in

10 Wisata Magelang Yang Membuatmu Yakin Jawa Tengah Itu Keren!

Ngadem.com – Magelang merupakan salah satu kabupaten dan kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah, Letaknya pun tak terlalu Jauh dari Yogyakarta. Di Magelang inilah terdapat candi sejarah yang begitu melagenda dan terkenal di seluruh penjuru dunia, yaitu Candi Borobudur. Selain candi Borobudur, terdapat juga wisata lain yang tak kalah menarik yang bisa kamu kunjungi saat tiba di Magelang. Apa aja itu? Yuk simak..

1. Awali Perjalanan Istimewamu Dengan Menikmati Udara Menyegarkan di Ketep Pass

Sumber gambar: www.njogja.com
Sumber gambar: www.njogja.com

Ketep Pass terletak Sawangan, Magelang, kurang lebih 21 km dari Mungkid. Pagi di Ketep Pass yang menyegarkan akan membawamu pada kedamaian lahir batin yang jarang kamu dapatkan di kota-kota yang kerap dipenuhi asap kendaraan. Selain udaranya yang menyegarkan dan ramah lingkungan, di Ketep pass kamu juga akan menjumpai pemandangan eksotis Gunung Merapi yang menjulang tinggi melalui gardu pandangnya yang berada pada ketinggian 120 mdpl, dari atas sini kamu akan disapa panorama yang begitu memukau dari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu juga hamparan hijau di lerengnya. Nah, bagi kamu yang ingin menambah wawasan tentang Merapi dan aktivitasnya, kamu juga bisa mengunjungi Museum Vulkanologi di kawasan ini.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Yogyakarta Yang Membuatmu Bahagia Lahir dan Batin

Baca juga: Menengok Pantai Sadranan: Tentang Snorkeling dan Hal-hal Lain Yang Membahagiaka

2. Dari Ketep Pass, Cobalah Untuk Mampir ke Air Terjun Kedung Kayang dan Curug Silawe

Sumber gambar: www.ardiyanta.com
Sumber gambar: www.ardiyanta.com

Air Terjun yang diberi nama Kedung Kayang ini memiliki ketinggian 40 meter, berada tepat di perbatasan antara Magelang dan Boyolali. Air terjun yang terletak di lereng Merapi ini memiliki panorama yang akan sayang sekali bila tak kamu kunjungi. Untuk mencapai ke titik air terjun, kamu akan dibawa menyusuri jalan setapak cukup curam yang diapit rimbunan pepohonan hijau. Udaranya yang dingin dan pemandangan alamnya yang hijau, akan membuat kamu enggan untuk cepat-cepat beranjak pergi dari sini.

Setelah menikmati pesona air Terjun Kedung Kayang, kamu bisa melanjutkan perjalananmu untuk menikmati lagi pesona curug Silawe yang berada di kaki gunung Sumbing (tepatnya di Dusun Kopeng Kulon, Ds. Sutopati, Kec. Kajoran, Kab. Magelang). Jalanannya yang kurang begitu mulus mungkin akan sedikit mengganggu moodbaster-mu, tapi tenang saja, semua akan sembuh setelah kamu tiba di loaksi.

3. Buat Kamu Yang Doyan Hiking, Bolehlah Main ke Gunung Andong

Sumber: ngadem.com
Sumber: ngadem.com

Gunung Andong yang berada diantara Ngablak dan Tlogorjo ini memiliki ketinggian 1726 mdpl. Gunung Andong ini juga menjadi salah satu anjuran gunung di Indonesia yang bisa dijajaki  bagi para pemula., selain itu medannya pun tak terlalu sulit. Hanya dengan waktu 1, 5 jam saja kamu sudah bisa mencapai titik puncak Andong. Saat weekend tiba, gunung yang ramah lingkungan ini kerap dijadikan dipenuhi pengunjung yang ingin bercamping ria. Dan di sini, kamu bisa menjumpai sunrise cantik yang akan membuat mata kamu enggan untuk berkedip. Selain Gunung Andong, kamu juga bisa menikmati sunrise di pethuk Setumbu yang letaknya di Dusun Kerahan, Ds. Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang. Nah, pulang dari Gunung Andong, kamu bisa mampir sebentar untuk menikmati perciakan air terjun sekar langit yang letaknya tepat berada di kaki gunung Andong (Kec. Grabag, Kab. Magelang).

