in , ,

Kenalkan! Pulau Bawean di Gresik, Jawa Timur: Destinasi Wisata Unggulan Pesaing Pulau Bali

Ngadem.com – Pulau Bawean adalah salah satu dari sekian banyak pulau cantik yang dimiliki Indonesia. Pulau ini terletak di Laut Jawa, sekitar 120 kilometer sebelah utara Gresik. Secara administratif, Pulau Bawean masuk dalam Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Untuk mencapainya, bila dari pelabuhan Gresik, diperlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan menggunakan kapal.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Yogyakarta Yang Membuatmu Bahagia Lahir dan Batin

Pulau Bawean terdiri dari 2 kabupaten: Kecamatan Sangkapura dan Tambak dengan 17 desa. Sangkapura adalah kabupaten terbesar di pulau Bawean. Pulau ini memiliki banyak tujuan wisata yang tidak kalah dengan tujuan wisata lainnya di Indonesia. Selain wisata bahari yang menjadi ikon dari Jawa Timur, kamu juga bisa menikmati budaya masyarakat adat di Pulau Bawean. Keindahan pulau ini pun disebut-sebut akan menyangi Pulau Bali dan Bunaken di Sulawesi Utara.

Nah, bagi kamu yang ingin menginjakan kaki di Pulau Bawean, berikut destinasi wisata yang harus kamu singgahi:

1. Melihat Rusa Endemik di Penangkaran Rusa Bawean.

Penangkaran Rusa di Pulau Bawean via intaninchan.wordpress.com
Penangkaran Rusa di Pulau Bawean via intaninchan.wordpress.com

Di tempat ini terdapat spesies rusa yang hanya ditemukan di Pulau Bawean (endemik), yang dikenal dengan nama Axis Kuhli. Area Penangkaran Rusa ini terletak di Beto Gebang Pudakit Barat, Kabupaten Sangkapura, sekitar 10 km dari Sangkapura dengan jarak tempuh 30 menit. Untuk mencapainya, kamu bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Dan untuk mencapai desa terdekat, akes jalannya cukup baik, namun saat kamu memasuki kawasan hutan, jalannya akan berubah menjadi terjal. Apalagi saat musim hujan. Tanah akan menjadi sangat licin. Penangkaran Rusa di Pulau Bawean sangat potensial untuk dijadikan tujuan study tour, penelitian dan ekowisata.

2. Rasakan Sejuknya Panorama Alam di Air Terjun Grojogan Candi.

Air Terjun Grojogan Candi di Pulau Bawean via fefeniaku.blogspot.com
Air Terjun Grojogan Candi di Pulau Bawean via fefeniaku.blogspot.com

Air terjun yang berada di bawah Danau Kastoba ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang akan mengujungi Pulau Bawean. Jaraknya hanya sekitar 200 meter dari Danau Kastoba. Di tempat ini kamu bisa berenang atau mandi di bawah air terjun. Letaknya yang berada di tengah-tengah hutan, akan membuatmu merasa seperti berada di negeri dongeng. Selain menikmati air terjunnya yang masih sangat alami, kamu juga bisa menikmati suasana alam sekitar.

Baca juga: Menengok Pantai Sadranan: Tentang Snorkeling dan Hal-hal Lain Yang Membahagiaka

3. Danau Kastoba: Danau Eksotis di Atas Bukit Bawean.

Danau Kastoba di Pulau Bawean via fsadam.wordpress.com
Danau Kastoba di Pulau Bawean via fsadam.wordpress.com

Selain pulau dan pantainya yang menawan, Bawean juga memiliki danau yang sungguh eksotis. Danau ini bernama Danau Kastoba. Terletak di Desa Paromaan, Kecamatan Tambak, membuat Danau Kastoba jadi ikon tersendiri bagi Pulau Bawean. Yang menarik adalah; Danau Kastoba berada persis di sebuah bukit yang cukup tinggi. Untuk mencapainya, kamu kamu harus melalui ratusan anak tangga dengan semak belukar di kedua sisi jalan.  Suasana alam yang tenang dan damai sangat terasa ketika sampai di danau dengan luas 725 ha ini. Selain itu, ada banyak spesies hewan langka dan berbagai jenis serangga. Hal inilah yang kemudian menjadikan Danau Kastoba sulit dibandingkan dengan tujuan wisata lainnya di Indonesia. Lanskap hijau dengan pepohonan rindang akan membuatmu percaya bahwa alam Indonesia itu sangat romantis!

