in , ,

Pesona Bukit Kayangan: Tempat Wisata Paling Romantis di Jambi.

Sunrise di Bukit Kayangan via Wahyu_ono on 500px.com

Ngadem.com – Bagi kamu yang sudah pernah berkunjung ke Kabupaten Kerinci, mungkin akan takjub pada pemandangan yang di suguhkan. Selain perbukitan berwarna hijau cerah yang menghiasi jalan raya, sawah-sawah dengan nuansa pedesaan juga menjadikan Kerinci salah satu Kota di Indonesia yang sungguh mempesona. Udara yang anda rasakan pun sangat berbeda dengan udara di Kota. Itu jelas! Hewan-hewan ternak, seperti domba dan sapi juga sering nampak menutupi sebagian persawahan. Rumah-rumah yang dibangun warga memang sengaja di bentuk memunggungi bukit, agar selain dapat mempercantik rumah, si pemilik rumah ingin menunjukan bahwa Bukit Kayangan adalah salah satu tempat wisata yang harus kamu kunjungi. Dan jika kamua ingin menikmati Kerinci secara keseluruhan, Bukit Kayangan adalah tempat yang sangat cocok untuk melakukan hal itu.

Baca Juga: Perjalanan Ke Puncak Sikunir: Upaya Menjaring Golden Sunrise di Wonosobo, Jawa Tengah

Baca Juga: Air Terjun Srambang, Eksotisme Wisata Alam Ala The Hobbit di Ngawi, Jawa Timur

Rasakan sensasi menyentuh awan di Bukit Kayangan

Menyentuh awan di Bukit Kayangan via https://robbihafzan.wordpress.com
Menyentuh awan di Bukit Kayangan via https://robbihafzan.wordpress.com

Bukit Kayangan berada di ketinggian 1500 meter dari permukaan laut. Dari tempat inilah kamu bisa melihat pemandangan yang jarang ada di Indonesia secara menyeluruh. Saat pandangan matamu menuju cakrawala, perbukitan yang begitu menawan dipadu dengan awan-awan yang bergerombol akan membuat kamu takjub bukan main. Ya, datanglah ke Bukit Kayangan jika kamu tidak percaya.

Baca Juga: Kenalkan! Pulau Bawean di Gresik, Jawa Timur: Destinasi Wisata Unggulan Pesaing Pulau Bali

Baca Juga: Perjalanan Ke Puncak Sikunir: Upaya Menjaring Golden Sunrise di Wonosobo, Jawa Tengah

Awalnya, bukit yang memiliki nuansa sunrise menakjubkan ini, hanyalah berupa padepokan dengan nuansa tradisional. Namun secara resmi pada 2013 lalu, Pemkab Kerinci menyulapnya menjadi taman bermain yang cocok bagi anak-anak dan keluarga. Dan mengenai namanya, masyarakat sekitar percaya bahwa di bukit tersebut bersemayam seorang puteri yang turun dari kanyangan. Itulah sebabnya bukit tersebut berubah nama yang tadinya Renah Kayu Embun menjadi Bukit Kayangan.

Fasilitas yang ada di Bukit Kayangan

Area Pandang di Bukit Kayangan via www.indonesia.travel
Area Pandang di Bukit Kayangan via www.indonesia.travel

Untuk sebuah tempat wisata yang terbilang baru, Bukit Kayangan ternyata memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Selain terdapat hotel-hotel dengan berbagai kelas, Bukit Kayangan juga menyediakan toko-toko yang menjual berbagai jenis oleh-oleh khas Kerinci. Seperti, makanan, benda-benda aksesoris dan tentu saja buah Kuini yang di olah ke berbagai macam. Jika ingin menginap, kamu bisa menyewa losmen atau hotel di sekitaran Bukit Kayangan. Harga sewanya antara Rp. 100.000 hingga Rp 200.000 tergantung kelasnya. Juga tersedia WC umum, gazebo, tempat duduk-duduk, serta area parkir yang cukup luas untuk kendaraan roda dua atau roda empat.

Baca Juga: Tempat Wisata Keren di Makassar ini Harus Masuk List Destinasimu!

Baca Juga: 10 Wisata Gunung Ikonik Yang Bisa Kamu Daki di Indonesia

Sajian kuliner khas Bukit Kayangan yang akan membuat selalu ingin kembali

Ikan Gulai Semah via www.indonesia.travel
Ikan Gulai Semah via www.indonesia.travel

Di Bukit Kayangan, kamu akan menemui beberapa warung yang menyediakan berbagai jenis panganan. Kamu tak perlu khawatir untuk masalah biaya. Hampir di setiap warung yang menjual makanan, di bandrol dengan harga yang sama antara warung satu dan warung lainnya. Tak perlu khawatir di tipu bukan? Oh ya, saran kami, cobalah cicipi masakan Ikan Gulai Semah. Rasanya akan membuatmu selalu ingin kembali ke Bukit Kayangan.

Akses dan transportasi menuju Bukit Kayangan

Indahnya Bukit Kayangan via www.flickr.com
Indahnya Bukit Kayangan via www.flickr.com

Untuk mencapai Bukit Kayangan, di butuhkan waktu kurang lebih 8 sampai 10 jam dari Kota Jambi. Setelah itu, dari Kota Sungai Penuh kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa motor yang memang telah disediakan oleh pihak pengurus Bukit Kayangan. Jarak tempuhnya dari Kota Sungai Penuh kira-kira sekitar 1 jam-an. Meski jalannnya berkelok dan berkerikil, di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan panorama alam yang tidak akan terlupakan.

Baca Juga: Taman Ismail Marzuki (TIM): Wisata Seni dan Budaya di Jakarta

Baca Juga: Ngadem di Air Terjun Silo Leter dan Watu Lumbung

Harga Tiket Bukit Kayangan

Sebelum memasuki lokasi Bukit Kayangan, kamu akan bertemu sebuah portal pemberhentian  di tengah-tengah area persawahan yang dijaga oleh warga setempat. Pengunjung yang ingin masuk ke dalam akan dikenakan biaya karcis sebesar Rp. 10.000 untuk satu motor. Dan untuk mobil, kamu akan dikenankan biaya sebesar Rp. 50.000 saja.

Demikianlah beberapa gambaran singkat tentang salah satu obyek wisata terdahsyat di Jambi. Oh ya, waktu yang tepat untuk berada di Bukit Kayangan adalah sore hari. Alasannya? Selain sunset dari balik danau kerinci, kamu akan mendengar kicau burung yang saling bersahutan dengan siamang. Cobalah kesana. Kami jamin kamu tak akan menyesal.

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.