in ,

7 Tempat Wisata Situbondo yang Kecenya Minta Ampun

Ngadem.com – Situbondo merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Timur. Destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di sini cukup lengkap, misalnya saja pantai, situs bersejarah, air terjun, dan juga aneka budaya kesenian. Tapi sayangnya, obyek wisata di kota ini masih kurang dikelola dengan baik, sehingga masih kalah terkenal dengan obyek wisata yang ada di Banyuwangi dan sekitarnya.

So, kalau kamu pengin mengembangkan potensi wisata yang ada di sini, maka tak ada salahnya bila kamu ikut menjelajah bersama kami di Situbondo. Yaudah, daripada kelamaan, yuk langsung aja kita meluncur ke Situbondo.

1. Nikmati Suasana Alam yang Memukau di Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo foto dari @irfaneffendi

Pantai ini terletak di Dusun Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo. Lokasinya yang cukup strategis—terletak di tepi jalan utama Surabaya – Banyuwangi—membuat pantai ini menjadi begitu terkenal dan sering didatangi wisatawan, baik dari dalam, maupun dari luar Kota Situbondo. Di sini kamu bisa menikmati pesona pantai pasir putih yang terhampar luas, snorkling, ataupun berlayar dengan menggunakan perahu milik nelayan setempat.

Istimewanya lagi, di sini juga terdapat perahu yang landasannya terbuat dari bahan kaca (glass bottom boat), sehingga kamu bisa menikmati keindahan bawah laut dari atas perahu. Nah, kalau kamu pengin berkunjung ke pantai ini, kamu harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 8000,00/ orang. Sedangkan biaya parkirnya berkisar antara Rp. 2000,00 – Rp. 5000,00 tergantung kendaraan yang kamu pakai. Nah, jika kamu ingin menikmati fasilitas lainnya, kamu pun harus rela untuk membayar biaya tambahan lainnya. Oke, genks?

2. Jelajahi Juga Pesona Pantai Tampora

Pantai Tampora via anasdanilfassi.blogspot.com

 

Pantai ini cukup populer dan selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi jika musim liburan datang. Selain itu, pantai ini juga mempunyai keistimewaan lain, yakni adanya spot memancing yang cukup populer di kalangan warga setempat. Nah, kalau kamu pengin mancing bareng bersama, kamu wajib membawa peralatannya dari rumah, ya. Soalnya di sini tidak ada yang menyewakan alat-alat pancing. Paling warga setempat hanya menyediakan umpan pancing seperti lumut, cacing, dan pelet.

Oke, kalau kamu berminat dan pengin dateng ke sini, kamu bisa mengarahkan kendaraanmu menuju Dusun Kalianget, Desa Banyuglugur, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Untuk biaya masuknya dibandrol dengan harga Rp. 5000,00. Sedangkan biaya parkirnya seharga Rp. 2000,00 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000,00 untuk kendaraan roda empat. Jadi, kapan mau ke sini? Ajakin pacar, ya. Biar nggak kesepian :)

3. Berikutnya, Masih Ada Pantai Bama yang Indahnya Pake Banget

Pantai Bama foto dari @dheadwika

Untuk sampai ke lokasi ini, kamu harus melewati gerbang masuk Taman Nasional Baluran yang berada di Jalan Banyuwangi – Situbondo. Tepatnya berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo. Nah, dari pintu gerbang Taman Nasional Baluran menuju lokasi Pantai Bama berjarak sekitar 8 km. Di sepanjang perjalanan itu, kamu akan disuguhi indahnya pemandangan Taman Nasional Baluran yang terlihat hijau di musim hujan, dan terlihat gersang di musim kemarau.

Setibanya di lokasi, kamu akan disambut dengan kawanan kera abu-abu ekor panjang. Selain itu, kamu juga menikmati pesona pantai dengan airnya yang jernih dan hamparan pasirnya yang putih. Tak hanya itu, di sini kamu juga bisa menemukan habitat hewan-hewan liar, seperti kera dan berbagai burung langka endemik Jawa Timur. Uniknya lagi, pantai ini juga dikelilingi hutan mangrove yang cukup lebat. Nah, untuk biaya masuknya, kamu akan dikenai tarif sebesar Rp. 8000,00/ orang. So, siap bertemu kera abu-abu ekor panjang?

4. Obyek Wisata Selanjutnya Adalah Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran foto dari @litawisetiana

Sebenarnya, lokasi Pantai Bama terletak di kawasan Taman Nasional Baluran. Untuk itu, jika kamu menuju ke Pantai Bama, maka kamu akan melewati obyek wisata ini. Ya, Taman Nasional Baluran terletak di Ujung Timur Kabupaten Situbondo, atau masuk dalam wilayah Kecamatan Banyuputih. Obyek wisata ini mempunyai akses yang cukup mudah, karena lokasinya berada di pinggir jalan raya Surabaya – Banyuwangi. Gugusan pantai dari sisi timur hingga utara membentang menjadi batas kawasan Taman Nasional Baluran. So, di sini kamu bisa memilih berbagai obyek wisata yang kamu suka.