Baca Juga; Wisata Ke Gunung Andong Magelang: Hiking Asik Tanpa Bikin Pening

4. Waktunya Merenggangkan Otot-otot di Pemandian Air Panas Candi Umbul

Sumber: negeriangin-negeriangin.blogspot.com
Sumber: negeriangin-negeriangin.blogspot.com

Perjalanan melahkan pastinya menyisakan rasa pegal-pegal di badan, konon  berendam air panas di bisa membantu merenggangkan otot yang membuat badan terasa pegal-pegal. Nah, Magelang juga punya pemandian air panas, namanya adalah pemandian air panas candi Umbul. Pemandian air panas menikmati berendam air panas di Pemandian Candi Umbul. Tahu kah kamu? Pemandian ini merupakan situs purbakala yang sudah ada sejak zaman Wangsa Syailendra. Coba saja datang kesini, selain menyembuhkan badan kamu yang pegal-pegal, harga tiketnya pun sangat terjangkau.

5. Setelah Puas Bermain Air, Lanjut ke Situs Sejarahnya, yuk…

Sumber: www.dolan-dolan.net
Sumber: www.dolan-dolan.net

Pertama, Candi Borobudur merupakan sebuah situs sejarah yang memiliki nilai seni tinggi serta struktur bangunannya yang begitu mengagumkan. Wisata Magelang yang satu ini menjadi salah satu landmark populer di dunia internasional, dan dinyatakan sebagai World Heritage Sites oleh UNESCO. Kedua, Candi Mendut berada di Ds. Mendut, Kec. Mungkid, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya 3 km dari Candi Barabudhur, dan 38 km (arah barat laut dari Yogyakarta. Ketiga, Candi Pawon berada di Desa Borobudur, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Prov. Jawa Tengah, atau  kira-kira 2 km Candi Barabudhur dan 1 km dari Candi Mendut. Keempat, Candi Ngawen merupakan candi berlatar belakang Budha yang berlokasi di Ds. Ngawen, Kec. Muntilan, Kab. Magelang, Prop. Jawa Tengah, atau sekitar 5 Km (sebelum) Candi Mendut. Terakhir, Candi Selogriyo berlokasi di dusun Rejo, ds. Kembang Kuning, kec. Windusari, Magelang. Medannya yang cukup sulit menjadikan situs sejarah yang satu ini tak begitu dilirik banyak wisatawan, padahal candi Selogriyo yang letaknya di atas bukit ini juga memiliki keindahan yang tak kalah cantik dan keunikan tersendiri dibanding dengan candi-candi lainnya.

Baca juga: Tentang Kotagede Dan Hal-hal Keren Yang Ada di Dalamnya

Baca juga: Main Kejar-kejaran Sama Sunset di Candi Abang, Berbah

6. Puas Dengan Situs Sejarahnya, Silahkan Mampir ke Rumah Kamera

Sumber: wawasan.co
Sumber: wawasan.co

Rumah Kamera ini berlokasi kira-kira 1 km dari wisata sejarah Candi Borobudur, atau di Ds. Majaksingim, Kec. Borobudur. Bentuknya yang unik (menyerupai bentuk kamera DSLR) menjadikan tempat wisata yang satu ini begitu digandrungi para remaja bahkan orangtua. Meskipun namanya Rumah Kamera, namun bangunan ini bukan merupakan gelari foto-foto, melainkan galeri lukisan-lukisan milik seorang seniman  bernama Tanggol Angien Jatikusumo. Galeri lukisan yang unik sekali bukan? Cobalah datang.

