Dari 14 Spot Syuting AADC 2 di Jogja, Berikut 6 Tempat Paling Epic Pilihan Ngadem.com

Ngadem.com – Beberapa hari yang lalu, Film AADC 2 diputar secara serentak di tiga negara sekaligus, yakni di Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Bisa dipastikan, bersamaan dengan meledaknya film tersebut, tentu akan berdampak pula pada tempat-tempat wisata yang digunakan sebagai lokasi syuting film AADC 2 yang diproduseri Mira Lesmana dan Riri Riza.

Lokasi syuting AADC 2 yang bertempat di Yogyakarta juga memiliki beberapa spot liburan yang menarik bagi penikmatnya. Tercatat ada 14 spot dimana Jogja jadi saksi syahdunya kisah Cinta Rangga CS. Nah, kalau kamu ingin mengunjunginya, biar nggak bingung, coba deh ke 7 tempat ini aja :)

Pertama, awali pagimu di Punthuk Setumbu: ada sunrise yang siap buatmu meleleh

Punthuk Setumbu foto dari @ilookisee

Sebenarnya, objek wisata yang dijadikan sebagai lokasi syuting AADC 2 ini terletak di Kabupaten Magelang, tapi ya tak terlalu jauh lah dari Jogja. Bukit Punthuk Setumbu menghadirkan pemandangan matahari terbit yang luar biasa. Hal itu masih ditambah lagi dengan keindahan latar Gunung Merapi yang memukau. Ya, maka tak heran kalau Rangga dan Cinta memilih tempat romantis ini untuk bertemu. Oke Genks, kalau kamu pengin menikmati keindahan matahari terbit dari puncak Punthuk Setumbu, sebaiknya kamu datang ke sini sebelum pukul 5 pagi. Selain itu, dari objek wisata ini, kamu juga bisa melihat kemegahan Candi Borobudur. So, kurang lengkap apa lagi, coba?

Ohya, lokasi Bukit Puthuk Setumbu terletak di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang. Atau sekitar satu jam berkendara dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk biaya masuknya, dipatok dengan harga Rp. 15.000,00/ orang. Cukup murah kan, Genks?

Kedua, masih di Magelang, cobalah beralih ke Bukit Rhema (Gereja Ayam)

Gereja Ayam foto dari @tirtaperwitasari

Untuk mencapainya, pertama-tama kamu harus menempuh jarak sekitar 45 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, atau setara dengan 1 jam perjalanan dengan mengendarai kendaraan bermotor. Nama Gereja Ayam sendiri diambil karena bentuk gereja ini memang mirip seekor ayam yang sedang duduk di tanah. Di bagian kepalanya terdapat sebuah mahkota dengan ukuran yang cukup besar. Secara keseluruhan, bentuk bangunannya terdiri dari beberapa ruangan besar, yakni 15 kamar tidur, 1 kamar berukuran kecil, dan 3 kamar mandi berukuran sedang.

Istimewanya lagi, kamu bisa menikmati suasana pagi yang begitu memikat dari ketinggian Bukit Rhema. Nah, kalau kamu sudah sampai di lokasi, kamu akan dikenai tarif masuk sebesar Rp. 5000,00. Sedangkan biaya parkir kendaraannya sebesar Rp. 2000,00 untuk sepeda motor, dan Rp. 5000,00 untuk kendaraan roda empat. Udah deh, buruan kemasi barang-barangmu dan segera meluncur ke sini, ya. Kami jamin deh, kamu nggak akan nyesel, kok.

Ketiga, dari Gereja Ayam ajak kakimu ke Kotagede. Santai sambil menikmati nuansa Jogja yang menenangkan

Makam Panembahan Senopati foto dari @therealdisastr

Selain dikenal sebagai Kota Pelajar dan Kota Gudeg, Yogyakarta juga dikenal sebagai tempat yang kaya akan peninggalan sejarah. Yogyakarta menjadi salah satu kota kelahiran kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Dan mungkin karena hal itulah, Makam Panembahan Senopati ini turut menjadi bagian penting dalam proses pembuatan film AADC 2.

