in , ,

Air Terjun Srambang, Eksotisme Wisata Alam Ala The Hobbit di Ngawi, Jawa Timur

Ngadem.com – Ngawi, letaknya yang berada pada posisi 7° 21’ – 7° 31’ Lintang Selatan dan 110° 10’ – 111° 40’ Bujur Timur ini, memiliki jenis topografi dengan dataran tinggi dan tanah datar. Membuat Ngawi menjadi salah satu Kota di Jawa Timur dengan banyak objek wisata yang berhubungan dengan alam. Tercatat, ada empat obyek wisata  di Ngawi yang membuat kita seperti kembali ke masa lalu. Salah satu di antaranya adalah Air Terjun Srambang. Air Terjun ini memiliki ketinggian 25 meter, dan terletak di tengah-tengah hutan pinus Desa Girimulyo, Ngawi, Jawa Timur.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Yogyakarta Yang Membuatmu Bahagia Lahir dan Batin

Sebelum menjelajahi Air Terjun Srambang, ada baiknya untuk mengetahui mitos dan sejarahnya dulu.

Seperti kebanyakan air terjun di Indonesia, tentu saja selalu ada hal mistis yang menyelimutinya. Air Terjun Srambang memang terkenal dengan mitos bahwa barang siapa yang mandi di air terjun tersebut akan awat muda dan dapat berusia panjang. Selain itu warga di sekitaran air terjun tersebut juga memiliki kepercayaan bahwa saat mandi di sana dan melihat sesosok pria, maka akan mendapatkan rezeki dan jodoh yang diinginkan. Sosok pria itu adalah Sunan Lawu, penjaga dari Gunung Lawu. Ya, Sunan Lawu memang sering menampakan dirinya di tengah-tengah pengunjung yang mandi di Air Terjung Srambang. Hal ini semakin memprkuat dugaan masyarakat bahwa Sunan Lawu bersemayam di air terjun tersebut dan sering memberikan pertanda ketika akan terjadi bencana di sekitaran Gunung Lawu.

Apa yang istimewa di Air Terjun Srambang?

Sisi Air Terjun Srambang via https://ahmadfaathir.files.wordpress.com/2012/01/3.jpg
Sisi Air Terjun Srambang via https://ahmadfaathir.files.wordpress.com/2012/01/3.jpg

Terlepas dari cerita mistisnya, Air Terjun Srambang memiliki pesona alam yang tak kalah dengan obyek wisata air terjun di tempat lain. Ya, tempat wisata ini di kelilingi oleh pohon-pohon pinus yang masih sangat asri dan di jaga oleh Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) milik Kabupaten Ngawi. Air Terjun Srambang memang agak sulit untuk di akses. Untuk mencapainya, kamu harus menyiapkan tenaga ekstra untuk berjalan kaki. Sebab jalan setelah dari pintu gerbang  Air Terjun Srambang, masih belum di aspal, dan tidak bisa di akses dengan kendaraan pribadi.

Baca juga: Menengok Pantai Sadranan: Tentang Snorkeling dan Hal-hal Lain Yang Membahagiakan

Ketika sampai di pintu gerbang, kamu bakal di sajikan pemandangan berupa hamparan hijuanya pohon pinus yang persis seperti film The Hobbit, serta udara segar yang memanjakan hidung dan kulit. Memulai perjalanan dengan berjalan kaki, pada setiap pohon-pohon yang di lewati, kamu akan melihat berbagi jenis bunga liar tumbuh di sekitaran jalan setapak dan kokohnya Gunung Lawu, yang tentu saja semakin membuat kamu takjub bukan main. Melewati tebing-tebing besar di kanan kiri jalan setapak, serta bunyi serangga dan bunyi burung bernyanyi akan menemani setiap langkah kakimu. Saat hampir sampai ke lokasi, kamu bisa bermain-main dulu di sungai-sungai kecil untuk memulihkan tenaga. Ya, memang perlu waktu sekitar 30 sampai 60 menit untuk mencapai lokasi, dan itu merupakan waktu yang lama untuk berjalan kaki. Namun jangan khawatir, suasana alam serta buih-buih air terjun yang menempel di kulitmu, akan membayar semua rasa lelah selepas berjalan kaki dari pintu gerbang. Saat sampai di lokasi, segerlah mandi di bawah Air Terjun Srambang! Kamu akan merasa lebih fresh dan lebih muda!

Baca juga: Tentang Kotagede Dan Hal-hal Keren Yang Ada di Dalamnya

Apa saja fasilitas yang ada di Air Terjun Srambang?

Di aera lokasi, terdapat berbagai warung-warung yang menyediakan makanan serta minuman untuk menghangatkan tubuh. Tak perlu takut, harganya tak akan menguras dompet. Ada juga toilet dimana kamu bisa mengganti pakaian,serta bangku-bangku kecil yang bisa di gunakan untuk bersantai.

Baca juga: Ke Brebes Tapi Ndak Icip-icip Kuliner Ini? Aja lah ya…

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Jogja Yang Keren Untuk Selfie

Berapa harga tiket masuk Air Terjun Srambang?

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Srambang? Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 5.000 rupiah (termasuk biaya parkir kendaraan) untuk rerebusi masuk, dan kamu bisa menikmati suasana alam yang masih sangat alami di Jawa Timur ini. Oh ya, Air Terjun Srambang di buka dari jam sembilan pagi dan tutup jam tiga sore. Jangan lupa bawa kamera untuk membingkai momen-momen mengasyikkan besama keluarga atau kekasih.

Baca juga: Main Kejar-kejaran Sama Sunset di Candi Abang, Berbah

Jawa Timur memang tak ada habisnya memberi kejutan bagi para traveler. Ada begitu banyak tempat yang tentu saja tak kalah dengan tempat wisata lain di Indonesia. Hal ini, patutnya diapresiasi dengan baik oleh semua orang dan tidak merusak lingkungan sekitarnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu yang sedang mencari informasi tentang Air Terjun Srambang.

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.