in ,

Banda Neira: Salah Satu Pulau Terindah di Bumi Milik Indonesia Timur

Pesona Laut Banda Neira Yang Biru via www.ku2h.com

Ngadem.com – Hampir seluruh dunia tahu, bahwa pulau-pulau di sebelah timur Indonesia memang memiliki pesona keindahan laut dan pantai yang menakjubkan. Dan saat mengunjungi tanah Maluku tentu saja tidak akan terasa lengkap bila tidak ke Pulau Banda Neira.  Ada banyak hal ajaib yang bisa kamu temui di di sini. Banda Neira memiliki panorama kota tua yang eksotis, di mana dulu merupakan pusat para saudagar kaya melakukan transaksi jual beli berupa rempah-rempah yang paling banyak dicari pada saat itu.

Alasan masuk akal kenapa kamu harus segera ke Banda Neira!

Ademnya Banda Neira via sahabatimajinasi.blogspot.com
Ademnya Banda Neira via sahabatimajinasi.blogspot.com

Tidak hanya soal sejarahnya saja Banda Neira terkenal, perairannya yang menyimpan kekayaan biota laut juga turut andil dalam masuknya pulau ini ke beberapa pulau terindah di bumi. Ya, selain itu, Banda Neira juga merupakan tempat yang sangat sempurna bagi para penyelam yang ingin melihat pesona bawah laut yang berbeda dari pulau-pulau di Indonesia. Tercatat terdapat lebih dari 300 jenis biota laut ada di pulau ini. Termasuk kerang purba, berbagai jenis gurita, udang laut, kepiting merah, penyu, dan terumbu karang yang hanya ada di Banda Neira. Memasuki kawasan pulau Banda Neira, kamu akan disuguhkan panorama laut yang berpadu dengan deburan ombak berbuih.

Hal ini tentu saja bisa membuat segala kepenatan hilang seketika. Ya, tidak di ragukan lagi, bahwa Banda Neira merupakan salah satu tempat terindah yang diciptakan Tuhan di bumi.

Baca Juga: Air Terjun Srambang, Eksotisme Wisata Alam Ala The Hobbit di Ngawi, Jawa Timur

Baca Juga: 10 Wisata Gunung Ikonik Yang Bisa Kamu Daki di Indonesia

Kisah Bung Hatta dan Sutan Syahrir di Banda Neira

Mutiara di Timur Indonesia via m.talkmen.com
Mutiara di Timur Indonesia via m.talkmen.com

Melihat Banda Neira, tentu saja kita tidak akan lepas dari sosok Bung Hatta dan Sutan Syahrir. Kedua tokoh penting Indonesia ini pernah merasakan pahitnya dibuang oleh Belanda di tahun 1936. Juga kerajaan VOC yang sebenarnya turut andli dalam pembangunan Banda Neira sebagai pusat perdagangan rempah-rempah pada zaman itu. Namun, dari banyaknya peristiwa kelam tersebut, kini Banda Neira menjadi obyek wisata yang sering di kunjungi wisatawan asing maupun domestik.

Baca Juga: Kenalkan! Pulau Bawean di Gresik, Jawa Timur: Destinasi Wisata Unggulan Pesaing Pulau Bali

Baca Juga: Perjalanan Ke Puncak Sikunir: Upaya Menjaring Golden Sunrise di Wonosobo, Jawa Tengah

Fasilitas yang ada di Banda Neira

Wisata Alam di Banda Neira via siskanurifah.wordpress.com
Wisata Alam di Banda Neira via siskanurifah.wordpress.com

Untuk ukuran sekelas obyek wisata laut, fasilitas yang ditawarkan Banda Neira memang lumayan lengkap. Ada banyak toko dan warung, toilet umum untuk mengganti pakaian, tempat beristirahat berupa pondok-pondok bambu, serta terdapat pula penginapan yang bisa kamu sewa dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa ber-snorkeling ria di pulau ini.

Kuliner yang bisa menggoyang lidahmu saat berada di Banda Neira

Rujak Bumbu Kacang via tmswlkr.wordpress.com
Rujak Bumbu Kacang via tmswlkr.wordpress.com

Kebanyakan jenis jajanan yang ada di Banda Neira berhubungan dengan laut. Tentu saja seafood adalah menu utama di setiap tempat makan di pulai ini. Ya, kamu bisa mencoba menu Ikan Kuah Pala Banda. Menu ini memiliki cita rasa yang khas berbau rempah-rempah. Dan rasanya yang gurh serta pedas manis akan membuatmu ingin kembali lagi ke banda Neira. Ikan yang digunakan merupakan ikan yang langsung di ambil dari laut. Jadi kamu tak perlu khawatir akan kesegaran ikannya. Biasanya menu ini di sajikan bersama lalapan urap serta ikan kakap merah, dan di tambah sambal bekasang khas pulau Banda.

Baca Juga: Taman Ismail Marzuki (TIM): Wisata Seni dan Budaya di Jakarta

Baca Juga: Ngadem di Air Terjun Silo Leter dan Watu Lumbung

Akses dan Transportasi menuju Banda Neira

Bandara di Banda Neira via travelistasia.com
Bandara di Banda Neira via travelistasia.com

Memang agak sulit untuk ke Banda Neira jika kamu berada di luar pulau. Namun janga takut, ada banyak rute yang bisa kamu ambil untuk mencapai Banda Neira. Jika kamu menggunakan jalur udara, kamu bisa transit di bandara Hasanuddin Makassar, atau Denpasar Bali yang dan transit lagi di Ujung Pandang, baru setelah itu ke bandara Pattimura, Ambon. Dari Ambon kamu harus naik pesawat lagi untuk benar-benar sampai di Banda Neira. Namun jika kamu ingin menggunakan jalur laut, kamu bisa menaiki kapal feri yang memang sudah disediakan oleh PT. PELNI. Jika dari Tanjung Perak, Surabaya, kamu akan berada di kapal selama 6 hari.

Baca Juga: Tempat Wisata Keren di Makassar ini Harus Masuk List Destinasimu!

Ya, demikianlah beberapa gambaran singkat mengenai salah satu pulau terindah di bumi, Banda Neira. Jika kamu berencana ke Banda Neira, akan lebih baik periksa jadwal keberangkatan pesawat dan kapal laut, sebab perubahan jadwal bisa terjadi kapan saja. Oh ya, menurut kami Banda Neira adalah tempat terbaik ketika kamu ingin melamar sang kekasih. Dijamin, pasanganmu pasti akan menganggukan kepala.

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.