4. Pantai Labuhan: Pantai Kutanya Jawa Timur!

Pantai Labuhan di Pulau Bawean via vitamatravel.com
Pantai Labuhan di Pulau Bawean via vitamatravel.com

Pantai Labuhan adalah ikon wisata di pulau Bawean yang terletak di Desa Tanjunggori, Kecamatan Tambak. Pantai ini dikenal dengan pasirnya yang indah dan layak jadi alternatif wisata bahari pantai Kuta. Pantai Labuhan juga dikenal karena pesona surga bawah lautnya yang menawan. Dan ketika sore tiba, tempat ini menjadi tempat yang paling tepat untuk melihat sunset di barat Pulau Bawean. Selain memiliki ombak yang tenang, kamu juga akan bertemu beberapa rumah kepiting di sekitar pantai.

Baca juga: Tentang Kotagede Dan Hal-hal Keren Yang Ada di Dalamnya

4. Suka Adventure? Jajal Trek Menantang di Air terjun Laccar!

Air terjun Laccar di Pulau Bawean via esont.wordpress.com
Air terjun Laccar di Pulau Bawean via esont.wordpress.com

Air terjun Laccar terletak di Dusun Laccar, Desa Kebun Teluk Dalam, Kabupaten Sangkapura, sekitar 15 km dari Kabupaten Sangkapura. Lokasinya bisa dicapai dengan kendaraan roda empat, namun hanya sampai Dusun Laccar. Saat tiba di Dusun Lanccar, kamu tak akan langsung melihat air terjunnya, kamu harus berjalan melalui hutan yang dikelilingi pohon kelapa sejauh 500 meter. Dilanjutkan dengan melewati sungai berbatu sekitar 200 meter. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, kamu akan disuguhkan pemandangan alam dan satwa liar yang menambah kesan alami. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 25 meter berlatar tebing yang sungguh artistik. Jika musim hujan, arus dan debit air akan meningkat, dan bila musim kemarau, arus dan debit air akan berkurang. Kawasan wisata ini dikelilingi oleh bukit-bukit yang ditutupi dengan pohon-pohon rindang, dan dijamin akan membuatmu merasa nyaman ketika menikmati deru air yang jatuh di antara batu dan suara kicau  burung di sekitar air terjun.

6. Have Fun Bareng Teman-temanmu di Pulau Noko dan Pulau Gili!

Pulau Noko dan Pulau Gili di Pulau Bawean via baweanadventure.wordpress.com
Pulau Noko dan Pulau Gili di Pulau Bawean via baweanadventure.wordpress.com

Pulau Noko adalah pulau yang sangat kecil dan tak berpenghuni. Air yang ada di pulau ini sangat jernih, bahkan keindahan bawah lautnya pun bisa terlihat dengan mata telanjang. Pulau yang berdekatan dengan Pulau Gili ini memiliki luas pantai sekitar satu kilometer persegi dengan pasir putih yang sangat indah. Tentu saja, kamu bisa snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut di Pulau Noko.

Pulau Gili adalah sebuah pulau kecil yang berjarak 2,3 km dari Pulau Bawean. Untuk mengunjungi pulau ini, kamu bisa menyeberang dengan menyewa perahu nelayan dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit. Pulau Gili menjadi satu-satunya pulau yang padat penghuni di Bawean. Ada sekitar 700 kepala keluarga dari berbagai kelompok etnis yang tinggal di pulau ini. Pulau Gili menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih yang bersih.

