in

11 Oktober 2002: Bom Bunuh Diri di Finlandia Tewaskan 7 Orang

Ngadem.com – Pada tanggal 11 Oktober 2002, terjadi serangan bom bunuh diri di pusat perbelanjaan di Vantaa, Finlandia. Serangan ini menewaskan tujuh orang, termasuk dua remaja, anak berusia 7 tahun dan pelaku. Tercatat, 166 orang luka-luka, termasuk 10 anak-anak, 66 korban harus dirawat inap. Pusat perbelanjaan ini terbilang ramai, dengan hampir 2.000 pengujung perharinya, termasuk banyak anak-anak yang datang untuk melihat pertunjukan badut.

Pelaku sendiri bernama Petri Erkki Tapio Gerdt (17 April 1983 – 11 Oktober 2002), yang tewas dalam ledakan tersebut. Ia adalah seorang mahasiswa teknik kimia berusia 19 tahun dan hobi membuat bom. Ia juga merupakan anggota aktif dari Kotikemia (“Rumah kimia”), sebuah forum online untuk ahli kimia amatir.

Bom tersebut kemungkinan dibangun di apartemennya. Beratnya sekitar 2-3 kilogram dan terbuat dari amonium nitrat dan nitromethane dengan pelet senapan. Motif pengeboman tidak jelas, dugaan sementara bahwa bom meledak sebelum waktunya. Pusat perbelanjaan ditutup selama hampir tiga minggu.

Adanya kemungkinan Gerdt memiliki hubungan dengan kelompok-kelompok radikal atau organisasi teroris tebukti tidak benar.

Sumber: BBC, Historyorb

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.