in ,

9 Gunung di Jawa Barat yang Harus Masuk dalam List Pendakianmu

foto dari @tazkiatunnafs27

Ngadem.com – Apakah kamu pecandu gunung? Gunung mana saja yang sudah pernah kamu daki? Ya, bicara mengenai gunung, dewasa ini mendaki gunung memang sedang happening dikalangan banyak orang. Pun di media social, kita bisa melihat betapa banyak sekali foto-foto tentang gunung atau pendakian dengan beragam view yang selalu berhasil membuat siapapun yang melihatnya jadi ingin ikut mendaki. Namun, perlu diingat, mendaki bukan sekedar ajang senang-senang saja, bukan sekedar ikut-ikutan supaya dibilang kekinian. Lebih dari itu, mendaki gunung semcam cara untuk melatih fisik, mental, keberanian, tanggung jawab dan kesabaran. Mendaki gunung memiliki makna lebih mulia dari sekedar “kekinian”.

Nah, buat kamu yang ngaku pecandu gunung, berikut ini ngadem.com rangkum 9 gunung yang ada di Jawa Barat yang harus masuk dalam daftar pendakianmu dengan pemdangan yang akan membuatmu tak henti-hentinya berdecak kagum. Yuk simak ulasanya.

1. Gunung Salak cocok untuk pendaki pemula

foto dari @raniwidayanti

Gunung Salak berada di kawasan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Memiliki ketinggian sekitar 2211 mdpl, gunung Salak ini  gunung cocok untuk para pendaki pemula yang ingin mengash skill mendakinya. Jalur pendakian pun terbilang ramah. Ditambah lagi panorama sekitar yang sungguh memanjakan mata membuat perjalananmu selama pendakian tidak terasa melelahkan.

2. Garut juga punya gunung epic nih, Gunung Guntur namanya

foto dari @dadanap27

Gunung Guntur berada di kawasan Sirnajaya, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.249 mdpl ini memiliki pemandangan yang epic sekali. Masuk dalam salah satu jajaran gunung pendek di Jawa Barat dengan jalur pendakiannya juga tidak terlalu sulit, gunung ini cocok juga untuk para pendaki pemula

3. Gunung Malabar dengan kabut tipisnya yang sungguh meluluhkan hati

foto dari @mapayshare

Gunung Malabar terletak di kawasan Ds. Margamulya, Kec. Pangalengan, Bandung Selatan, Jawa Barat. Dengan ketinggian sekitar 2343 mdpl, gunung Malabar ini juga cocok untuk pendaki pemula yang sudah mulai bersahabat dengan jalur pendakian. Seperti gunung-gunung lainnya, gunung Malabar ini pun memiliki pesona yang sungguh indah, terlebih kabut tipisnya yang pada waktu-waktu tertentu menghiasi kawasan gunung ini.

4. Gunung Patuha dengan pesona kawah putihnya

foto dari @rian_hadisetiawan

Gunung Patuha terletak di Rancabali, Kec. Ciwidey, Kab. Bandung, Jawa Barat. Gunung Patuha memiliki ketinggian sekitar 2.434 mdpl. Gunung ini terkenal dengan pesona kawah putihnya yang beberapa kali jadi setting tempat pembuatan baik film, FTV, video klip maupun photoshoot. Buat kamu yang berada di kawasan Bandung dan ngaku pecandu gunung, pastikan gunung ini masuk dalam dalam daftar pendakianmu.

5. Mengenal lebih dekat hutan mati di Gunung Papandayan

foto dari @ismanraisyh

Gunung Papandayan terletak di kawasan Cisurupan, Kab. Garut, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2665 mdpl. Kalau gunung Patuha terkenal dengan kawah putihnya, maka gunung Papandayan terkenal dengan hutan matinya yang begitu eksotis. Hutan mati ini juga sempat dijadikan setting tempat untuk pembuat video klip. Buat para pendaki yang sundah pernah menginjakan kaki di Gunung Papandayan pasti sudah paham banget dengan keeksotisan hutan mati.

 

Baca juga:

Pendaki Pemula: Mengintip Eksotisnya 6 Gunung Pendek di Bogor

7 Gunung Pendek di Indonesia untuk Pendaki Pemula

Alasan Kenapa Orang Lebih Memilih Mendaki Gunung untuk Mengisi Waktu Libur

Bukan Buat Nakut-Nakutin, Beberapa Larangan di Bawah Ini Memang Wajib Kamu Patuhi Saat Mendaki Gunung

 

6. Asah skill mendaki kamu di Gunung Cikuray

foto dari @dedemuslimin

Gunung Cikuray terletak di Dayeuhmanggung, Kab. Garut, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.820 mdpl dengan jalur pendakian yang lumayan ekstrim. Gunung ini cocok untuk para pendaki yang ingin mengasah skill mendakinya. Selain itu, pemdangan yang ditawarkan gunung ini pun tak kalah cantik dengan gunung-gunung lainnya yang ada di Jawa Barat.

7. Mengintip hutan hujan tropis di Gunung Gede

foto dari @tazkiatunnafs27

Gunung Gede terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Bogor, Jawa Barat.. Gunung ini sangat hits dikalangan pendaki, khususnya pendaki Jawa Barat. Memiliki ketinggian sekitar 2.958 mdpl, gunung ini masuk dalam salah satu deretan gunung tertinggi di Jawa Barat. Di gunung ini juga terdapat hutan hujan tropis. Sunrise disini juga sangat epic. Btw, gunung Gede ini lokasinya berdekatan dengan Gunung Pangrango.

8. Menikmati keindahan lembah Mandalawangi di Gunung Pangrango

foto dari @wajahcianjur

 

Gunung Pangrango terletak bersebelah dengan Gunung Gede, tepatnya di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Gunung ini terletak di 3 Kabupaten, yaitu Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3019 mdpl ini juga masuk dalam daftar gunung tetinggi di Jawa Barat. Gunung ini memiliki lembah yang sangat indah bernama Lembah Mandalawangi. Karena keindahannya ini, bahkan Soe Hoek Gie mengabadikannya dalam sebuah puisi.

9. Menyapa gunung Ciremai: gunung tertinggi di Jawa Barat

foto dari @dery_photography

Gunung Ciremai berada di kawasan Kab. Kuningan dan Kab.  Majalengka, Jawa Barat. Memiliki ketinggian sekitar 3.078 mdpl menjadikan Gunung Ciremai ini sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat. Meski jalur pendakian menuju gunung ini cukup ekstrim, namun gunung ini salah satu gunung yang selalu ramai dipenuhi pendaki dari berbagai daerah. Bagaimana tidak? View yang ditawarkan gunung ini memang membuat siapapun yang melihatnya langsung jatuh hati.

Nah, itulah informasi mengenai 9 gunung di Jawa Barat yang harus masuk dalam daftar pendakianmu. Pemandangan yang ditawarkan 9 gunung ini tentu sangat epic dan membuat siapapun yang menginjakan kaki di puncaknya pasti tak henti-hentinya berdecak kagum. So, gunung mana saja nih yang sudah pernah kamu daki? Share yuk di kolom komentar.

Oke, sebagai pendaki yang bijak, tetap jaga keindahan, kebersihan dan kelestarian gunung-gunung di Indonesia ya. Btw, selamat mendaki dan salam lestari.

(foto featured dari @tazkiatunnafs27)

 

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.