in

Wisata Papua Dinilai Terhambat: Bantu Sama-Sama Yuk, Biar Dunia Tahu Papua Itu Indah

Ngadem.com – Foto-foto pesona Raja Ampat di Instagram atau di media sosial apapun selalu berhasil membius traveler. Bahkan Raja Ampat sudah menjadi wisata impian semua traveler tapi tahu gak sih ada fakta yang sangat miris dibalik semua gegap gempita keindahan salah satu potensi wisata Papua itu.

David Pagawak selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Papua mengungkapkan kekuatiaran terkait terhambatnya perkembangan pariwisata Papua selama ini. Ia menilai isu kriminalitas menjadi penghambat kemajuan pariwisata bumi Cendrawasih tersebut.

“Selama ini stigma Bumi Cenderawasih tidak aman membawa dampak negatif pada pariwisata, di mana banyak wisatawan dalam negeri maupun luar negeri enggan datang lantaran takut,” ujar David di Jayapura, Selasa (23/2/2016).

Rupanya isu-isu kemanan yang selama ini sering disuguhkan media membuat wisatawan kecut nyalinya untuk menyelami keindahan kota itu. Aduh kok kaya gitu sih?

Bahkan David menyebutkan adanya indikasi keengganan para biro jasa dari luar Papua untuk menawarkan potensi wisat Papua kepada wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Kok gitu sih padahalkan Papua indah banget?

“Banyak biro perjalanan wisata yang beroperasi di pusat pada membelokkan wisatawan yang ingin datang ke Papua ke daerah lain seperti Bali, Sulawesi, Kalimantan dan daerah lainnya,” katanya.

Dalam wawancara tersebut David juga mengungkapkan harapannya. Ia meminta dukungan dari berbagai pihak khususnya biro perjalanan untuk mendorong wisatawan baik dalam maupun luar negeri untuk datang ke Papua. Kekayaan alam Papua yang luar biasa tidak akan bisa dimaksimalkan pengelolaannya jika tidak melibatkan berbagai pihak.

“Saya tidak bisa bekerja sendiri karena kami punya tugas itu mempromosikan sumber daya alam yang ada,” katanya.

Yuuuk guys, kamu bisa ikut membantu lewat media sosial. Bantu kampanyekan potensi keindahan alam negeri Cendrawasih itu yuk. Buktikan bahwa berwisata ke Papua tidak semenyeramkan yang dibayangkan oleh semua orang selama ini. Sayang bangetkan kalau sampai keindahahan alam Papua tersembunyi dan sepi pengunjung? Papua ramah! Papua aman!

Sumber: Kompas.com

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.