo Foto Dari @andika_seetyaa

Lokasinya berada di Sebelah Utara Wisata Kampoeng Air. Patut dicoba guys!

3. Numpang Foto di Jembatan Ngemplak

Ngemplak Boyolali Foto Dari @denisauruz

Ini jembatan hits di Boyolali. Pernah muncul di berita juga looh. Jembatan peninggalan Belanda ini kece buat di foto. Lokasinya di Dukuh Gatak, Desa Ngesrep, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

4. Taman Nasional Gunung Merbabu

TNGM Foto Dari @ardiyan_rio

Hutan di sekitar Taman Nasional ini gak kalah apik dengan pesona gunung Merbabu, guys!

5. Patung Irung Petruk

Irung Petruk Selo Foto Dari @luqmantaufiq

Berada di jalur wisata ke arah Selo di lereng Merbabu, kamu bisa foto-foto bersama patung Irung Petruk.

Gimana guys? Rangkumana Ngadem.com seputar wisata ciamik dan spot foto kece di Boyolali cukup memuaskan? Kalau gak, mungkin kamu harus langsung ke Boyolali. Have fun yes!

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.