in

7 Alasan yang Akan Membuatmu Semakin Bangga jadi Warga Malang

Ngadem.com Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya dibagian timur Pulau Jawa. Jawa Timur mempunyai jumlah penduduk terbanyak ke-2 di Indonesia dan sekaligus menjadi provinsi terluas di antara 6 provinsi lainnya di Pulau Jawa.

Jawa Timur memiliki sejumlah wilayah yang keberadaannya menjadi sorotan nusantara bahkan dunia. Mulai dari pendidikannya, prestasinya, wisatanya, budayanya, kuinernya, keramahannya warganya, dan beberapa hal lainnya. Malang, salah satunya.

Kabupaten yang mendapat julukan kota Apel ini memang selalu menjadi topik pembicaraan positif oleh banyak orang, sehingga membuat siapa saja pasti bangga berada di dalamnya.

Nah, buat warga Malang berikut  ini alasan-alasan yang akan semakin membuatmu bangga menjadi orang Malang. Apa saja? Nih, simak.

1. Malang memiliki hawa sejuk nan menyegarkan

Beberpa wilayah di Kabupaten Malang  berada di dataran tinggi. Kabupaten Malang juga dikelilingi oleh sejumlah pegunungan, itulah mengapa Malang memiliki hawa sejuk nan menyegarkan.

Beberapa gunung yang mengelilinginya meliputi: Gunung Semeru (3.676 mdpl), Gunung Arjuna (3.339mdpl), gunung Kawi (2.652 mdpl) dan Gunung Bromo (2.392 mdpl).

Gunung-gunung tersebut selalu sukses menarik para pencinta hiking. Itulah mengapa Malang juga disebut sebagai spot terbaik bagi para pecinta hiking.

2. Sunrise di Bromo masuk dalam daftar sunrise terbaik di dunia

Gunung  Bromo yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl ini sebenarnya berada di empat kabupaten, yaitu: Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, dan Malang. Gunung Bromo masuk dalam kawasan Taman Bromo Tengger Semeru.

Gunung Bromo selalu menjadi incaran para pecinta hiking dan wistawan karena memang memiliki landscape yang sangat mengagumkan, yaitu perpaduan epic antara lembah dan ngarai dengan lautan pasir (kaldera) seluas sekitar 10 km2...

Bukan hanya itu, pesona sunrise di Gunung Bromo ini juga benar-benar cantik sekali. Bahkan, sunrise di Gunung Bromo ini masuk dalam daftar sunrise terbaik di dunia.

3. Malang memiliki gunung tertinggi di Pulau Jawa: Gunung Semeru, namanya

Siapa yang tak tahu Gunung Semeru, bagi para pecinta hiking pasti sudah hafal benar dengan Gunung eksotis yang satu ini. Selain Gunung Bromo, Gunung Semeru juga terletak di kawasan Taman Bromo Tengger Semeru.

Dan, ketahuilah, Gunung Bromo ini dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa dan menjadi gunung tertinggi ke-3 di Indonesia dengan puncaknya Mahameru dimana ketinggiannya mencapai 3.676 mdpl.

Sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, tentu banyak keindahan yang ada di dalamnya. Bahkan, gunung kece ini sempat dijadikan setting tempat untuk film 5cm yang dibintangi oleh Ferdi Nuril dkk. Disini juga terdapat danau surga yang dikenal dengan nama danau Ranu Kumbolo.

4. Malang memiliki potensi pertanian yang menjanjikan

Ya, Malang memang memang memiliki potensi pertanian yang sangat menjanjikan. Banyak tanaman segar tumbuh di Kabupaten yang berhawa sejuk ini. Para petani di Malang ini memilih menanam bauh-buahan,  buah apel salah satunya.

Itulah mengapa Malang disebut kota Apel, karena Malang menjadi salah satu penghasil Apel terbesar di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.

Selain itu, Malang juga sebagai pengahasil sayuran terbesar di Jawa Timur. Malang juga memiliki potensi besar untuk perkebunan teh, coklat dan kopi, tebu dan hortikultura (seperti salak dan semangka).

5. Malang selalu sukes menjadi destinasi terbaik bagi para wisatawan

Seperti yang kita ketahui, Malang memiliki banyak sekali tempat wsiata yang benar-benar menghipnotis dan selalu dirindukan banyak wisatawan. Setiap tempat wisata yang ada di Malang, pasti selalu mampu membuat para wisatawan enggan untuk pulang.

Mulai dari wisata gunung dengan Bromo dan Semeru yang menjadi andalannya, wisata air dengan waduk Selorejo-nya, wisata air terjun dengan Coban Rondo-nya, wisata bermain dengan Jatim Park-nya, dan beberpa wiasta lainnya seperti wisata sejarah, wisata pantai, wisata argo dan wisata religi.

6. Malang juga memiliki banyak aneka kuliner yang menggoda lidah

Sebagai tujuan wisata, Malang tentunya juga memliki banyak aneka kuliner hits yang unik, dan tentunya menggugah selera. Bukan hanya unik dan menggugah selera, tapi juga mampu membuat para penikmatnya ketagihan dan selalu ingin mencicipinya lagi, lagi dan lagi.

Beberapa kuliner khas tersebut, diantaranya seperti Bakso Malang, Bakso bakar, Bakso Duro Kapanjen, Rawon, Kare kikil, sop dengkul, sayur asem buah apel, tahu petis, tahu sukun, orem-orem, mendol, arbanat, es gandul, ronde, angsle, dan beberapa kuliner khas lainnya.

Selain kulinernya, adapun beberpa oleh-oleh khas Malang, beberpa  diantaranya seperti keripik tempe senan dan keripik buah (dua diantaranya adalah keripik apel dan keripik nangka).

7. Selain dikenal sebagai kota Apel, Malang juga dikenal sebagai kota pendidikan

Bukan hanya Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pendidikan, Malang pun demikian. Bebagai pelajar maupun mahasiswa dari berbagai daerah dan berbagai budaya banyak bertebaran di Malang.

Semua menyatu dan berkumpul membentuk keharmonisan yang menyejukan pandangan. Malang melahirkan para pelajar dan mahasiswa berprestasi bukan hanya ditingkat nasional tapi juga internasional.

Banyak penduduk luar daerah betah tinggal di Malang selain karena hawanya sejuk, tapi juga karena penduduk asli Malang memiliki sikap yang ramah dan sangat bersahaja.

Nah, itu dia beberapa alasan-alasan yang akan semakin membuatmu bangga menjadi warga Malang. Dan tentunya masih banyak alasan-alasan lainnya, jika ada dari kalian yang ingin menambahkan, silahkan tambahkan di kolom komentar.