7. Buat Kamu yang Ingin Menghabiskan Waktu Liburan Bareng Keluarga, Taman Kyai Langgeng dan Taman Badaan Bisa Jadi Pilihan Tepat

Sumber: www.magelangonline.com
Sumber: www.magelangonline.com

Taman Kyai Langgeng merupakan lokasi wisata yang pas untuk kamu habiskan bersama keluarga. Banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di sini, seperti patung-patung dinosaurus, aneka ragam tanaman langka, prototipe pesawat terbang, sampai berbagai macam wahana permainan. Selain itu, di sini juga terdapat perpustakaan dan berbagai atraksi kesenian dari berbagai daerah. Udaranya segar dengan dipadu pepohonan hijau menjadikan wisata yang satu ini ramai dikunjungi anggota keluarga yang liburannya tak ingin berakhir sia-sia.

Sementara untuk Taman Badaan itu sendiri berlokasi di Jln. Pahlawan. Wisata Taman Badaan ini juga merupakan taman yang kerap ramai oleh pengunjung setelah taman Kyai Langgeng. Bedanya, Taman Badaan taman yang dikhususkan untuk anak-anak, berbagai fasilitas yang ada di dalamnya yaitu patung gajah, patung jerapah, dan beberapa hewan lainnya.

8. Liburan ke Magelang Rasanya Kurang Lengkap Kalau Belum Berkunjung ke Desa Wisatanya

Sumber: www.magelangonline.com
Sumber: www.magelangonline.com

Desa Wisata tersebut berada di Candirejo di Kec. Borobudur. Berkunjung ke sini, kamu akan disambut dengan senyum manis dan keramah-tamahan penduduknya yang masih sangat kental dengan kehidupan ala-ala masyarakat Jawa tradisional. Selain dapat menikmati suasana pedesaan yang begitu menententramkan, kamu juga dapat menjumpai berbagai macam tradisi lokal di desa wisata tersebut, seperti sedekah bumi, Nyadran, kesenian jathilan, kubrosiswo dan berbagai industri rumah tangga seperti kerajinan bambu juga pandan.

Baca juga: Ke Brebes Tapi Ndak Icip-icip Kuliner Ini? Aja lah ya…

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Jogja Yang Keren Untuk Selfie

9. Tutup Perjalananmu Dengan Nongkrong Asik di Alun-alun Magelang

Sumber: www.magelangonline.com
Sumber: www.magelangonline.com

Alun-alun Magelang yang menjadi landmark kebanggaan masyarakat Magelang ini selalu ramai oleh pengungjung, baik warga dalam derah maupun warga dari luar daerah. Memasuki kawsan ini kamu akan disambut oleh patung Pangeran Diponegoro yang dengan gagahnya menaiki kuda kesayangannya. Alun-Alun Kota Magelang ini merupakan kawasan yang populer di kalangan anak muda maunpun keluarga. Alun-Alun Kota Magelang menjadi lokasi wisata kuliner sampai dengan wisata belanja.

10. Eittt, Tunggu Dulu. Sebelum Pulang, Beli Oleh-Oleh Di Pecinan

Sumber: www.dolan-dolan.net
Sumber: www.dolan-dolan.net

Kalau Yogyakarta punya Malioboro sebagai wisata belanjanya, Magelang juga punya tempat wisata belanja yaitu Pecinan. Di pecinan kamu bisa berbelanja sepuas hati, baik belanja untuk diri sendiri ataupun oleh-oleh untuk orang-orang terdekat. Wisata belanja ini berlokasi di jalan pemuda, Pecinan. Pecinan ini mernjadi pusat niaga yang ada di Magelang, oleh karena itu tak heran jika banyak orang kebanyakan menyebut wisata belanja Pecinan ini sebagai Malioboronya Magelang.

Nah, itu dia 10 daya tarik wisata Magelang yang bisa kamu kunjungi tanpa perlu pikir panjang. Semoga bermanfaat dan selamat berjalan-jalan. Btw, hati-hati di jalan ya…

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.