in

1 November 1982: Honda Menjadi Produsen Mobil Asia Pertama di AS

Ngadem.com – Pada tanggal 1 November 1982, Honda menjadi perusahaan Asia pertama yang memproduksi mobil di Amerika Serikat. Acara pembukaannya berlangsung di Marysville, Ohio dan mobil pertama yang diproduksi adalah Honda Accord.

Honda Accord sendiri merupakan rangkaian mobil yang diproduksi oleh Honda sejak tahun 1976, paling dikenal untuk varian sedan empat pintu, yang menjadi salah satu mobil terlaris di Amerika Serikat sejak 1989.  Kian tahun, Honda Accord meraih kesuksesan besar, terutama di Amerika Serikat, menjadi mobil Jepang terlaris selama lima belas tahun (1982-1997). Di tahun 1991 dan 2001, sekitar sepuluh juta unit Honda Accord terjual. Banyak driver menilai bahwa Honda Accord merupakan salah satu kendaraan yang paling bisa diandalkan di dunia.

Sejak inisiasi, Honda menawarkan beberapa gaya yang berbeda dari Accord. Debut pertamanya pada tahun 1976 yang mengusung nama Hatchback, dan hanya bertahan sampai 1981. Di tahun 1990, Honda Accord meluncurkan generasi keenam dan menjadi kendaraan menengah, dengan satu platform dasar namun dengan performa dan proporsi yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing terhadap mobil-mobil yang bermunculan saat itu.

Pada bulan Juni 2015, Honda mengumumkan bahwa Accord Plug-in Hybrid akan berhenti diproduksi, bersamaan dengan Civic Hybrid dan Honda Civic GX. Keputusan ini diambil Honda untuk memajukan ekonomi bahan bakar melalui teknologi mesin konvensional. Perusahaan berencana untuk meluncurkan dedicated plug-in hybrid dan baterai listrik terbaru pada tahun 2016.

Sumber: historyorb, wikipedia

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.