in ,

Wisata Hits dan Spot Foto Kece di Kota Tegal Yang Sayang Jika Kamu Lewatkan

Ngadem.com – Tegal selalu mengingatkan kepada salah satu sahabat lama saya. Doi asli Tegal, perempuan periang, dan selalu kurang tidur. Sayang bangat deh sama dia nih. Cukup dramanya. Kamu pasti penasaran dan menebak-nebakkan apa yang akan ngadem.com rangkum kali ini. Iya, benar sekali. Kali ini kami akan rangkum tempat wisata hits dan spot foto kece di Tegal, yang sayang banget kalau cuma kamu pantengin foto-fotonya di Instagram. Kamu harus mencobanya sendiri. Ayo, kunjungi Tegal sekarang juga. Gaklah, maksudnya saat liburan. Hehehe.

1. Menikmati Percikan Senja di Pantai Alam Indah.

Pantai Alam Indah Foto Dari @imronsuny

Kalau kamu berencana mengunjungi kota Tegal, sebaiknya jangan melewatkan untuk mengunjungi pantai ini deh. Why? Pertama, pantai ini tidak jauh loh dari pusat kota, jadi gak akan perlu drama dan ribet untuk mengunjunginya. Kedua, senja di pantai ini dijamin akan membangkitkan perasaan-perasaan melankolis dalam dirimu. Dijamin setelah itu, entah kenapa kamu akan jadi lebih sayang sama dirimu sendiri dan sayang sama orang-orang di sekitarmu (berlebihan ya?). Ketiga, udah deh dua alasan di atas udah cukup banget buat kamu untuk mengunjungi pantai ini.

Pantai Alam Indah sudah dilengkapi berbagai fasilitas dan penyewaan perlengkapan untuk berenang. Buat kamu yang ingin berlayar, juga sudah disediakan perahu. Cukup merogoh biaya sebesar Rp.5000 sampai Rp. 10.000 per orang kamu bisa merasakan sensasi duduk manis di atas perahu.

Pantai ini memang sudah dipersiapkan untuk menjadi tempat wisata, makanya tidak heran kalau pantai ini juga dilengkapi dengan banyak wahana permainan dan spot-spot kece untuk mengamati laut luas seperti anjungan dan gazebo. Wahana bermain seperti waterboom, kereta kuda, sepeda juga bisa kamu coba. Asyikkan? Kan? Kan?

2. Mari Menikmati Pesona Kampung Nelayan di Pantai Muarareja.

Pantai Muarareja Foto Dari @ghaltani

Pantai Muarareja memang belum sepopuler Pantai Alam Indah, tapi jangan salah pantai ini juga menyimpan senja yang gak kalah indah dengan senja di Pantai Alam Indah loh. Selain pesona senja, pantai ini bisa banget untuk dijadikan spot foto, soalnya di sekitar kawasan pantai dihiasi pohon bakau dan cemara yang anggun.

Tidak hanya bengong-bengong mengamati senja atau selfie sepanjang hari. Buat kamu yang hobby memancing, bisa mencoba peruntunganmu di pantai ini. Menurut warga sekitar, jika cuaca sedang baik hasil memancing di pantai ini lumayan banyak. Wow, kudu dicoba deh!

Pantai Muarareja terletak di Kelurahan Muarareja, Kec Tegal Barat yang mudah diakses dari kota Tegal. Pantai ini sangat cocok untuk alternatif wisata keluarga, bahkan kamu juga bisa camping ceria dan melewati malam di sini loh.

3. Dari Pantai, Lari ke Waduk Cacaban, yuk.

Waduk Cacaban Foto Dari @cuakeb

Oke, larinya jangan jauh-jauh ya. Cukup ke waduk Cicaban aja. Waduk Cacaban ternyata merupakan warisan Presiden pertama kita, loh. Berarti waduk ini udah tua ya. Bisa kebayangkan berapa banyak cerita sejarah yang terendam diam di kedalaman danau ini (hahaha). Untuk masuk ke lokasi waduk kamu cukup bayar Rp.5000 doang!