Baca juga: Main Kejar-kejaran Sama Sunset di Candi Abang, Berbah

7. Ingin Merasakan Suasana Pulau Tak Berpenghuni di Bawean? Coba Cek Pulau Noko Selayar!

Pulau Noko Selayar di Pulau Bawean via intaninchan.wordpress.com
Pulau Noko Selayar di Pulau Bawean via intaninchan.wordpress.com

Noko Selayar adalah sebuah pulau di tengah laut, terpisah dari Pulau Bawean, dan terletak di Desa Sungairujing, Kecamatan Sangkapura. Sekilas, Pulau ini terlihat seperti gundukan pasir. Tak ada rumah, tidak pohon, hampir tidak ada apa-apa selain pasir putih yang sangat bersih. Akses ke pulau ini sangat mudah, kamu bisa naik sepeda motor atau mobil, sedangkan untuk sampai ke pulau, kamu bisa menggunakan speed boat atau perahu motor dengan jarak 4,5 km dan memakan waktu sekitar 20 menit dari pulau Bawean. Ada banyak kerang laut dan bunga karang yang mengelilingi pulau ini. Pulau Noko Selayar menawarkan pesona keindahan bawah laut yang sangat memukau. Keunikan pulau ini adalah letak posisinya yang berada di pulau (bukit) di lepas pantai.

8. Lihat Eksotisnya Kehidupan Bawah Laut Bawean di Pulau Tanjung Cina!

Kehidupan Bawah Laut Pulau Tanjung Cina di Pulau Bawean via www.tempatwisataid.com
Kehidupan Bawah Laut Pulau Tanjung Cina di Pulau Bawean via www.tempatwisataid.com

Pulau Tanjung Cina sangat kaya akan kehidupan bawah lautnya. Kamu bisa menyelam dan menikmati berbagai kehidupan laut, seperti meja karang (coral yang dibentuk meja), belut laut, murai, bintang laut dan kerang Kima. Pulau Tanjung Cina cukup dekat dengan daratan Bawean. Jika air surut, kamu bisa berjalan ke pulau dari Desa Telukjatidawang. Tempat terbaik di sini adalah di bagian barat dan utara. Bila kamu datang dari Pulau Nusa, kamu bisa menggunakan kelotok (perahu tradisional yang terbuat dari kayu).

Baca juga: Ke Brebes Tapi Ndak Icip-icip Kuliner Ini? Aja lah ya…

9. Tanjung Ga’ang, Tujuan Wisata Favorit di Pulau Bawean.

Tanjung Ga'ang di Pulau Bawean via gresikkab.go.id
Tanjung Ga’ang di Pulau Bawean via gresikkab.go.id

Salah satu tujuan wisata yang terkenal di Pulau Bawean adalah Tanjung Ga’ang. Kamu akan melewati beberapa tujuan wisata seperti; Tanjung Kodok, Tanjung Kima, dan pemandangan laut yang sungguh eksotis. Lokasi Tanjung Ga’ang tidak terlalu jauh dari Sangkapura. Sekitar 8 km, tepatnya berada di Desa Somor-Somor, daerah Tanjung Kima. Dari tebing, kamu bisa menikmati air dengan ikan berwarna-warni di dalamnya.

Tanjung Ga’ang sendiri dibagi menjadi tiga tempat pariwisata. Pertama, kamu menikmati hamparan tebing dari laut dengan perahu sewaan. Kedua, kamu bisa menikmati hamparan karang yang luas dengan melihat keindahan air laut. Dan yang terakhir adalah menuju Pantai Tanjung Kodok sebelum naik ke naik ke bukit tebing.

10. Ingin Melihat Batu Karang Yang Memiliki Landscape Keren? Cobalah ke Tanjung Kima!

Tanjung Kima di Pulau Bawean via indonesia360derajat.wordpress.com
Tanjung Kima di Pulau Bawean via indonesia360derajat.wordpress.com

Tanjung Kima merupakan tujuan wisata lain di Pulau Bawean yang menawarkan bebatauan karang yang menakjubkan. Letak Tanjung Kima sangat dekat dengan Tanjung Ga’ang, sekitar 8 km dari kabupaten Sangkapura. Setelah melewati hutan dan desa Somor-Somor, kamu akan sampai di Pantau Tanjung Kima. Di sini kamu akan disuguhi pandangan pohon kelapa yang lebat dan akan membuatmu ingin tinggal lebih lama.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Jogja Yang Keren Untuk Selfie

Nah, itulah tadi beberapa destinasi wisata keren di Pulau Bawean. Ada yang sudah pernah ke tempat ini? Yuk, share pengalamanmu di kolom komentar.

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.