in

5 Okteber 1963: Film Seri Pertama James Bond Dirilis (Dr. No)

Ngadem.com – Pada tanggal 5 Okteber 1963, Dr. No, film series pertama James Bond ditayangkan di bioskop seluruh dunia. Dr. No sendiri adalah sebuah film tentang seorang mata-mata Inggris di tahun 1962. Dibintangi oleh Sean Connery dan diproduksi oleh Harry Saltzman dan Albert R. Broccoli, yang bermitra sampai tahun 1975.

Dalam film Dr. No, James Bond dikirim ke Jamaika untuk menyelidiki hilangnya seorang agen rahasia Inggris. Pencarian tersebut malah membawanya ke sarang bawah tanah Dr. No yang tengah merencanakan misi untuk menggagalkan peluncuran pesawat ruang angkasa Amerika dengan bom radio. Namun, rencana tersebut berhasil digagalkan Bond dengan meledakan sarang bawah tanah Dr. No.

Film Dr. No diproduksi dengan biaya yang rendah dan terbilang sukses dari segi finansial. Meskipun menuai banyak kritik, dari waktu ke waktu Dr. No berhasil menyabet gelar sebagai salah satu film seri terbaik. Meski pertama kalinya difilmkan, Dr. No bukanlah satu-satunya novel karangan Ian Fleming. Ada Casino Royale yang tayang beberapa tahun kemudian.

Pada tanggal 5 Oktober 2012, lima puluh tahun setelah Dr. No dirilis, Eon Productions (rumah film asal Inggris yang memproduksi seri film James Bond) merayakan hari James Bond dengan tagline “James Global Day” di seluruh dunia. Rangkaian acara ini berupa festival film dari pertunjukan film James Bond, pemutaran film dokumenter dari setiap seri, lelang online untuk amal dan acara puncak di Museum of Modern Art dan Toronto International Film Festival.

Sumber: 007.com, historyorb.com

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.