Di waduk ini, kamu bisa duduk menikmati penggembala kerbau dan juga siluet Gunung Slamet dari kejauhan. Gak cuma itu aja. Buat kamu yang ingin berkeliling danau, sudah disiapkan perahu loh. Kamu cukup bayar Rp. 50.000 aja. Tidak hanya berkeliling menggunakan perahu, di waduk Cacaban kamu juga bisa memancing loh jadi jangan lupa bawa perlengkapan memancing ya.

Akses menuju lokasi waduk dari kota Tegal cukup mudah. Kamu akan menempuh perjalanan 20km melewati Kramat dan Pangkah, sedangkan kalau kamu berangkat dari Kota Slawi bisa lebih dekat lagi. Cuma 9 km.

Waduk Cacaban sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti musholla, toilet, tempat parkir, bumi perkemahan, tempat bermain anak, panggung hiburan, bukit mbah santi, kapal wisata, warung apung, road race, penginapan, dan rumah makan. Woooow, lengkap bangetkan. Dijamin galaumu deh

4. Merasakan Kesegaran Danau Di Perbukitan Kapur.

Danau Beko Margasari @adisetyowicaksono

Kemunculan danau ini sempat menggemparkan warga sekitar desa Karangdawa loh. Danau misterius yang kemudian dinamakan Danau Beko ini muncul begitu saja di antara perbukitan kapur. Diduga berawal dari bekas galian pertambangan kapur gitu.

Tenang aja ya. Meski pun ini bekas galian pertambangan kapur, di jamin kamu bisa menikmati kesejukan air Danau Beko. Danau Beko berlokasi di Jatilaba, Margasari, Tegal. Jika kamu ingin menyambangi lokasi danau Beko, dari perempatan pasar Margasari cukup menempuh perjalanan sejauh 5 km loh guys. Heeeem, harus banget deh kamu coba.

5. Hangatkan Tubuh di Pemandian Air Panas Guci.

Pemandian Air Panas Guci Foto Dari @lintangsyuhada

Pemandian Air Panas Guci yang terletak di selatan kota Tegal atau Slawin ini, merupakan objek wisata pemandian air panas alami loh. Di kawasan Guci ini kamu bisa menikmati berendam air panas yang gratis atau yang mesti pake tiket alias gratis. Lokasi pemandian air panas terbuka alias gratis berada di pancuran 13, pancuran 7, dan pancuran 5 yang dapat dinikmati di sekitar lokasi pemandian. Tapi kalau kamu ingin merasakan sensasi berendam air panas di kolam, kamu cukup datangi aja hotel-hotel disekitar kawasan pemandian dengan membayar Rp.20.000 saja.

Kawasan pemandian air anas Guci sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitias loh guys. Diantaranya, penginapan, wisata hutan, kolam renang air panas, lapangan tennis, lapangan sepak bola, out bound, wana wisata, pendakian bukit perkasa, kuda wisata, kios souvenir, dan agrowisata yang terdiri dari perkebunan strawberry, wortel dan kubis. Bahkan di kawasan ini juga terdapat bumi perkemahan. Waah, buat pencinta camping, kamu kayanya wajib nyoba camping di sini. Dingin-dingin gimana gitu, terus kalau udah gak kuat karena kedinginan langsung nyebur deh ke kolam air panas. Auuuw.

Harga tiket masuk kawasan Pemandian Air Panas Guci untuk hari biasa dewasa adalah Rp.5000, sedangkan untuk anak-anak Rp.4500. Saat hari libur harga tiket dewasa Rp7.000 dan anak-anak Rp.6500.

Akses menuju lokasi Pemandian Air Panas Guci sangat mudah dijangkau. Kalau kamu berangkat ke Tegal menggunakan kendaraan umum, setibanya di terminal Tegal, kamu dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum ke Desa Tuwel, Bojong dengan waktu tempuh sekitar 30-45 menit. Dari Tuwel kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju daerah Guci sekitar 30 menit. Gampangkan?

