in

16 Wisata di Brebes Terbaru dan Hits yang Instagramable

foto dari @wenipbrynsah

Wisata di Brebes begitu beragam, mulai dari wisata alam, wisata bukit, wisata air, wisata budaya, wisata selfie, wisata kuliner, dan wisata lainnya. 

Ngadem.com – Berlibur dengan mengunjungi tempat-tempat yang menyuguhkan panorama alam mampu memberikan energi positif. Hal ini tentunya cocok untuk kamu yang sering ditindih jenuh, stres, juga galau.

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena Indonesia juga memiliki banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi. Yup, deretan tempat wisata di Indonesia siap membantu menyegarkan pikiranmu dengan segala pesonanya yang sungguh memikat hati.

Nah, salah satu destinasi liburan yang bisa kamu explore keindahan wisatanya yaitu Jawa Tengah, lebih tepatnya di kawasan Brebes. Perlu kamu tahu, Brebes juga menawarkan deretan wisata yang pesonanya tidak kalah eksotis dengan Magelang maupun Semarang.

Baca juga: Kuliner di Brebes yang Siap Memanjakan Lidahmu

Berikut Ini Deretan Wisata di Brebes yang Patut Kamu Kunjungi

Brebes sendiri merupakan Kabupaten terluas ke-2 di Jawa Tengah setelah Kab. Cilacap. Sebagai Kota penghasil bawang merah dan telur asin, Brebes juga memiliki potensi wisata alam yang melimpah. Hal tersebut terbukti dengan munculnya sejumlah spot wisata baru yang  instagramable nan kekinian.

Nah, buat kamu yang sedang  berada di Brebes, berikut ini deretan wisata di Brebes yang bisa kamu kunjungi. Simak ya!

1. Puncak Sakub

wisata di brebes
foto dari @danitrioni06

Memiliki ketinggian sekitar 2050 mdpl, Puncak Sakub menyuguhkan harmonisasi eksotis antara gunung Slamet dan hamparan kebun teh. Tempat ini jadi salah satu spot terbaik untuk menikmati pesona sunrise dan sunset di Brebes. Udara disini juga sangat sejuk.

Menariknya lagi, terdapat sejumlah spot instagramable untuk para pengunjung yang hobby selfie. Tempat ini cocok untuk kamu yang sejenak ingin melarikan diri dari riuhnya suasana perkotaan maupun padatnya deadline pekerjaan.

Puncak Sakub berada di Kawasan perkebunan teh Kaligua atau sekitar 75 kilo meter dari pusat kota Brebes, tepatnya di Ds. Pandansari, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya Rp 5 ribu per orang.

2. Bukit Panenjoan

wisata di brebes
foto dari @taufik_ao

Bukit Panenjoan menyuguhkan panorama alam hijau yang sungguh memukau. Cocok untuk kamu yang sedang ingin relaksasi dan menenangkan diri dari bebagai hal yang membuat jenuh dan stres.

Disini juga terdapat sejumlah spot foto kekinian untuk para pecandu selfie. Bukit Panenjoan ini juga jadi salah satu spot terbaik di Brebes untuk menyaksikan panorama sunset maupun sunrise.

Lokasi Bukit Panenjoan ini berada di sekitar 60 kilometer dari pusat kota Brebes, tepatnya di  Dukuh Babakan, Ds. Wanoja, Kec. Salem, Kab. Brebes, Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya Rp 5 ribu per orang. Jam operasional 24 jam.

Baca juga: Satu Lagi Wisata Baru nan Kece di Brebes: Bukit Panenjoan

3. Kalibaya Park

wisata di brebes
foto dari @priyo_s

Di awal kemunculannya tahun 2016 lalu, Kalibaya Park ini berhasil memikat banyak wisatawan dengan sajian pesonanya alamnya yang menakjubkan. Tempat ini juga jadi salah satu spot terbaik di Brebes untuk menyaksikan sunrise maupun sunset.

Sama seperti objek wisata Puncak Sakub dan Bukit Panenjoan, di Kalibaya Park ini juga terdapat sejumlah spot foto kekinian, cocok untuk para wisatawan yang memang suka selfie dengan latar pemandangan alam.