Di sini kamu bisa menikmati padang rumput yang begitu luas, lengkap dengan sejumlah hewan yang dilindungi, seperti Banteng, kerbau liar, rusa dan Merak. Biasanya, para wisatawan berkunjung ke lokasi ini pada bulan Juli – Oktober karena pada saat itu merupakan musim kawin Banteng. Jadi kesimpulannya, para wisatawan itu cuma pengin lihat banteng kawin, hehehe. Ohya, hampir aja lupa, Genks. Untuk biaya masuknya seharga Rp. 10.000,00. Biaya tersebut sudah lengkap dengan tarif parkir kendaraan.

5. Air Terjun Setancak: Tempat Paling Ciamik Buat Ngadem di Situbondo

Air Terjun Setancak foto dari @exploresitubondo

Air Terjun Setancak terletak di Desa Mojosari, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kalau kamu dari pusat Kota Situbondo, kamu bisa menempuhnya dengan estimasi waktu sekitar 4 jam perjalanan. Nah, kalau udah sampai lokasi, maka kamu harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5000,00. Tapi sayangnya, kendaraan yang kamu bawa tidak bisa diparkirkan di tepi air terjun. Oleh karena itu, kamu harus menempuh perjalanan dengan melewati jalan setapak dengan jarak sekitar 2 km.

Selain menikmati keindahan alamnya yang memukau, kamu juga bisa melihat populasi burung walet yang berada di samping air terjun. Hebatnya lagi, air terjun ini mengalir cukup deras dari ketinggian sekitar 9 meter. Keren, kan?

6. Kurang Puas? Nih, Kami Kasih Air Terjun Telembong Buat Kamu

Air Terjun Talempong foto dari @dwikirakhmad

Jarak Kota Situbondo menuju Air Terjun Telempong sekitar 53 km, atau bisa kamu tempuh dengan estimasi waktu sekitar 1 jam perjalanan. Tepatnya, air terjun ini terletak di Desa Telempong, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Untuk sampai ke lokasi, akses jalannya terbilang gampang-gampang susah. Kamu harus berjalan kaki melewati rumah warga dan areal sawah. Sementara kendaraanmu hanya bisa dititipkan di rumah-rumah warga dengan membayar biaya parkir sebesar Rp. 2000,00/ motor.

Perjalanan ke air terjun ini bisa kamu tempuh sekitar tiga puluh menit perjalanan dari lokasi penitipan kendaraan. Kamu masih harus melewati lereng bukit yang naik turun dan jalanan berbatu. Meskipun begitu, tapi semua akan terbayar ketika kamu sampai di lokasi. Ohya, istimewanya lagi, kamu tidak perlu membayar biaya masuk, karena tempat ini belum ada yang mengelola. Ya, mumpung gratisan, segera aja datang ke sini ya, Genks. Dijamin kamu nggak akan nyesel, deh.

7. Tempat Terakhir yang Harus Kamu Kunjungi Adalah Puncak Ringgit

Puncak Ringgit via phinemo.com

Gunung Ringgit memiliki ketinggian 1.250 mpdl. Temperatur udaranya berkisar antara 10° – 30° Celcius dengan curah hujan antara 900 – 1.600 mm/ tahun. Jadi, kalau kamu pergi ke sini, ada baiknya kalau kamu mempersiapkan segala peralatannya, termasuk jaket agar tubuhmu tetap hangat. Tapi, kalau kamu udah punya pacar, bawa aja sekalian, biar bisa dipeluk-peluk. Hehehe. Ya, Puncak Ringgit ini lebih poluler dengan sebutan “Puncak So’on”. Karena memang, gunung ini biasa digunakan sebagai tempat untuk berdoa (dalam bahasa setempat, so’on mempunyai arti doa).

Untuk sampai ke lokasi, kamu bisa memulai pendakaian dari Desa Pecaron, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo. Kemudian berjalan menyusuri jalan setapak sejauh 3 km menuju pos pertama untuk beristirahat sejenak. Setelah itu, baru menuju puncak Gunung Ringgit yang bisa kamu tempuh dengan estimasi waktu 4 jam jam perjalanan. Nah, sesampainya di puncak, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang sangat menakjubkan, yakni pemandangan lampu-lampu kota saat malam hari, hamparan perbukitan bondowoso saat siang hari, dan lautan awan saat pagi hari. Ohya, untuk mendaki di gunung ini, kamu diharuskan membayar biaya retribusi sebesar Rp. 3000,00/ orang. Jadi gimana, udah siap berpetualang?

Oke, 7 tempat wisata di Situbondo udah kami sajikan buat kamu. Jangan lupa nabung, biar kamu bisa ke sini bersama pacar tercinta. Thuiiingg… :*

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.