6. Rita Park Tempat Asyik untuk Liburan Bersama Keluarga.

Rita Park Foto Dari @dikkimotion

Rita Park adalah tempat wisata yang wajib banget kamu kunjungi kalau kamu ada di Tegal. Rita Park sebenarnya agak mirip dufan gitu. Jadi bisa dibilang Rita Park adalah Dufan-nya Jawa Tengah. Rita Park terletak di Jl. Kolonel Sugiono No. 155 Tegal. Lokasi wisata ini dekat dengan Rita Supermall dan masih dalam kawasan perkotaan Tegal gitu deh.

Di kawasan wisata ini disediakan 21 macam wahana yang dijamin bikin liburanmu gak garing. Untuk masuk ke kawasan wisata Rita Park kamu harus membayar tiket sebesar Rp.25.000 yang belum termasuk tiket untuk menikmati keseruan wahana-wahan yang ada di sini. Tapi jangan galau, harga tiket wahan-wahan di Rita Park berkisar antara Rp.10.000-Rp.15.000. Nah, buat kamu yang gak mau repot ngantri di tiap loket wahana, kamu tinggal bayar aja di tiket masuk utama sebesar Rp.75.000. Jadi dengan Rp.75.000, kamu bisa langsung menikmati semua wahana yang ada tanpa perlu ribet ngantri di tiap loket wahana. Rita Park buka mulai pukul 09:30 sampai 21.00 pada hari Senin-Jum’at, sedangkan khusus hari Sabtu, Rita Park buka 09:30 sampai 21:30.

7. Main Air Sepuasnya di Curug Luhur.

Curug Luhur Foto Dari @afandi_nugroho

Curug Luhur terletak di antara desa Sokasari Kecamatan Bumijawa dengan Desa Tuwel, Kecamatan Bojong. Curug dengan ketinggian 25 meter ini berada di ketinggian 1000 mdpl. Jadi kalau kamu ingin berkunjung ke lokasi curug, kamu agak tracking gitu deh.

Akses menuju lokasi curug ada dua, yaitu lewat Sokasari dan Dukuhgandu tapi atas nama keamanan, kamu sebaiknya mencoba lewat jalur kedua ya guys. Soalnya jalur ini lebih aman dibandingkan jalur Sokasari.

Dari pertigaan Tuwel, kamu tinggal belok kanan menuju arah Bumijawa. Tidak lama kemudian kamu akan tiba di Dukuh Kopigandu. Naaah dari dukuh ini perjalanan dilanjutkan dengan tracking ke lokasi curug dengan melewati jalan setapak dan sawah-sawah. Udaaahlah, gak usah dibikin susah, jalannya gak sesulit yang kamu bayangkan, kok. Mending langsung nyoba deh.

Tegal dan 6 wisata hitsnya udah ngadem.com rangkum buat kamu. Kurang spot foto kecenya nih. Cek nih!

Ingin foto di atas bukit batuan yang menjulang tinggi? Coba deh ke Batu Agung Balapulang. Lokasinya di Desa Batu Agung, Kecamatan Balapulang, Tegal.

Batu Agung Balapulang Kab. Tegal Foto Dari @aliq_fairuzi

 

Masih belum puas dengan hasil foto-fotomu di Batu Agung Balapulang? Pindah aja ke Batu Ancik Pagerwangi. Masih di sekitar Kecamatan Balapulang, nih.

Batu Ancik Foto Dari @evanimran

Foto Cantik di atas Jembatan Gantung Danawarih yuk. Jembatan ini melintas di atas sungai Kali Gung di Desa Danawarih, Tegal. Dari Kota Tegal cukup arahkan kendaraanmu ke Selatan kurang lebih 24 km. Pasti hasil jepretmu ciamik deh.

Jembatan Gantung Danauwari Foto Dari @rizkibrew

Akhiri wisatamu di kota Tegal dengan menikmati sunset di Bengkel Kapal ini. Lokasinya gak jauh dari Pelabuhan Tegal nih. Wajib banget dicoba.

Bengkel Kapal Kota Tegal Foto Dari @aryfirmansahh

Oke deh, selamat berlibur di tegal guys. Jangan merusak apapun ya.

Have fun!

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.