8 Tempat Wisata di Ungaran yang Bisa Redakan Sedihmu

Ngadem.com – Hay guys kali ini kita akan membahas wisata kece di Ungaran sebagai list terakhir Ngadem.com mengupas tuntas wisata Jawa Tengah. Sediiiih deh… :'(

Ungaran yang dijuluki Kota Seribu Rumah Makan ini akan menyapamu lewat pesona wisatanya. Ungaran adalah salah satu kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang atau lebih tepatnya berada di sebelah selatan kota Semarang. Ungaran terdiri terbagi dalam dua kecamatan yaitu Kecamatan Ungaran Barat dan Kecamatan Ungaran Timur. Dua-duanya menyimpan wisata kece yang wajib kamu ketahui. Apa aja sih? Yuuk, cek rangkuman Ngadem.com di bawah ini.

1. Mulailah dari Watu Gunung.

Watu Gunung Foto Dari @faridbrawijaya

Objek wisata yang hits di kalangan muda-mudi Ungaran dan sekitarnya ini menawarkan panorama khas pegunungan Ungaran yang memakau. Gak heran deh kalau Watu Gunung sering digunakan untuk sesi pemotretan.

Gak hanya digunakan sebagai tempat pemotretan, objek wisata ini juga menyiapkan macem-macem fasilitas yang bisa bikin penatmu hilang seketika dan yang paling hits tentunya kolam yang menghadap jurang dengan jejeran pohon-pohon yang menyejukan mata.

Beberapa bangunan di objek wisata ini mengusung berbagai tema, salah satunya Jawa klasik. Hal itu terlihat di kompleks perumahan Jawa klasik  yang dilengkapi dengan berbagai perabotan yang tidak kalah klasik.

Watu Gunung terletak di Kampung Lerep, Ungaran, Jawa Tengah. Jika kamu berada di alun-alun Ungaran, kamu cukup berkendara kurang lebih 1,5 KM ke arah Kampung Lerep. Dari Kampung Seni Lerep, Watu Gunung tinggal berjarak 500 meter. Harga tiket masuknya terjangkau banget loh guys, cuma Rp. 15.000 per orang. Yuuk, ngadem di Watu Gunung.

2. Uji Adrenalinmu di Umbul Sidomukti.

Umbul Sidomukti Foto Dari @iibnazili

Umbul Sidomukti terletak di lereng gunung ungaran dengan ketinggian 1200 dpl dan diapit jurang terjal dikedua sisinya. Lebih tepatnya, objek wisata ini terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan.

Umbul Sidomukti merupakan pemandian yang memanfaatkan mata air pegunungan Ungaran. Wow, bisa kebayang seberapa segarnya? Konon kalau kamu mandi di umbul ini, kamu bakal awet muda. Heem, iya gak sih?

Gak cuma menyedikan pemandian, Umbul Sidomukti juga punya wahana yang siap mengobrak-abrik adrenalinmu seperti flying fox, marine bridge dan ATV. Bahkan pengelola juga menyiapkan fasilitas Outbond, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan hingga Meeting Room. Yang patut kamu coba adalah melintasi flying fox dengan panjang lintasan sekitar 110 meter dengan ketinggian dari 70 meter. Tarif karcis flying fox lembah ini hanya Rp. 12.000. Tiket masuk Umbul Sidomukti murah banget, cuma Rp. 4000 di hari biasa dan Rp. 5000 saat weekend atau hari libur, sedangkan untuk biaya parkir mobil Rp. 2.000. Siapkan dirimu guys.

3. Masih Mainan Air, Kali Ini Pindah Ke Kolam Renang Siwarak.

Sewarak via www.semarangcoret.com

Siwarak adalah objek wisata dengan kolam renang yang airnya segeer banget, area kolam yang rindang, bahkan di sini juga ada kolam pemancingan. Lengkap, kan?

Kolam Renang Siwarak terletak di Desa Siwarak, Ungaran. Dari Kota Ungaran hanya berjarak 2 kilometer aja. Kolam renang yang sudah ada sejak tahu 1968 ini beroperasi dari jam 06:30-17:30 kecuali hari Selasa dan Rabu karena sedang dilakukan pembersihan. Untuk harga tiket masuk kolam cukup Rp 10.000/orang.

Di sekitar kolam sudah ada beberapa fasilitas seperti, tempat penitipan barang, gazebo, kantin, toilet, mushola, dan penyewaan ban. Dengan membayar Rp3.000 per jam nya kamu bisa berenang dengan ban sepuasnya. Kecenya lagi, di Kolam Renang Siwarak ada kelas renang guys. Cocok buat kamu yang mau belajar renang.

4. Ngadem di Kebun Teh Medini Yuk.

Kebun Teh Medini Foto Dari @hildha_novallian

Nah yang ini memang agak susah dijangkau karena terletak di perbukitan pengunungan Ungaran. Kebun teh ini berada di ketinggian 1500 dpl. Buat para pendaki pengunungan Ungaran pasti sudah tidak asing dengan kebun teh ini.