Buat yang mau berkunjung ke Kalibaya Park lokasinya berada sekitar 60 kilometer dari pusat kota Brebes, tepatnya di Ds. Pasir Panjang, Kec. Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya Rp 5 ribu per orang. Jam operasional dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

4. Bukit Dadablangan Cawiri

wisata di brebes
foto dari @shanitajr_

Bukit Dadablangan Cawiri juga salah satu objek wisata yang recomended untuk kamu kunjungi di Brebes. Berada disini, kamu akan dimanjakan oleh hamparan waduk Malahayu, deretan bebukitan dan juga pepohonan hijau yang bisa kamu nikmati dari ketinggian.

Disini terdapat gazebo atau saung yang bisa kamu gunakan untuk santai-santai maupun makan-makan sembari menikmati pemandangan sekitar yang begitu menyegarkan. Buat kamu yang suka selfie, disini juga terdapat sejumlah spot foto instagenik.

Lokasi Bukit Dadablangan Cawiri ini berada sekitar 48 kilometer dari pusat Kota Brebes, tepatnya di Malahayu, Kec. Banjarharjo, Kab. Brebes, Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya Rp 10 ribu per motor. Jam operasional dari pukul setengah 8 pagi sampai pukul 4 sore.

5. Bukit Baper

wisata di brebes
foto dari @youdee_fa

 

Bukit yang memiliki ketinggian sekitar 1200 mdpl ini menyuguhkan landscape ciamik antara kota Tegal-Brebes, perbukitan, pepohonan hijau dan hamparan persawahan. Pada waktu-waktu tertentu, kawasan ini juga akan diselimuti kabut tipis yang sungguh puitis.

Selain menawarkan landscape yang menawan, disini juga terdapat spot selfie, spot camping dan spot hiking untuk para pendaki pemula. Udara disini juga sangat sejuk sehingga cocok untuk kamu yang sedang ingin relaksasi maupun menenangkan diri.

Lokasi Bukit Baper berada di sekitar 60 kilometer dari pusat kota Brebes, tepatnya di Ds. Batursari, Kec. Sirampog, Kab. Brebes, Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya Rp10 ribu per orang. Jam operasional dari pukul 7 pagi hingga pukul setengah 6 sore.

Baca juga: Weekend Asyik di Bukit Baper, Tempat Wisata Baru di Brebes

6. Bukit Tukung

wisata di brebes
foto dari @wenipbrynsah

Bukit Tukung atau dikenal juga dengan nama bukit AADT ini merupakan  salah satu objek wisata di Brebes yang menawarkan pemandangan khas bebukitan yang eksotis dan memukau. Udara disini juga sangat sejuk sehingga cocok untuk kamu yang sedang ingin mencari udara segar.

Selain pemandangannya yang begitu indah, disini juga terdapat sejumlah spot instagramable yang bisa kamu ajak foto, seperti: spot tangan raksasa, spot sarang burung, spot gardu pandang, spot love, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bukit ini juga cocok untuk kamu yang suka treking.

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Bukit Tukung lokasinya berada di lereng gunung Slamet atau sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Brebes, tepatnya di bukit AADT Dukuh Kasa, Ds. Batursari, Kec. Sirampog, Brebes, Jawa Tengah. Untuk Tiket masuknya Rp 5 ribu per orang.

7. Bukit Gerdesy

wisata di brebes
foto dari @fziraxx__

Bukit yang memiliki ketinggian sekitar 1500 mdpl ini menawarkan landscape kota Bumiayu dan  alam hijau yang begitu menyegarkan. Udara disini juga sangat sejuk, cocok untuk kamu yang sedang ingin menyegarkan pikiran.

Buat kamu yang ingin berkunjung kesini, lokasinya berada sekitar 67 kilometer dari pusat kota Brebes, tepatnya di Ds. Kedungoleng, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah. Tiket masuknya Rp 5 ribu untuk orang dewasa dan Rp 2 ribu untuk anak-anak.

8. Pabrik Gula Jatibarang

pabrik gula jatibarang
foto dari @hsnl_jung14

Sejak berhenti beroperasi tahun 2017 lalu, kini Pabrik Gula Jatibarang bertransformasi menjadi wisata selfie yang instagramable dan sukses viral di jagat media sosial. Banyak para milenial yang rela datang jauh-jauh untuk bisa foto-foto disini.

