in ,

6 Lagu yang Bercerita Tentang Pesona Indonesia

Ngadem.com – Pesona Indonesia emang gak bisa dibohongi. Keindahan alamnya, gugusan bintangnya, jejeran gunungnya, sampai orang-orangnya yang super ramah membuat banyak turis asing menjadikan Indonesia sebagai destinasi liburan bahkan tempat tinggal. Bukan hanya turis asing aja yang bangga sama Indonesia. Beberapa musisi di Indonesia pun pernah menulis lagu untuk mendedikasikan kebanggaan terhadap beberapa kota-kota tertentu di Indonesia lewat lagu-lagu mereka.

Kira-kira siapa aja musisi itu, dan apa saja lagu-lagunya? Yuk, cek rangkuman Ngadem.com di bawah ini.

1. Keindahan Mahameru Terekam dalam Lagu Berjudul Mahameru Karya Samsidi.

Mungkin beberapa diantara kamu merasa asing dengan nama Samsidi atau pun lagu Mahamerunya. Tapi, buat kamu yang mengaku pendaki, tidak ada salahnya mendengarkan lagu keroncong yang melukiskan keindahan Mahameru dengan ciamiknya. Ini cuplikan liriknya:

Mahameru menjulang tinggi

Membelah angkasa biru
Berpayung awan nan putih bersih
Menggetar hati terharu

Lagu keroncong ini pernah dinyanyikan oleh Soendari Soekotjo, Hetty Koes Endang, hingga Kris Biantoro. Berani nyanyi keroncong?

2. Kalau Mahamerunya Samsidi Masih Asing Buat Kamu, Bagaimana dengan Mahamerunya Dewa 19?

Sekali lagi keindahan Mahameru dituangkan dalam lagu. Kali ini oleh Dewa 19 dengan judul Mahameru. Ahmad Dhani bisa gitu dengan ciamiknya menulis lagu tentang Mahameru. Mungkin doi pernah ke Mahameru kali ya. Mungkin doi perlu balik lagi ke Mahameru untuk bisa menciptakan lagu-lagu keren lagi. Hehehe

3. Kota Bandung Bagi Mocca.

Mocca merilis lagu berjudul Bandung pada 25 September 2014 lalu. Lagu itu dirilis bertepatan dengan ulang tahun Kota Bunga yang ke- 204 dengan judul “Bandung”. Kecekan?

4. Untuk Yogyakarta dari KLA Project.

Yogyakarta garapan KLA Project emang bisa banget bikin cintamu ke Jogja nambah. Lagu yang masuk dalam album Dekade ini dirilis pada tahun 1998. Dengan ciamiknya KLA Project menggambarkan kebersehajaan kota Yogyakarta yang membuatmu selalu rindu, dan tentu saja selalu ingin kembali :)

5. Kata Mereka Tentang Jakarta

Tak terhitung ada berapa banyak lagu yang diciptakan untuk melukiskan kota Jakarta. Ada Bangkutaman dengan Ode Buat Kota, Seringai dengan Membakar Jakarta, Halo Jakarta yang yang dinyanyikan oleh Swara Maharddhika. Bahkan Fariz RM tampil dengan lagunya yang berjudul Jerit Jakarta. White Shoes and the Couples Company dengan Topstar. The Brandals juga menuliskan lagu tentang Jakarta lewat Ode Pinggiran Jakarta. Tentunya masih banyak lagi seperti Dewa19, Leo Kristi, The Upstairs, C’mon Lennon, Lilis Suryani, Koes Plus , Iwan Fals hingga Benyamin S.

Dan yang terakhir yang paling segar di telinga kamu, adalah Jakarta Ramainya Maudy Ayunda. Habis penyanyinya bening sih ya. Waah, gagal fokus.

6. Dari Dialog Dini Hari, Andrea Hehanusa Hingga Maribeth Semuanya untuk Bali.

Cinta Dialog dini Hari terhadap pulau Bali Mereka tuangkan dalam lagu mereka yang berjudul Dijumah dalam bahasa Indonesia yang berarti Di rumah. Lagu ini bahkan ditulis dalam bahasa Bali meski akhirnya mereka menyiapkan versi bahasa Indonesanya. Ini potongan lagu Di Rumah-nya Dialog Dini Hari:

Bali,bali
Bali,bali

 Dimana kusandarkan harapan
Dimana kunikmati cinta
Dimana amarah kumuntahkan
Dimana kubelajar mencintai hidup,dan tempatku kembali

Untuk Bali bahkan ada juga lagu Kuta Bali Andre Hehanusa. Maribeth penyanyi asal Filipina juga populer di Indonesia lewat lagunya yang berjudul Denpasar Moon pada tahun 1993.

Ok guys itu tadi 6 lagu yang didedikasikan untuk beberapa kota di Indonesia dari musisi kece Indonesia. Siap-siap deh buat dengerin lagu-lagu di atas pake aplikasi yang udah banyak banget beredar di PlayStore. Atau kamu bisa ke Toko Kaset terdekat, guys.

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.