in ,

Rekomendasi 10 Wisata di Dairi yang Begitu Eksotis

Dairi menyimpan deretan wisata yang begitu indah nan memesona. So, pastikan wisata di Dairi masuk dalam daftar destinasi liburan kamu bersama orang-orang tercinta.

Ngadem.com –  Ada sejumlah penyebab yang membuat seseorang menjadi tidak fokus saat bekerja, salah satunya yaitu stres. Stres sendiri umumnya efek dari banyaknya hal yang dipikirkan, misalnya: deadline pekerjaan, hutang yang menumpuk, putus cinta, kehilangan pekerjaan,  tidak punya uang, dan lain sebagainya.

Jika stres dibiarkan terlalu lama, maka akan berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Jadi, stres bukan hanya akan merusak kesehatan mental, tapi juga fisik. Jika sudah demikian, kamu akan jatuh sakit.

Oleh karena itu, jangan sampai kamu memelihara stres terlalu lama. Lalu, bagaimana cara mengobati stres? Ada penelitian yang menyebutkan bahwa salah satu obat stres adalah pergi berlibur. Ya, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat yang memiliki udara segar dan pemandangan alam hijau.

Nah, buat kamu yang berada di Sumatera Utara, ada destinasi liburan yang rekomended untuk dikunjungi, yaitu Dairi. Menawarkan banyak tempat wisata dengan pemandangan alam menawan, Dairi cocok untuk jadi tempat pelebur stres.

Berikut Ini Sejumlah Objek Wisata di Dairi yang Begitu Eksotis

Dairi salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Dairi menjadi salah satu dari 7 Kabupaten yang lokasinya berdampingan dengan objek wisata Danau Toba. Tak heran, jika Dairi kerap dijadikan spot untuk menikmati keindahan Danau Toba.

Danau Toba sendiri merupakan Danau terbesar dan terluas di Asia Tenggara. Karena keindahan dan keistimewaannya ini, Danau Toba masuk dalam daftar 5 wisata Super Prioritas oleh Kemenpar.

Selain Danau Toba, ada deretan objek wisata di Dairi lainnya yang tak kalah keren pemandangannya dan tentunya  rekomended untuk kamu kunjungi seperti berikut ini.

1. Paropo

wisata di dairi
foto dari @ronaldmarpaung

Paropo berada sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Sidikalang, tepatnya di tepian Danau Toba, Desa Paropo, Kec. Silahisabungan, Kab. Dairi, Sumatera Utara. Untuk tiket masuknya Rp10 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp15 ribu untuk kendaraan roda empat. Jam operasional 24 jam

Paropo menawarkan pemandangan hamparan danau yang pesonanya menyerupai pantai, bebukitan dan alam hijau yang begitu indah. Bahkan, karena keindahannya ini, Paropo kerap disebut sebagai Ranu Kumbolonya Tanah Sumatera Utara. Tempat ini juga jadi salah satu spot terbaik untuk camping.

2. Puncak Sidiangkat

wisata di dairi
foto dari @zonasidikalang

Puncak Sidiangkat berada sekitar 8 kilometer dari pusat Kota Sidikalang, tepatnya di Jl. Subulussalam, Ds. Sidiangkat, Kec. Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Untuk tiket masuknya Rp 10 ribu per orang. Jam operasional dari pukul 8 pagi hingga pukul 7 malam WIB.

Puncak Sidiangkat ini mengusung konsep wisata alam dengan sejumlah spot foto kekinian nan instagramable, diantaranya seperti spot sarang burung, spot love, gardung pandang, dan sejumlah spot foto lainnya.

3. Bukit Siadtratas

wisata di dairi
foto dari @m.nurhidayah23

Bukit Siadtaratas berada sekitar kilometer dari pusat Kota Sidikalang, tepatnya di Ds. Paropo, Kec. Silahisabungan, Kab. Dairi, Sumatera Utara. Untuk tiket masuknya Rp 10 ribu per orang  (weekdays) dan Rp 15 ribu per orang (weekend).

Bukit Siadtaratas menawarkan pemandangan hamparan bebukitan yang begitu eksotis. Bahkan, kamu juga bisa menikmati keindahan Danau Toba dari atas bukit. Disini juga jadi salah satu spot terbaik untuk camping.

4. Pemandian Lau Timah

wisata di dairi
foto dari @travlingsumut

Pemandian Lau Timan berada sekitar 80 kilometer dari pusat Kota Sidikalang, tepatnya di Ds. Lau Renun, Kec. Tanah Pinem, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Untuk tiket masuknya Rp20 ribu per orang.

Pemandian Lau Timah menyajikan pemandian alami dengan background bebukitan dan alam hijau. Udaranya disini cukup segar yang akan membuat para pengunjung merasa nyaman. Selain itu, karakter airnya juga jenih sehingga cocok untuk foto underwater.