Sekali lagi ya guys, akses menuju Kebun Teh Medini ini agak susah-susah gampang. Kalau kamu memulai perjalanan dari Kota Semarang, kamu bisa melewati Kecamatan Mijen dan Cangkiran. Dari Cangkiran berkendara lagi menuju Kecamatan Bojo. Nah dari sini drama dimulai hingga memasuki pintu masuk Kebuh Teh Medini.

Setibanya di Promasan kamu harus membayar Rp. 2.500 lalu melanjutkan perjalanan melewati pabrik teh. Kalau kamu lelah, bisa rehat sejenak di Promasan. Di sekitarnya sudah ada warung-warung yang menjajakan makanan. Bahkan kawasan Promasan ini sering digunakan sebagai area camping loh. Dari Promasan, kamu sudah bisa melihat kesejukan Kebun Teh Madini. Heem, bener-bener bikin adem ya.

5. Capek Foto-Foto di Kebun Teh Madini? Relaksasi Aja di Curug Lawe.

Curug Lawe Foto Dari @johan.iswara

Curug ini berada tidak jauh dari Kebun Teh Medini. Curug Lawe hanya bisa di akses dengan berjalan kaki saja sekitar 15-20 menit dari pintu tiket masuk Kebun Teh Madini. Melewati jalan setapak dan bangunan pabrik teh yang ciamik untuk di jepret. Curug ini dinamai Curug Lawe karena konon jumlah air terjun yang ada  di sini sekitar 25 buah (dalam bahasa Jawa Selawe). Bikin penasarankan? Biaya masuk ke Curug Lawe, cuma Rp. 4000 per orang.

Curug Lawe masih sunyi-senyap loh guys. Masih banyak hewan-hewan liar di sekitarnya. Jadi berhati-hatilah, jangan sampai menyakiti mereka ya. Lelah menyusuri jalan setapak, saatnya puaskan dirimu di segarnya Curug Lawe.

6. Masih Ada Lagi Satu Curug.

Curug Benowo Foto Dari @vikaeste

Namanya adalah Curug Benowo. Curug ini terletak persis di lereng Gunung Ungaran atau Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat dan tidak jauh dari Curug Lawe. Curug ini masih sulit untuk dicapai karena aksesnya yang hanya terdiri dari jalannya setapak bergelombang. Tapi kesegaran dan keasriannya dijamin tidak akan menghentikan langkah kakimu guys.

7. Belum Puas di Curug Benowo? Ya Udah Ke Curug Semirang Aja.

Curug Semirang Foto Dari @murti_a

 

Curug Semirang terletak di lereng Gunung Ungaran bagian utara dengan ketinggian curug sekitar 45 meter. Curug ini berada di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat dan dikelola oleh Perum Perhutani dengan luas lahan sekitar 10 ha.

Akses menuju Curug Semirang bisa ditempuh dengan kendaraan sekitar 30 menit. Kalau kamu berada di Semarang langsung arahkan kendaraanmu ke kaki Gunung Ungaran. Bertanyalah pada para penduduk arah menuju Desa Gogik. Nah setelah tiba di desa ini kamu bisa memarkirkan kendaraanmu dan perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 500 meteran hingga sampai pintu gerbang. Di pintu gerbang kamu membayar tiket cukup Rp. 5000 lalu lanjutkan perjalanan sekitar 20 menit. Heem, membacanya saja sudah membuatmu deg-degankan? Yuk, cek langsung aja!

8. Setelah Seger Main di Curug, Saatnya Berkunjung Ke Candi Gedong Songo.

Candi Gedong Songo Foto Dari @tul_lus

Candi Gedong Songo adalah candi Hindu yang berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan. Tepat di lereng Gunung Ungaran. Udara sejuk dan alam yang membisu akan menenangkanmu. Di kawasan Candi Gedong Songo ada sembilan buah candi loh. Persis seperti namanya.

Candi yang ditemukan oleh Raffles sekitar tahun 1804 ini memiliki kesamaan dengan Candi Dieng di Wonosobo loh. Kok bisa ya? Gak hanya menikmati keindahan candi, disekitar kawasan candi ini juga ada pemandian air panas, camping ground, dan wisata berkuda.

Akses menuju candi dari Kota Ambarawa  hanya 40 menit atau cuku 10 menit dari obyek wisata Bandungan., sedangkan tiket masuk candi hanya Rp. 5000 dan Rp. 25.000 untuk wisatawan asing. Kalau kamu ingin naik kuda, kamu cukup membayar Rp 25.000-Rp. 50.000. Cukup terjangkau, kan?

Yaaay, 8 wisata dari Ungaran mengantarkan kita untuk segera berpamitan dengan pesona di Jawa Tengah. Gimana guys, kalian punya rekomendasi tempat kece lainnya di Ungaran? Masukan dengan penuh cinta di kolom komentar yak.

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.