11 Tempat Wisata di Jogja Paling Rekomended Pilihan Ngadem.com

Ngadem.com – Membahas tentang tempat wisata di Jogja memang tak pernah ada habisnya. Mulai dari wisata alam, keluarga, sejarah, bahkan wisata ekstrim pun ada di Kota Budaya ini. Sebut saja Pantai Parangtritis yang terkenal akan sunset emasnya, atau Museum Monjali yang kaya akan nilai-nilai sejarah dan perjuangan, atau Pantai Timang di Gunungkidul yang akan mengajarkanmu bahwa hidup itu terkadang harus ‘dikasih’ nekat sedikit. Tentu tak salah bila banyak orang yang memilih Jogja sebagai destinasi utama saat liburan tiba.

Kian waktu pun ada banyak spot-spot baru yang ditemukan para traveler lokal. Melihat antusias wisatawan –yang tak pernah berhenti meng-eksplore, membuat Jogja menjadi salah satu surga wisata di Indonesia.

Sedikit bergeser, bila mengingat banyaknya tempat wisata di Jogja, rasanya tak masuk akal jika kamu mengunjungi semuanya hanya dalam waktu satu hari –bahkan satu tahun! Kami pikir, kamu akan butuh waktu selamanya…

Agar kamu tak bingung saat datang ke Jogja dan harus jalan-jalan ke mana, di bawah ini adalah 11 tempat wisata asik di Jogja yang paling rekomended pilihan Ngadem.com:

1. Air Terjun Sri Gethuk, Gunungkidul

Foto dari @atinwa72

Berada di Desa Wisata Bleberan, Playen, Gunungkidul. Untuk sampai ke tempat ini kamu akan melewati areal hutan kayu putih dengan medan yang bervariasi. Saat memasuki Dusun Menggoran, ladang hutan jati yang terlihat muram akan menyambutmu. Ada dua pilihan untuk sampai ke titik lokasi, pertama adalah dengan berjalan kaki dan yang kedua adalah dengan naik sampan melewati Sungai Oya. Sesampainya di Air Terjun Sri Gethuk, kamu akan melihat pemandangan alam yang tak kalah dengan Grand Canyon di daerah utara Arizona, Amerika Serikat. Tentu mandi di bawah derasnya grujugan Sri Gethuk adalah hal yang harus kamu coba.

2. Curug Indah Tegal Rejo, Gunungkidul

Foto dari @bona_utama

Masih di Gunungkidul. Curug yang lebih dikenal dengan nama Curug Bayat ini berada di perbatasan antara Klaten dengan Gunungkidul. Letak persisnya di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Untuk sampai ke sini kamu bisa melalui Jalan Jogja-Solo dan langsung ke arah Gungungkidul. Dari Gunungkidul ikutilah petunjuk jalan atau GPS ke arah Bayat. Dari sini tanyalah pada penduduk sekitar di mana Curug Indah berada. Saat sampai lokasi kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang sungguh puitis; desir angin, kicauan burung dan bunyi gemericik air yang seolah-olah merayumu untuk segera lepas baju lalu nyebur.

3. Curug Sidoharjo, Kulonprogo

Foto dari @dickyorza

Curug yang memiliki ketinggian 75 meter ini berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Untuk mencapainya kamu bisa melalui rute Godean, lalu langsung ambil arah Samigaluh. Saat sampai di Samigaluh tanyalah pada warga sekitar. Kami sarankan, agar lebih mudah pakailah GPS. Apa yang istimewa dari tempat ini? Selain pemandangan eskotisnya di sepanjang perjalanan, tentu saja panorama alamnya. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Curug Sidoharjo, seperti bersantai, ngadem asik, bahkan mandi sampai basah sebasah-basahnya.

4. Gardu Pandang Kalibiru, Kulonprogo

Foto dari @enivell

Gardu pandang yang beberapa waktu lalu sempat hits di media sosial ini berada di kawasan Wisata Hutan Kalibiru. Letak persisnya ada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Kamu akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari pusat kota Jogja. Yang menarik dari tempat ini adalah kamu bisa melihat hamparan perbukitan Manoreh yang berpadu dengan birunya air Waduk Sermo. Karena banyaknya antusias wisatawan yang ingin berfoto, kamu harus mengantri. Saran kami jangan datang saat musim weekend dan datanglah pada hari biasa saat sore hari.

5. Air Terjun Kedung Pedut, Kulonprogo

Foto dari @georgerizkiwibowo

 

Masih di Kulonprogo, bila kamu ingin merasakan sensasi basah-basahan di waterpark versi tradisional, datangalah ke Air Terjun Kedung Pedut. Wisata alam yang mulai dibuka sejak 15 Februari 2015 ini berada di Desa Wisata Jatimulyo, Kulonprogo. Untuk mencapainya, kamu akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari pusat kota Jogja. Tiket masuknya terbilang murah, hanya Rp. 5.000/orang plus biaya parkir. Di sini bukan hanya kesegaran yang akan kamu dapat, ada banyak spor menarik untuk berfoto dan bersantai sambil menikmati panorama alam khas Yogyakarta.

