in

29 September 2013: Boko Haram Serang Salah Satu Universitas di Nigeria. Tewaskan 44 Mahasiswa

Ngadem.com – Pada 29 September 2013, kelompok bersenjata bernama Boko Haram memasuki asrama laki-laki di Fakultas Pertanian di Gujba, Yobe State, Nigeria, menewaskan empat puluh empat siswa dan beberapa orang luka-luka.

Tragedi tersebut terjadi saat beberapa pria bersenjata memasuki asrama pada pukul 1 pagi waktu setempat dan menembaki para siswa saat sedang tertidur. Empat puluh dua mayat ditemukan oleh tentara Nigeria sementara delapan belas orang yang terluka segera diangkut ke Rumah Sakit Spesialis Damaturu. Dua orang yang terluka akhirnya tewas.

Menurut salah satu korban selamat, pasukan Boko Haram masuk ke asrama dengan kendaraan pikap segala medan. Ada yang memakai seragam militer Nigeria, dan hampir semua anggotanya adalah Muslim.

Boko Haram sendiri didirikan pada tahun 2002 untuk melawan Arabisasi di Nigeria. Sepanjang tahun 2009 sampai 2013, kekerasan terkait dengan pemberontakan Boko Haram mengakibatkan 3.600 kematian, termasuk 1.600 warga sipil. Sejak 2010, Boko Haram menargetkan lembaga sekolah, menewaskan ratusan siswa. Seorang juru bicara mengatakan, bahwa serangan tersebut akan terus berlanjut selama pemerintah mengusik pendidikan Alquran berbasis tradisional. Lebih dari 10.000 anak-anak tidak bisa lagi bersekolah karena serangan Boko Haram.

Nama Boko Haram berarti “Pendidikan Barat Adalah Dosa”

Sumber; historyorb.com

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.