Ya, dalam film tersebut, Cinta dan Karmen terlihat sangat anggun mengenakan busana tradisional khas Jawa. Karena memang, untuk memasuki objek wisata ini, kamu diwajibkan untuk mengenakan busana tersebut. Nah, kalau kamu penasaran dan ingin mengunjungi tempat syuting AADC 2 ini, lokasinya terletak di Dusun Dondongan, Desa Jagalan, Kecamatan Kotagede, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Keempat, mlipir tipis ke Pojok Beteng: tempat paling pas buat mengenang hal-hal indah di Yogyakarta

Pojok Beteng foto dari @therealdisastr

Sebenarnya, Pojok Beteng bukan merupakan objek wisata, melainkan bangunan beteng biasa yang berada di setiap sudut Keraton Yogyakarta. Beteng ini mulai dibangun sejak zaman Kerajaan Mataram, dan dijadikan sebagai pintu masuk area keraton. Selain itu, bangunan ini juga digunakan sebagai benteng pertahanan untuk menjaga kerajaan di masa lampau. Tak hanya itu saja, pada sudut bangunannya juga terdapat ruang pengintai hingga ruang penyimpanan senjata.

Secara keseluruhan, bentuk bangunan Pojok Beteng cukup unik jika dijadikan sebagai lokasi pengambilan gambar. Maka tak heran kalau AADC 2 menjadikan tempat ini sebagai lokasi syuting. Ohya, sedikit info Gaes, di Pojok Beteng ini, terlihat juga sosok Rangga dalam film AADC 2 yang sedang galau, lho. Hehehe.

Kelima, lanjut lagi ke Candi Istana Ratu Boko. Berburu spot instagenic buat berfoto

Candi Ratu Boko via www.brilio.net

Candi Istana Ratu Boko turut menjadi saksi perjalanan Cinta dan Rangga di Yogyakarta. Objek wisata ini merupakan kompleks bekas istana yang kini hanya tersisa beberapa bangunan saja. Selain itu, Candi Ratu Boko juga dipercaya sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di Yogyakarta. Lokasinya terletak di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Ya, objek wisata seluas 250.000 meter persegi ini terdiri dari gapura utama, candi pembakaran, lapangan, kolam, pendopo, paseban, hingga gua. Harga tiket masuknya dibagi menjadi dua kategori, yakni dari pagi hingga pukul tiga sore, biaya tiket masuknya dipatok dengan harga Rp. 25.000,00/ orang. Sedangkan biaya tiket masuk di sore hari (di atas jam tiga), yakni sebesar Rp. 100.000,00/ orang.

Nah, kamu tinggal tentukan aja deh, mau pergi ke sini pas di siang hari atau menikmati senja di sore hari. Jangan lupa bawa kamera kesayangan, ya. Soalnya ada banyak banget spot-spot indah yang instagenic banget buat berfoto.

Keenam, akhiri petualangan AADC-mu dengan melihat epicnya sunset di Pantai Parangtritis!

Pantai Parangtritis via www.brilio.net

Tidak lengkap rasanya kalau berlibur ke Yogyakarta tanpa mampir ke Pantai Parangtritis. Ya, lhawong Cinta dan kawan-kawannya aja reuni bareng di pantai ini, masa kamu nggak? Selain terkenal dengan keindahan sunset-nya, Pantai Parangtritis juga terkenal dengan mitosnya yang berbau mistis, karena berkaitan dengan sosok Nyai Roro Kidul, sang penguasa Pantai Selatan. Nah, kalau kamu tertarik dan ingin mengunjungi pantai ini, lokasinya terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Atau berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Yogyakarta. So, kamu tertarik buat mampir ke pantai ini, Genks?

Oke, 6 tempat syuting AADC 2 di Jogja sudah Ngadem.com rangkum buat kamu semua. Have fun, Genks! :) Jangan lupa pulang ya…

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.