in

4 Oktober 1985: Free Software Foundation (FSF) Didirikan di Massachusetts, Amerika Serikat

Ngadem.com – Pada tanggal 4 Oktober 1985, Free Software Foundation (FSF) didirikan di Massachusetts, Amerika Serikat. Free Software Foundation sendiri merupakan organisasi non-profit yang didirikan oleh Richard Stallman untuk mendukung gerakan perangkat lunak bebas, yang mempromosikan kebebasan universal untuk mempelajari, mendistribusikan, membuat, dan memodifikasi software komputer.

Sejak awal berdirinnya sampai pertengahan 1990-an, sebagian besar dana FSF digunakan untuk mempekerjakan pengembang dalam membuat perangkat lunak bebas bagi Proyek GNU.

Pada tahun 2007, FSF menerbitkan versi ketiga dari GNU General Public License (Lisensi Publik Umum GNU). FSF memegang hak cipta pada banyak sistem GNU, salah satunya adalah GNU Compiler Collection. Sebagai pemegang hak cipta tersebut, mereka memiliki kewenangan untuk menegakkan persyaratan copyleft dari GNU General Public License (GPL) ketika pelanggaran hak cipta terjadi pada perangkat lunak tersebut.

Pada bulan Desember 2008, FSF mengajukan gugatan terhadap Cisco (sebuah perusahaan teknologi multinasional Amerika yang mendesain, memproduksi, dan menjual peralatan jaringan) karena telah menggunakan komponen lisensi GPL dalam produk Linksys (divisi perusahaan Cisco). Sebelumnya, Cisco telah diberitahu tentang masalah perizinan pada tahun 2003, namun Cisco berulang kali mengabaikannya. Sampai pada bulan Mei 2009, FSF menjatuhkan gugatan dan Cisco sepakat untuk memberikan sumbangan moneter untuk FSF dan menunjuk seorang Direktur Free Software dalam melakukan ulasan tentang praktik kepatuhan lisensi perusahaan secara terus menerus.

Saat ini, total ada tujuh produk yang telah diberikan sertifikasi, termasuk dua laptop, printer 3D, router nirkabel, dan USB adaptor nirkabel antarmuka. Ketujuh produk tersebut adalah:

  • Laptop The Libreboot X200
  • Laptop The Libreboot X60 (sebelumnya bernama Gluglug X60)
  • Aleph Objects, Inc. LulzBot 3D Printers
  • The ThinkPenguin TPE-NWIFIROUTER Wireless-N Broadband Router
  • The ThinkPenguin TPE-N150USB Wireless N USB
  • The ThinkPenguin TPE-N150USBL Wireless USB adapter
  • The Tehnoetic adaptor USB nirkabel untuk GNU / Linux (TET-N150)

Sumber: historyorb.com, wikipedia.com, yahoo.com

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.