in ,

11 Tempat Wisata Kece di Gresik yang Jangan Sampe Lolos Dari Listmu

Ngadem.com – Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar nama Kota Gresik? Bisa ditebak deh, pasti kamu akan memikirkan sebuah kota yang sumpek, yang dipenuhi dengan pabrik-pabrik semen, dan tentunya, bikin dada jadi sesek. Tapi jangan salah, Sob. Ternyata Gresik juga mempunyai segudang tempat wisata kece yang nggak boleh kamu lewatin begitu aja.

Nah, daripada kamu penasaran, mendingan langsung aja kita sambangi tempat-tempat wisata yang ada di Kota Gresik. Yuk, berangkaaatt…

1. Awali Petualanganmu dengan Berfoto di Tanjungori

Labuhan Tanjung Ori, Tambak, Bawean foto dari @bagasbramantya

 

Pelabuhan Tanjungori menjadi pintu gerbang untuk menuju wilayah Pulau Bawean. Oleh karena itu, jika kamu ingin berpetualang di wilayah Pulau Bawean, kamu harus menuju Pelabuhan Tanjungori terlebih dahulu. Lokasinya terletak di Desa Tanjungori, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik. Istimewanya, di sini kamu bisa menemukan sebuah dermaga yang berbentuk landai. Jadi, kamu pun bisa berbasah-basahan atau sekadar bersantai menunggu datangnya senja. Untuk memasuki kawasan Pelabuhan Tanjungori, kamu hanya akan dikenai tarif parkir sebesar Rp. 5000,00. Setelah itu, kamu bisa menikmati keidahan pelabuhan ini.

2. Liburanmu di Gresik Tak Akan Sia-sia Kalau Kamu Menyusuri Gugusan Pulau Bawean

Noko Selayar foto dari @travelfoodhunter

 

Di dalam pikiranmu, pasti kamu pernah membayangkan sebuah surga yang begitu aduhai dan menggoda? Ya, kini kamu tak perlu membayangkannya lagi Genks. Soalnya, di Kota Gresik kamu bisa menemukan surga kecil yang akan memuaskan dahaga berliburmu. Ia adalah Gugusan Pulau Bawean. Jika kamu ingin mendatangi surga kecil ini, pertama-tama kamu harus menuju pelabuhan Gresik dan menyewa sebuah perahu nelayan/ speedboat yang ada di sekitar lokasi pelabuhan. Jarak yang akan kamu tempuh dari pelabuhan Gresik menuju Pulau Noko Selayar kurang lebih 20 menit.

Nah, di sini kamu juga bisa menemukan beberapa pulau-pulau lainnya, baik yang berpenghuni maupun yang tak berpenghuni. Pulau-pulau tersebut antara lain adalah, Pulau Gili, Pulau Selayar, Pulau Gili-Noko, dan Pulau Noko-Selayar. Masing-masing pulau tersebut mempunyai ciri khas dan keistimewaan masing-masing. Jadi, kalau kamu tidak menyambanginya satu-persatu, dijamin deh, kamu bakalan nyesel dan kepikiran terus. Ohya, untuk biaya sewa perahu menuju pulau-pulau tersebut, kamu akan dikenai tarif sekitar Rp. 150.000,00 – Rp. 200.000,00/ perahu. Besar-kecilnya harga tergantung pada caramu menawar pada bapak nelayan. Have fun, Genks!

3. Masih di Wilayah Pulau Bawean, Kamu Juga Bisa Mlipir ke Pulau Cina

Pulau Cina Bawean foto dari @phaist33

 

Meskipun tidak sepopuler Pulau Noko-Selayar dan Pulau Gili-Noko, tapi Pulau Cina ini juga tak boleh kamu lewatkan begitu saja, Sob. Why? Soalnya, pulau kecil ini juga mempunyai keistimewaan yang tak kalah dengan kedua pulau tersebut. Kalau kamu berminat untuk berkunjung ke tempat ini, kamu cukup menyewa sebuah perahu untuk menuju Desa Teluk Jatidawang. Di sini kamu bisa menemukan gugusan batu karang yang sangat indah yang disebut sebagai “Batu Panorama”, atau lebih dikenal dengan sebutan “Batu Labengan”.

Batu Panorama merupakan dua batu karang yang terbentuk secara alami dan menyerupai dua buah menara kembar. Ya, panorama di pulau ini semakin lengkap dengan air laut yang bening dan terumbu karang yang terlihat jelas dari atas perahu. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kejernihan air laut tersebut untuk melakukan kegiatan snorkling. Keindahan biota lautnya akan langsung terlihat begitu kamu menyeburkan dirimu di sini. Tapi sayangnya, kamu harus membawa peralatan snorklingmu sendiri dari rumah. Soalnya, di sini tidak disediakan penyewaan alat snorkling. Nah, istimewanya lagi, kamu tidak akan dikenai biaya sepeserpun untuk memasuki kawasan ini.