5. Taman Wisata Iman Sitinjo

wisata di dairi
foto dari @kiiikim

Taman Wisata Iman Sitinjo berada sekitar 11 Kilometer dari pusat Kota Sidikalang, tepatnya di Bukit Sitinjo, Ds. Sitinjo, Kec. Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Untuk tiket masuknya  Rp5 ribu per anak-anak dan Rp10 ribu per orang dewasa. Untuk biaya parkir Rp5 ribu per motor dan Rp10 ribu per mobil.

Objek wisata ini menawarkan pemandangan alam dipadu dengan nuansa religi. Tempat ini juga menjadi bukit nyata indahnya toleransi antar agama.

Terdapat tempat ibadah dan sejumlah bangunan dari berbagai agama disini, mulai dari masjid, tempat manasik haji, Vihara, Taman Getsemani, Bukit Golgota, dan lain sebagainya. Jam operasional dari puku 6 pagi sampai pukul 6.30 malam WIB.

6. Taman Wisata Alam Sicike-cike

wisata di dairi
foto dari @nicksilitonga

Taman Wisata Alam Sicike-cike berada sekitar 21 kilometer dari Kota Sidikalang, tepatnya di Ds. Lae Hole, Kec. Parbuluan, Kab. Dairi, Sumatera Utara. Perjalanan  untuk sampai lokasi bisa menggunakan kendaraan umum yang rutin beroperasi setiap rabu dan sabtu.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan agar perjalanan menuju lokasi bisa lebih leluasa. Untuk tiket masuknya sejauh ini belum ada tarif resmi. Jam operasional dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore WIB.

7. Parhonasan

wisata di dairi
foto dari @ridhop1000

Parhonasan berada sekitar 19 kilometer dari pusat Kota Sidikalang, tepatnya di Desa Sempung Polling, Kec. Lae Parira, Kab. Dairi, Sumatera Utara. Untuk tiket masuknya sejauh ini belum ada info resmi. Jam operasional dari dari pukul 8 pagi sampai pukul 6 petang WIB.

Parhonasan ini menyugugkan aneka macam kuliner yang mana menu utamanya yaitu buah nenas atau buah nanas. Tempat ini salah satu rekomendasi tempat wisata keluarga yang asik dan nyaman. Disini juga terdapat sejumlah spot foto instagramable.

8. Letter Z

wisata di dairi
foto dari @earysavaa

Leter Z berada sekitar 13 kilometer dari pusat kota Sidikalang, tepatnya di kilometer 12, Ds. Pangaribuan, Kec. Siempat Nempu Hulu, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Untuk tiket masuknya Rp 10 ribu per orang. Jam operasional dari pukul 8 pagi sampai pukul 8 malam WIB.

Leter Z ini merupakan objek wisata yang menawarkan pemandangan alam ala bebukitan. Disini terdapat bukit yang ditanami buah naga, taman, spot foto, dan tempat istirahat. Tempat ini bisa jadi alternatif tempat liburan asyik di Dairi.

9. Letter S

wisata di dairi
foto dari @nelvasihombink

Letter S berada sekitar 10 kilometer dari Pusat Kota Sidikalang, tepatnya di Jl. Sidikalang – Medan, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Jam operasionalnya 24 jam. Harap berhati-hati karena jalanan menuju lokasi berkelok dan sedikit naik-turun.

Tempat ini bisa menjadi alterntif untuk beristirahat bagi yang melintasi arah jalan Sidikalang-Medan. Disini, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang indah yang cocok untuk foto-foto. Selain itu, disini juga terdapat sejumlah warung buat para pengunjung yang ingin istirahat dan makan.

10. Rumah Adat Pakpak

wisata di dairi
gambar via berbol.co

Rumah Adat Pakpak juga jadi salah satu destinasi wisata di Dairi yang patut untuk kamu tengok keindahannya. Rumah Adat Pakpak ini cocok untuk kamu yang suka dengan wisata budaya.

Rumah Adat Pakpak imemiliki desain khas. Bangunan yang didominasi kayu dan ijuk menjadi warisan budaya Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

Nah, itulah rekomendasi 10 objek wisata di Dairi yang bisa kamu masukan dalam daftar destinasi liburanmu. Untuk mengetahui info lengkap wisata Dairi dan hal-lainnya seputar Dairi, kamu bisa langsung kepoin website visitdairi.com.

Yuk agendakan liburan ke Dairi bersama orang-orang terkasihmu yuk. Tapi tetap ingat untuk selalu menjaga kebershihan, kelestarian dan keindahan alam sekitar. Karena ini sedang pandemi, jangan lupa juga untuk selalu menjaga protokol kesehatan.