Bahkan, tak sedikit juga para pasangan yang akan melangsungkan pernikahan membuat foto prewedding di sini.  Tempatnya memang unik dan fotogenik banget khas bangunan Belanda.  Tempat ini juga cocok untuk wisata edukasi.

Lokasi Pabrik Gula Jatibarang ini berada sekitar 13 kilometer dari pusat kota Brebes, tepatnya di Jl. Raya Tim. No.1, Penumbukan, Jatibarang Kidul, Kec. Jatibarang, Kab Brebes, Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya Rp 5 ribu per orang. Jam operasional 24 jam.

9. Kebon Gedhang

wisata di brebes
foto dari @kebongedhang

Kebon Gedhang ini merupakan wisata selfie yang lokasinya berada satu kawasan dengan Kampung Alang-alang. Disini, kamu akan dimanjakan oleh hamparan bunga Celosia yang berwarna-warni, spot foto kincir angin ala negeri Belanda, spot sepeda antik, ayunan dan juga kursiaman yang begitu instagenik.

Kebon Gedhang ini bisa menjadi tempat liburan alternatif kamu di Brebes. Disini juga ada Kampung Nobita yang kental dengan nuansa Jepang. Tempat ini sering dijadikan spot nongkrong para milenial  Jika lapar, kamu bisa langsung memesan makanan di kampung Alang-alang maupun kampung Nobita.

Lokasi Kebon Gedhang berada sekitar 28 kilometer dari pusat kota Brebes, tepatnya di Kebon Gedhang, Jl. Raya Slamet Riyadi, Kubangpari Satu, Kubangpari, Kec. Kersana, Kab. Brebes, Jawa Tengah. Tiket masuk Rp 3 ribu.

10. Agro Wisata Kaligua

wisata di brebes
foto dari @meilianadita

Siapa yang tidak tahu Kaligua, salah satu objek wisata populer di Brebes ini memang selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Menawarkan pemandangan alam hijau, hamparan kebun teh yang luas dan udara yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Selain pemandangan alamnya yang indah nan menyegarkan, Kaligua juga seringkali dimanfaatkan sebagai spot camping. Ada juga spot selfie, area kebun Strawberry, Kaligua Bike Park, Sewa kostum, dan masih banyak lain yang lainnya.

Lokasi Agro Wisata Kaligua berada sekitar 60 kilometer dari pusat kota Brebes, tepatnya di  Jl. Paguyangan, Grengseng, Ds. Taraban, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah. Tiket masuk Rp20.000/orang, belum termasuk wahana lainnya maupun sewa kostum. Jam operasional dari pukul 10 pagi hingga pukul 3 sore.

11. Wisata Mangrove Pandansari

wisata di brebes
foto dari @enur_nurmala

Mangrove Pandansari menawarkan sejumlah spot menarik, seperti spot trekking, spot taman Kupu-kupu, spot taman burung, konservasi Kepiting Soka, dan spot selfie. Menariknya lagi, untuk sampai lokasi wisata, kamu akan dibawa menyeberangi lautan menggunakan perahu.

Wisata Mangrove Pandansari ini juga pernah mendapat penghargaan Kalpataru dari pemerintah sebagai tahun 2017 lalu yang diberikan langsung oleh Bapak Jokowi selaku Presiden Indonesia.

Lokasi Wisata Mangrove Pandansari berada di sekitar 14 kilometer dari pusat kota Brebes, tepatnya di Dukuh Pandansari, Kaliwlingi, Kota Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah. Tiket masuk Rp20.000/orang untuk hari biasa dan Rp 25.000/orang untuk akhir pekan.  Jam operasional dari pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore.

12. Waduk Malahayu

waduk malahayu
foto dari @sahla_25

Wisata Waduk Malahayu ini merupakan peninggalan kolonial Belanda yang menyuguhkan panorama pegunungan dan hamparan hutan jati yang begitu indah. Tak ingin ketinggalan zaman, kini Waduk Malahayu pun kini menyediakan berbagai spot foto instagramable.

Beberapa spot foto yang bisa kamu jumpai disini yaitu spot Taman Pelangi ini dan taman bunga. Selain sebagai tempat rekreasi, waduk Malahayu ini juga difungsikan sebagai sarana untuk pengontrol banjir dan sarana irigasi.

