in

6 Oktober 1927: Film Fiksi Musikal Pertama Berhasil Dirilis (The Jazz Singer)

Ngadem.com – Pada tanggal 6 Oktober 1927, film fiksi-musikal pertama berjudul The Jazz Singer dirilis. The Jazz Singer sendiri adalah sebuah film musikal Amerika yang menandai kebangkitan era film bersuara ditengah surutnya era film bisu. Disutradarai oleh Alan Crosland dan diproduksi oleh Warner Bros dengan sistem suara pada pelat Vitaphone. Film ini dibintangi Al Jolson di mana ia menyanyikan enam lagu.

Film The Jazz Singer menggambarkan kisah fiksi Jakie Rabinowitz, seorang pemuda yang menentang tradisi keluarga Yahudi. Setelah menyanyikan lagu-lagu populer di sebuah aula bir, ia dihukum oleh ayahnya dan membuatnya meninggalkan rumah. Beberapa tahun kemudian, Jakie mengganti namanya menjadi Jack Robin dan berhasil menjadi seorang penyanyi jazz berbakat. Ia mencoba untuk membangun karir sebagai seorang artis, namun ambisinya terhenti karena tentangan dari budaya Yahudi dalam keluarganya.

Darryl Zanuck F, sebagai produser film The Jazz Singer berhasil memenangkan Academy Award dan juga dinominasikan sebagai Best Adapted Screenplay and Best Engineering Effects. Pada tahun 1996, The Jazz Singer dipilih untuk acara pelestarian di U.S. Library of Congress’s National Film Registry. Pada tahun 1998, film ini terpilih dalam voting yang dilakukan oleh American Film Institute sebagai salah satu film Amerika terbaik sepanjang masa, peringkat 90.

Mereka yang bermain dalam film The Jazz Singer adalah:

  • Al Jolson sebagai Jakie Rabinowitz (Jack Robin)
  • Warner Oland sebagai Cantor Rabinowitz
  • Eugenie Besserer sebagai Sara Rabinowitz
  • Mei McAvoy sebagai Mary Dale
  • Otto Lederer sebagai Moisha Yudelson
  • Richard Tucker sebagai Harry Lee
  • Yossele Rosenblatt sebagai dirinya sendiri
  • Bobby Gordon sebagai Jakie Rabinowitz saat berusia 13

Sumber: wikipedia.com, rottentomatoes.com

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.