in ,

Ranto Canyon: Spot Hits di Brebes yang Asik Banget Buat Ngadem

Ngadem.com – Brebes selalu diidentikan dengan telur asin dan bawang merah. Wilayah yang berada di kawasan pantura ini memang salah satu penghasil telur asin dan bawang terbesar di Indonesia. Satu lagi ciri khas dari Brebes adalah bahasa ngapaknya. Meski mayoritas penduduk Brebes berbahasa ngapak, namun ada juga sebagian wilayahnya yang menggunakan bahasa sunda karena letak wilayah Brebes berbatasan dengan wilayah Jawa Barat.

Jika kamu berkunjung ke Brebes, mungkin hal yang kamu rasakan adalah hawa panasnya. Ya, Brebes memang panas. Tapi bukan berarti Brebes tak memiliki tempat yang memiliki hawa sejuk. Jika kamu bergeser ke wilayah Brebes bagian selatan, maka kamu akan menemukan tempat sejuk. Obyek wisata Kebun Teh Kaligua, contohnya. Bagimana tidak sejuk, lokasinya memang berada di dataran tinggi. Wilayah Brebes bagian selatan memang didominasi oleh dataran tinggi. Tak heran bila hawa di sini sejuk dan menyegarkan sekali. Kaligua cocok sekali untuk kamu yang ingin mencari tempat buat ngadem di Brebes.

Selain Obyek wisata Kaligua, ada tempat ngadem asik lainnya yang lagi hits banget dikalangan anak muda Brebes dan sekitarnya. Ya, obyek wisata Ranto Canyon. Ranto Canyon ini terletak di Dsa. Winduasri, Kec. Salem, Kab. Brebes, Jawa Tengah. Memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota.

Ranto  Canyon yang biasa disebut Leuwih Ranto oleh warga sekitar awalnya merupakan sebuah sungai yang terletak di bawah tebing-tebing terjal setinggi 10-20 m yang mengapit air terjun. Karena kontur alamnya menyerupai dengan Grand Canyon Amerika, maka munculah nama Ranto Canyon untuk kawasan tersebut.

Ranto Canyon merupakan obyek wisata yang menawarkan sensasi alam ala Grand Canyon. Seperti aliran sungai jernih sepanjang 769 m, tebing-tebing yang memiliki tinggi rata-rata 10-20 m, bebatuan dan air terjun yang bergemericik bak tirai hujan. Di sini, kamu bisa bermain air sepuasnya sampai penat dan letihmu hilang. Seperti Grand Canyon, Ranto Canyon pun asik untuk olahraga  arum jeram (Rafting). Buat warga Brebes dan sekitarnya yang menyukai olahraga arum jeram, Ranto Canyon bisa menjadi pilihan.


Baca juga:

8 Tempat Wisata Brebes Yang Bisa Kamu Kunjungi Kapan Saja

Ke Brebes Tapi Ndak Icip-icip Kuliner Ini? Aja lah ya…


Harga Tiket

Untuk bisa menikmati kawasan ini, kamu tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Buat kamu yang tertarik dengan arum jeram, kamu bisa menyewa perlengkapan arum jeram yang dihargai Rp. 30.000/orang lengkap dengan pemandu.

Akses dan Rute Menuju Lokasi

Rute menuju lokasi hanya bisa dilalui oleh kendaraan pribadi yang memakan waktu kurang lebih 2 jam dari pusat Brebes. Perjalanan kamu menuju lokasi akan disambut hijaunya persawahan dan hawa sejuk yang mendamaikan. Sesampainya di pintu masuk kawasan Ranto Canyon, kamu harus berjalan lagi melalui jalan setapak sepanjang 200 m. Setelah itu, barulah kamu bisa menikmati keasrian dan kesejukan khas pegunungan di Ranto Canyon.

Nah, untuk rutenya, jika kamu sudah memasuki kawasan Brebes, kamu bisa melanjutkan perjalananmu ke arah Salem. Setelah sampai di Salem, lanjutkan lagi perjalananmu menuju kawasan obyek wisata Ranto Canyon. Bila masih bingung, kamu bisa bertanya ke orang-orang setempat arah menuju Ranto Canyon. Atau, kamu bisa menggunakan jasa aplikasi google map.

ranto canyon foto dari @reza.zaenulm

Hal-hal Asik yang Bisa Kamu Lakukan di Ranto Canyon

[list icon=”fa-check”]

  • Seru-seruan dengan olahraga arum jeram (rafting). Arum jeram (rafting) melatih keberanian, kecepatan, kekuatan dan juga merekatkan kebersamaan.
  • Mainan air sampai puas bersama teman-teman. Tubuh segar, jiwa hati dan pikiran pun senang.
  • Selfie cantik dengan landscape air terjun yang diapit dua tebing terjal.

[/list]

Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan

[list icon=”fa-check”]

  • Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima. Bukan hanya kondisi kendaraan, pastikan tubuhmu juga dalam keadaan prima.
  • Bawa baju ganti buat kamu yang ingin basah-basahan atau mandi.
  • Pastikan batre ponsel dan kamera sudah penuh. Jangan sampai kamu tidak mengabadikan moment hanya karena batre ponsel atau kamera habis.
  • Bawa bekal secukupnya untuk pengganjal perut selama perjalanan.
  • Jangan buang sampah sembarang! Jangan merusak keindahan alam sekitar!

[/list]

Ya, itu dia Ranto Canyon kecenya mampu membuat siapapun saja tergila-gila. Obyek wisata Brebes yang lagi hits banget dikalangan anak muda Pantura ini cocok sekali buat kamu yang ingin mencari tempat adem di Brebes. Maaf kalau ada kesalahan dalam menyampaikan informasi, jika ingin membenarkan, silahkan tambahkan di kolom komentar. Btw, selamat jalan-jalan. Semoga harimu menyenangkan.

(Foto featured dari @reza.zaenulm)

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.