4. Nikmati Kemegahan Gugusan Karang yang Menyerupai Kastil di Tanjung Gaang

Tanjung Gaang Bawean foto dari @rhied13

 

Tanjung Gaang terletak di Dusun Somor-Somor, Tanjung Kima, Gresik. Untuk menuju ke lokasi ini, kamu pun harus menyewa sebuah perahu nelayan dari Pelabuhan Gresik. Biaya sewanya berkisar antara Rp. 50.000,00 – Rp. 100.000,00 (tergantung bagaimana caramu menawar). Nah, di sepanjang perjalanan itu, kamu akan diajak melewati gugusan karang-karang yang berdiri kokoh menyerupai kastil-kastil di Eropa. Perahu akan dilajukan dengan kecematan rendah ketika melewati gugusan karang tersebut. Ya, baru di tengah perjalanan saja kamu akan disuguhi pemandangan yang cukup memukau, apalagi kalau sudah sampai di lokasinya. Iya, nggak?

Oke, setelah tiba di kawasan Tanjung Gaang, kamu bisa menikmati keindahan bawah lautnya yang cukup mengesankan. Tak sampai di situ saja, kamu juga bisa melihat gugusan karang yang berjajar begitu panjang membentuk seperti benteng peratahanan. Nah, kalau kamu pengin snorkling di sini, kami sarankan agar kamu membawa peralatan dari rumah, soalnya di sini juga belum disediakan penyewaan alat-alat snorkling. Ohya, untuk berenang di sekitar lokasi ini, kamu harus meningkatkan kewaspadaanmu, soalnya tebing-tebing karang di sini cukup banyak dan mempunyai ketajaman yang mampu merobek-robek kulitmu. So, tetap hati-hati, ya, Genks!

5. Tidak Berhenti Sampai Di Situ Saja, Pantai Ujung Sawo Mengare Ini Juga Patut Dikunjungi

Pantai Ujung Sawo, Mengare foto dari @rizkidekawe

 

Mengare merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Rata-rata penduduk di sini bekerja sebagai nelayan. Akan tetapi, karena pertumbuhan pariwisata di Kota Gresik kian berkembang, maka hal itu pun berdampak pada kegiatan warga Pulau Mengare yang kemudian beralih profesi dengan menyediakan jasa keliling pulau menggunakan perahu. Untuk menuju ke sini, kamu bisa menempuhnya dengan melewati jalan tol Surabaya – Manyar. Kemudian, turunlah ke Manyar dan lanjutkan perjalananmu menuju Sembayat. Setelah sampai Sembayat, kamu pun masih harus menempuh jarak sekiranya 12 km menuju Pulau Mengare.

Nah, setelah sampai di pulau ini, petualanganmu yang sebenarnya baru akan dimulai. Ya, di tempat inilah kamu bisa menemukan sebuah pantai yang cukup elok dan eksotis bila dipandang. Namanya adalah Pantai Ujung Sawo. Meskipun terlihat agak gersang dan tandus, tapi pantai ini mempunyai kelebihan lain, yakni dihiasi dengan adanya koloni burung-burung camar yang cantik dan memikat hati. Ohya, untuk memasuki wilayah pantai ini, kamu tidak perlu membayar lebih, karena pantai ini belum ada yang mengelolanya. Meskipun begitu, kamu tetap harus menjaganya agar tetap lestari ya, Genks!

6. Yuk, Sekalian Mlipir ke Tambak Leran

Tambak Leran foto dari @kurniawanhakim

 

Kenapa kamu harus mlipir ke Tambak Leran? Karena di sini ada burung-burung hitam yang seringkali muncul di sekitar area tambak. Kehadiran burung-burung itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, karena kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk sekadar berfoto bersama burung-burung besar, atau menikmati suasana tambak yang aduhai. Nah, kalau kamu berminat, lokasinya terletak di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Kawasan tambak ini sebenarnya tidak diperuntukkan sebagai obyek wisata, oleh karena itu, kamu tidak perlu membayar biaya masuk jika ingin berfoto bersama burung-burung tersebut.

Selain itu, di sini kamu juga bisa menikmati pesona hutan mangrove yang tak kalah menariknya. Kamu pun tak perlu khawatir kebasahan, soalnya di sini telah disediakan jembatan yang terbuat dari kayu yang membentang—cukup panjang—mengitari wilayah hutan mangrove tersebut. Nahloh, kurang menarik gimana lagi, coba? Segera kemasi barang-barangmu, dan berliburlah ke lokasi ini, ya!

