in

Nih, 7 Tempat Ngabuburit Paling Populer di Jogja!

Ngadem.com – Tradisi yang tak pernah ditinggalkan oleh umat muslim yang berpuasa adalah fenomena buka bersama. Bermula dari buka bersama di masjid hingga menjamurnya aktivitas ngabuburit di berbagai pusat kuliner di setiap pelosok kota. Buka puasa bersama seperti menjadi ajang reuni, diskusi, ngumpul bareng, nongkrong dan lainnya sebagainya. Nah, buat kamu yang stay di Yogyakarta, di bawah ini adalah beberpa tempat ngabuburit paling populer di Yogyakarta yang bisa kamu datangi kapan aja. Yuk simak.

1. Kawasan Lembah UGM Yang Mendamaikan

Sumber: bondanprihastomo.wordpress.com
Sumber gambar: bondanprihastomo.wordpress.com

Kawasan lembah UGM menjadi salah satu lokasi kuliner ramadhan yang selalu ramai didatangi para ngabuburiter’s, selain itu lokasinya juga strategis dan mudah dijangkau. Berbagai macam aneka cemilan dan makanan berbuka puasa bisa didapatkan di sini dengan harga yang relatif ekonomis. Lokasinya yang bersih dan dekat dengan masjid agung UGM ini tentunya memberi keuntungan bagi kamu yang tengah menanti waktu berbuka di tempat ini, karena selepas berbuka kamu bisa langsung menjalankan ibadah solat maghrib di dalam masjid tersebut tanpa perlu lagi bolak-balik rumah atau kost untuk sholat maghrib.

2. Kampung Jogokaryan Yang Begitu Kental Akan Nuansa Pondokan

Sumber gambar: www.angkisland.com
Sumber gambar: www.angkisland.com

Kampung Jogokaryan menjadi lokasi asik ngabuburit yang terletak di daerah Mantrijeron. Di sini, berbagai macam kuliner disuguhkan dengan harga yang terjangkau oleh 200 pedagang aktif saat ramadhan tiba. Disamping menyuguhkan berbagai kuliner khas ramadhan, di sini juga kerap menyelenggarakan dongeng untuk anak-anak menjelang berbuka, bahkan di sini juga kerap digelar lomba adzan untuk tingkat DIY dan Jawa Tengah.

3. Jalur Gaza, Meski Sederhana Tapi Mampu Membuat Hati Bahagia

Sumber gambar: antoksoesanto.blogspot.com
Sumber gambar: antoksoesanto.blogspot.com

Selain kawasan Jogokaryan, dan kawasan Lembah UGM, kegiatan menjajakan anekan makanan khas Ramadhan juga di selenggarakan jalan Kauman dan Jalan Nitikan yang kita kenal dengan nama “Jalur Gaza”. Jalur Gaza merupakan singkatan dari Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada. Disni, tersedia berbagai macam menu cemilan, makanan dan minuman yang biasa dijadikan untuk menu berbuka.

4. Glagah Sari, Pasar Dadakan Yang Juga Tak Kalah Menggembirakan

Sumber gambar: www.solopos.com
Sumber gambar: www.solopos.com

Pasar dadakan selalu muncul di kawasan Glagah Sari ketika bulan Ramadhan tiba. Tak jauh berbeda dengan julukan kampung-kampung ramadhan lainnya, di kawasan ini kamu juga menjumpai beraneka ragam makanan khas ramahdan yang bisa kamu santap sebagai menu berbuka puasa. Selain Lembah UGM, kawasan Glagah Sari juga kerap menjadi lokasi favorit bagi para mahasiswa yang ingin ngabuburit.

5. Kawasan Jalan Kaliurang Yang Selalu Ramai Pengunjung

Sumber gambar: djogjalicious.wordpress.com
Sumber gambar: djogjalicious.wordpress.com

Kawasan jalan Kaliurang adalah lokasi asik buat ngabuburit berikutnya, di kawasan ini kamu bisa menjumpai berbagai macam makanan khas ramadhan yang dijajakan oleh pedagang kali lima. Kamu bisa mampir atau sekalian berburu takjil jika kebetulan kamu melewati kawasan jalan Kaliurang ini, Jadi. Aneka makanan dan cemilan yang akan kamu temui di kawasan ini, seperti; Gerobak-gerobak penjual batagor, es doger, jajanan pasar, berbagai macam warung penyet, restoran, kedai susu, bahkan burgernya dan makanan-makanan khas negara lain juga ada.

6. Masjid Kauman Yang Ramah Lingkungan

Sumber gambar: jogja.mblusuk.com
Sumber gambar: jogja.mblusuk.com

Kawasan ngabuburit yang bisa kamu datangi berikutnya adalah Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Masjid yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I ini merupakan hadiah khusus dari Sultan untuk kaum duafa. Setiap kali ramadhan tiba, masjid tertua ini memiliki sebuah tradisi yang berusia ratusan tahun lamanya, yaitu adanya takjil khas berupa gulai kambing di setiap hari kamis. Setiap harinya di bulan ramadhan, takmir masjid menyediakan takjil 600 sampai 700 untuk dibagikan kepada mastarakat menjelang berbuka puasa.

Kawasan di masjid merupakan kawasan pemukiman para santri ataupun ulama. Pemukiman tersebut kita kenal lebih dengan sebutan Kauman dan Suronatan. Dari sumber yang didapat, kawasan tersebut merupakan tempat kondusif bagi tumbuh kembangnya gerakan Muhammadyah (tahun 1912 M) yang dipimpin langsung oleh K.H.A. Dahlan.

Sambil menunggu waktu berbuka, banyak hal yang kerap dilakukan oleh penduduk setempat maupun siapapun yang tengah berkunjung kesini, seperti; berdzikir, membaca buku-buku agama, bahkan diskusi keagamaan. Selepas berbuka dan menjalankan ibadah sholat maghrib berlanjut menjalan sholat taraweh berjamaah.

7. Bukit Bintang dan Beberapa Tempat Ngabuburit Lainnya Yang Menakjubkan

Sumber gambar: iradiofm.com
Sumber gambar: iradiofm.com

Lokasi terakhir yang bisa kamu datangi untuk ngabuburit yaitu Bukit Bintang. Meski di tempat ini tak banyak orang yang menjajakan makanan khas ramadhan, namun kamu akan dimanjakan dengan suasana pemandangan yang sangat cantik dan indah, seperti melihat seribu kunang-kunang di bumi Yogyakarta dan sekitarnya.

Selain Bukit bintang, terdapat juga beberapa lokasi asyik yang bisa kamu kunjungi untuk ngabuburit, yaitu Alun-alun Utara (Altar) dan Alun-alun Kidul (Alkid), Kebun Binatang Gembira Loka, Malioboro, cafe-cafe, dan pasar dadakan yang sengaja dibuat digang-gang.

Demikian nformasi mengenai tempat-tempat populer ngabuburit yang bisa kamu datangi saat ada di Jogja. Semoga bermanfaat. Dan, Selamat menunggu bedug Maghrib…

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.