in

Vaksin Sinochem Tiba di Indonesia, Simak Fakta-faktanya!

Foto dari republika.com

Vaksin Sinochem dikenal juga dengan nama Vaksin Sinovac. Vaksin berasal dari China ini dianggap ampuh untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus covid-19.

Ngadem.com – Sudah menginjak bulan ke-9 sejak virus covid-19 masuk ke Indonesia bulan Maret lalu. Sejak saat itu, Indonesia berjuang melawan virus ini. Banyak yang gugur karena terjangkit virus ini, namun banyak juga yang sembuh dan kembali sehat.

Di tengah pandemi yang belum juga mereda, pemerintah mewacanakan akan kembali membuka sejumlah sekolah maupun perguruan tinggi Januari 2021 mendatang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Tak sedikit orang yang justru merasa was-was dengan kembali aktifnya belajar tatap muka, terlebih lagi bagi para orang tua anak-anak SD (Sekolah Dasar) yang mana para anak-anak terkadang masih belum paham betul seberapa ganasnya virus covid-19.

Pemerintah pun paham betul atas keresahan para orang tua. Oleh karena itu, Pemerintah terus berusaha menekan penyebaran virus, diantaranya dengan menjaga protokol kesehatan dan penggunaan vaksin. Seperti yang kita tahu, baru-baru ini Indonesia telah kedatangan vaksin Sinochem dari China.

Kedatangan vaksin asal China ini memang semacam angin segar dalam upaya memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Namun, tak sedikit juga yang tetap masih merasa was-was. Sebab, untuk pendistribusiannya serta efektivitasnya tentu memakan waktu agar bisa dirasakan oleh khalayak luas.

vaksin sinochem
Foto dari bbc.com

Jadi, Apa Itu Vaksin Sinochem?

Vaksin Sinochem ini dikenal juga dengan nama Vaksin Sinovac atau Coronavac. Vaksin dari China ini dianggap ampuh untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus covid-19 (SARS-CoV-2).

Perlu diketahui, vaksin bukanlah obat, melainkan zat aktif atau antigen yang terdapat pada bakteri atau virus, yang mana jika disuntikan akan menghasilkan reaksi sistem kekebalan pada tubuh guna melawan virus tersebut.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa memberikan vaksin pada tubuh atau vaksinasi adalah cara aman untuk melawan dan mengebalkan tubuh dari berbagai serangan virus. Nah, vaksin Sinovac ini dianggap aman dan ampuh untuk melawan virus Covid-19.

Beberapa Fakta Vaksin Sinochem yang Perlu Kamu Tahu

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa vaksin Sinochem ini dianggap aman dan ampuh untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Diantara kamu pasti masih ada yang bertanya-tanya keampuhan dari vaksin satu ini. So, berikut ini beberapa fakta vaksin Sinovac atau Sinochem yang perlu kamu tahu. Simak!

1. Sekitar 1,2 Juta Vaksin Tiba di Indonesia

Presiden Jokowi menginformasikan bahwa vaksin Sinovac ini sudah diuji klinis sejak bulan Agustus 2020 di Bandung. Sekitar 1,2 juta vaksin sudah diterima oleh Indonesia. Jokowi juga menginformasikan bahwa pemerintah masih mengupayakan sekitar 1,8 juta vaksin Sinovac untuk Januari 2021 mendatang.

2. Sekitar 40 Juta Dosis Bahan Baku Curah

Selain mendatangkan bahan baku vaksin Sinovac siap suntik, Presiden Jokowi kembali menginformasikan bahwa ada sekitar 45 juta dosis bahan baku curah yang akan datang dalam 2 gelombang. Gelombang pertama sekitar 15 dosis, dan gelombang kedua sekitar 30 dosis.

Bahan baku curah ini pun akan segera diproses lebih lanjut menjadi bahan baku siap pakai oleh BUMN produsen vaksin Indonesia yaitu Bio Farma.

3. Proses Uji BPOM

Vaksin Sinovac memang sudah tiba di Indoneaia, namun belum bisa langsung diaplikasikan ke khalayak luas. Untuk pendistribusian dan efektivitasnya, vaksin ini harus melalui proses uji BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) terlebih dahulu.

Pak Jokowi menyampaikan dengan tegas bahwa pendistribusian dan efektivitas vaksin sinovac ini harus melalui serangkaian prosedur ilmiah dengan baik dan benar guna menjamin kesehatan juga keselamatan masyarakat luas. Dari hasil uji klinis inilah yang akan menentukan kapan vaksinasi tersebut akan dimulai.

Nah, itulah beberapa fakta vaksin Sinochem atau Sinovac yang perlu kamu tahu. Semoga nanti saat belajar tatap muka sudah dikembali diberlakukan, vaksin ini sudah bisa dirasakan efektivitasnya oleh khalayak luas ya.