7. Di Kampung Bangau Ini Kamu Juga Bisa Melihat Burung-Burung yang Cantik

Kampung Bangau Benjeng foto dari @irfan_akbarp

 

Lokasinya terletak di Dusun Gempol, Desa Jogodalu, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresek. Sesuai namanya, di sini kamu akan diajak untuk melihat bangau-bangau putih, atau yang dikenal dengan sebutan manuk kuntul—yang tak terhitung jumlahnya. Nah, kalau kamu pengin lebih lengkap lagi, kamu pun bisa memakai jasa paket wisata yang dikelola oleh muda-mudi setempat. Kamu akan diajak menyusuri Kampung Bangau dan melihat proses pembuatan sarung tenun yang dibuat oleh warga setempat. Dijamin deh, kamu nggak akan nyesel kalau mampir ke tempat ini.

8. Di Gresik Juga Ada Jamur-Jamur Raksasa yang Siap Mengenyangkan Hasrat Berliburmu

Bukit Jamur foto dari @faridbrawijaya

 

Kalau kami bilang “Di Gresik ada jamur-jamur raksasa”, kamu bakalan percaya nggak, Genks? Percaya aja deh ya? Kalau masih nggak percaya, silakan datang aja ke bukit kapur yang terletak di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Di sini kamu akan menemukan jamur-jamur raksasa yang berjajar dengan cantiknya. Perlu kamu ketahui Genks, bahwa jamur-jamur raksasa itu bukanlah tumbuhan jamur yang sesungguhnya. Tapi merupakan perbukitan kapur yang dulunya sempat menjadi area pertambangan. Tapi kini, pertambangan itu sudah tidak digunakan lagi, sehingga batu-batu tersebut terkena erosi yang disebabkan oleh hujan dan angin, maka terbentuklah jamur-jamur raksasa seperti sekarang ini.

9. Sambangi Juga Uniknya Bukit Kapur Sekapuk

Bukit Kapur Sekapuk foto dari @hennysunur_

 

Gunung Kapur Sekapuk terletak di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik. Lokasinya berada tak jauh dari obyek wisata di atas, jaraknya hanya sekitar 7 km saja. Gunung kapur ini merupakan bekas galian yang menyisakan bentuk yang unik dan eksotis. Dan tentunya, sangat menarik untuk kamu sambangi. Nah, kalau kamu berminat, kamu bisa memasuki kawasan ini dengan membayar biaya sebesar Rp. 5000,00. Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya parkir kendaraan.

10. Satu Tempat Lagi yang Tak Boleh Kamu Lewatkan Begitu Saja, Namanya Bukit Banyu Urip

Bukit Banyu Urip, Ujung Pangkah, foto dari @mhmdsyaifuddin

 

Adalah Bukit Banyu Urip. Lokasinya terletak di Desa Banyu Urip, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sesampainya di puncak bukit ini, kamu bisa melihat pemandangan yang begitu luar biasa, meliputi pemandangan laut, pemandangan kota gresik dan area tambak yang cukup luas. untuk memasuki obyek wisata ini, kamu akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 5000,00. Sedangkan biaya parkirnya dipatok dengan harga Rp. 2000,00 (motor) dan Rp. 5000,00 (mobil). Ohya, karena akses jalan menuju lokasi ini cukup curam, maka kami sarankan agar kamu memakai kendaraan roda dua saja. Oke, selamat berlibur, Kawan!

11. Tak Ada Salahnya Kalau Kamu Berwisata Religi di Makam Sunan Giri

Makam Sunan Giri foto dari @ekocahyop

 

Lokasinya terletak di Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Selain bisa berziarah di makamnya Sunan Giri, kamu juga bisa melihat bangunan yang begitu artistik menyerupai bangunan Pura di Bali. Kamu bisa memanfaatkan bangunan tersebut sebagai background untuk berfoto.

Nah, untuk menuju makamnya Sunan Giri, kamu bisa melilih tiga akses jalan, yakni dari arah Masjid Sunan Giri, lalu dari undakan tengah dengan melewati gapura Candi Bentar dan patung naga berukuran besar, dan dari arah Makam Sunan Prapen. Terserah aja, kamu mau pilih yang mana, semua jalur tersebut punya keunikan masing-masing, kok. Nah, perlu kami ingatkan Genks, bahwa di tempat ini kamu harus berlaku sopan, jangan cengengesan. Oke?

Sip deh, 11 tempat wisata kece di Gresik udah kami rangkumkan buat kamu. Nabung yuk, biar bisa jalan-jalan ke kota ini!

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.