Waduk Malahayu terletak sekitar 45 kilometer dari pusat kota Brebes, tepatnya di desa Malahayu, Kec. Banjarharjo, kab. Brebes, Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya Rp 5 ribu per orang. Jam operasional 24 jam.

13. Waduk Penjalin

waduk penjalin
foto dari @krisniiaaa

Selain Waduk Malahayu, ada juga Waduk Penjalin yang juga menawarkan hamparan danau, pegunungan  dan pepohonan hijau. Tak beda jauh dari Waduk Malahayu, Waduk Penjalin juga merupakan peninggalan Kolonial Belanda yang  te;aga rdibangun tahun 1930.

Disini juga terdapat sejumlah spot selfie instagramable dan perahu. Udaranya juga sejuk karena lokasinya berada di kawasan pegunungan. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin relaksasi.

Lokasi Waduk Penjalin berada di sekitar 70 kilometer dari pusat kota Brebes, tepatnya di, Karang Sempu, Ds. Winduaji, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya sejauh ini belum ada tarif khusus, jadi kamu bisa bayar seikhlasnya. Jam operasional 24 jam.

Baca juga: Ranto Canyon: Spot Hits di Brebes yang Asik Banget Buat Ngadem

14. Curug Cantel

wisata di brebes
foto dari @desiayuf_05

Curug yang memiliki ketinggian sekitar 60 meter ini menawarkan pesona air terjun dan pemandangan alam hijau yang masih terasa alami. Ditambah lagi udaranya yang sejuk karena memang lokasinya berada dekat dengan kawasan pegunungan.

Curug Cantel cocok untuk kamu yang sedang ingin menjauh dari keriuhan kota dan menyegarkan diri. Lokasinya berada di perbatasan Tegal dan Brebes, tepatnya di Jl. Raya Kalipedes, Sigedong, Kec. Bumijawa, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Curug Cantel tiket masuknya Rp8 ribu per orang, parkir Rp 2 ribu per motor dan Rp 5 ribu per mobil. Jam operasional dari pukul setengah 9 pagi sampai pukul 4 sore.

15. Telaga Ranjeng

wisata di brebes
foto dari @_ayrssm

Objek wisata di Brebes berikutnya yang recomended untuk masuk list liburan kamu yaitu Cagar Alam Telaga Ranjeng. Objek wisata yang sarat budaya ini dikenal dengan misteri ikan raksasanya. Konon, ikan raksasa tersebut berukuran sebesar rumah.

Terlepas dari cerita mistisnya, objek wisata Telaga Ranjeng ini menawarkan pemandangan alam yang begitu menyegarkan dan menawan. Tempat ini cocok untuk destinasi liburan kamu saat akhir pekan.

Lokasi Telaga Ranjeng berada di sekitar 70 kilometer dari pusat kota Brebes, tepatnya di Ds.  Pandansari, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya Rp 5 ribu per orang. Jam operasionalnya 24 jam.

16. Gunung Gora

wisata di brebes
foto dari @mt.gora

Buat yang suka trekking dan camping, kamu bisa berkunjung ke Gunung Gora. Gunung yang memiliki ketinggian 768 mdpl ini cocok untuk para pendaki pemula karena jalurnya pun tidak terlalu terjal.

Pemandangan disini begitu indah dan eksotis, pun udaranya juga menyejukkan khas pegunungan. Gunung Gora ini pun jadi salah satu spot terbaik untuk menikmati pesona sunrise.

Buat kamu yang ingin merasakan camping di Gunung Gora lokasinya berada sekitar 50 kilometer dari pusat kota Brebes, tepatnya di Ds. Penanggapan, Kec. Banjarharjo, Kab. Brebes, Jawa Tengah. Tiket masuknya Rp5 ribu per orang.

Nah, itulah rekomendasi 16 objek wisata di Brebes yang bisa kamu masukan dalam daftar liburan kamu. Yuk agendakan liburan kamu di Brebes yuk.

Selain objek wisata di atas, ada juga sejumlah objek wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi di Brebes, seperti: Pantai Randusanga, Curug Putri, Ciblon Waterboom, dan Candi Pangkuan.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini: 8 Tempat Wisata Brebes Yang Bisa Kamu Kunjungi Kapan Saja

Karena pandemi covid-19 masih belum mereda, jangan lupa untuk patuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak aman. :)