6. Air Terjun Goa Selarong, Bantul

Foto dari @havid_aji

Letaknya ada di Dusun Kembang Putihan, Desa Guwosari, Kecamatan Panjangan, Bantul. Untuk sampai ke tempat ini kamu akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam dari pusat Kota Jogja. Tiket masuknya sebesar Rp. 2.000/orang. Yang menarik di Goa Selarong adalah kamu bisa mandi sampai lupa diri, sampai setiap lelah yang ada di pundakmu selama perjalanan luntur satu persatu. Kamu juga akan disambut patung Pangerang Diponogoro yang gagah menaiki kuda dengan semangatnya yang masih membara.

7. Pantai Watulawang, Gunungkidul

Foto dari @lulukman

Pantai yang lebih dikenal dengan nama Pantai Goa Watulawang ini terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Memang, di pantai ini terdapat sebuah goa yang oleh masyarakat sekitar dipercaya sebagai tapak tilas Prabu Brawijaya VI. Untuk mencapainya, kamu harus berkendara selama 2 jam dari pusat Kota Jogja. Saat sampai di lokasi, kamu akan disuguhkan panorama pantai dengan pasir putihnya yang masih sangat bersih. Ada dua spot di sini, pertama di sebelah barat yang memiliki pantai kecil. dan kedua di sebelah timur yang memiliki areal pantai lebih luas.

8. Kebun Buah Mangunan, Imogiri

Foto dari @maspeot

Lokasinya berada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Sekitar 35 km dari pusat Kota Jogja, dan memiliki ketinggian 150-200m diatas permukaan laut. Karena letaknya yang terbilang tinggi untuk ukuran tempat wisata, membuat Kebun Buah Mangunan memiliki udara yang sejuk serta panorama alam yang menakjubkan. Sesampai di sini, kamu akan disambut pemandangan Pantai Parangtritis dan hamparan bukit kecil di sekelilingnya. Ada juga Sungai Oyo yang dengan kemisteriusannya mampu menyihirmu untuk tak lekas pulang.

9. Air Terjun Kedung Kandang, Nglanggeran

Foto dari @tirtaperwitasari

Terletak di Padukuhan Gunungbutak, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Tempat wisata alam ini memang terbilang baru di Jogja. Fasilitas dan infrastrukturnya juga terbilang cukup baik. Untuk mencapinya, kamu harus berkendara selama 2 jam dari pusat kota Jogja. Selain bisa menikmati aliran air yang sungguh menawan, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam khas Jogja yang masih sangat asri. Ada bukit-bukit kecil, bebatuan legam, sungai bergelombang dan ladang persawahan yang akan membuatmu betah berlama-lama di tempat ini.

10. Curug Gede, Gunungkidul

Foto dari @ynrwisnu

Wisata alam yang mulai populer ini berada di Dusun Ngambyong, Kecamatan Pathuk, Gunungkidul. Mengapa namanya “gede” karena memang curug ini adalah curug terbesar yang ada di Pathuk. Untuk mencapainya, kamu akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Pusat Kota Jogja. Setelah itu, kamu harus berjalan kaki melintasi semak belukar yang cukup ekstrim. Saat sampai lokasi kamu akan disambut dengan suara aliran air yang berpadu dengan nyanyian serangga. Lokasinya yang cukup mblusuk membuat Curug Gege terlihat asri dan bersih.

11. Bukit Paralayang, Bantul

Foto dari @zulfikarrifai

Awalnya, bukit yang berada di daerah Pantai Parangtritis ini difungsikan sebagai areal olahraga paralayang. Namun, karena memiliki spot yang menawan, bukit ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Untuk mencapainya kamu bisa langsung ke arah Pantai Parangtritis, lalu lurus terus mengikuti jalan yang mengarah ke bukit-bukit. Lihatlah di kanan jalan, akan ada papan nama yang menunjukan letak persis Bukit Paralayang. Yang menarik di tempat ini adalah kamu bisa santai sambil menikmati hamparan laut nan biru sambil diguyur serbuan angin yang melankolis. Saat terbaik ke tempat ini adalah pada sore hari. Kamu bisa melihat moment matahari tenggelam yang perlahan mengantarkan kita pada rasa tentram dan damai.

Baca juga: Meluruhkan Penat di Pantai Ngitun, Gunungkidul

Baca juga: Ngadem di Bukit Kosakora dan Pantai Drini, Gunungkidul

Baca juga: Gardu Action: Tempat Wisata Edukasi Baru Di Ujung Selatan Yogyakarta

Dan bila kamu ingin yang lebih lengkap, bisa ke sini: Daftar Tempat Wisata di Jogja

Nah, itulah 11 tempat wisata di Jogja yang menurut Ngadem.com sangat direkomendasikan bagi kamu travelers luar Jogja. Semoga kamu baik-baik selalu, dan ingat! Jangan melakukan hal yang membahayakan atau merusak apapun. Kamu boleh selfie atau foto-foto, tapi ingat bahwa tempat wisata bukan milikmu saja. Ada orang lain disekitarmu, jadi jangan egois ya…

Oh ya, bila kamu punya rekomendasi lain, silahkan share di kolom komentar :)

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.