in ,

Hei Kamu, Sudah Tahu “Panama Paper” Itu Apa? Sini Merapat!

Ngadem.com – Akhir-akhir ini, media massa kita dihebohkan dengan pemberitaan bocornya dokumen rahasia yang menyangkut skandal “Panama Paper”. Tapi, tahukah kamu tentang Panama Paper itu sendiri? Enggg…, kok pada diem? Belum tahu, ya? Yaudah deh, sini-sini, merapat, biar kami kasih tahu.

Ya, Panama Paper adalah sebuah skandal mengenai dunia offshore atau dunia tanpa pajak kerja. Publik dunia terenyak mendengarnya lantaran skandal tersebut diklaim menyebabkan kerugian yang sangat bueessaaar bagi banyak negara. Tapi, kembali lagi pada pertanyaan awal, “Sebenernya, Panama Paper itu apaan, sih? Dan seperti apa bentuk skandalnya?” Nah, di bawah ini kami hadirkan lima hal yang perlu kamu ketahui mengenai skandal Panama Paper. Check this out, Genks!

1. Panama Paper Itu Apaan, Sih?

Majalah Tempo melakukan investigasi terhadap bocoran data mengenai informasi dunia offshore dari tahun 1977 hingga 2015. Informasi tersebut konon menyebut skandal bisnis yang dilakukan oleh para rekanan Presiden Vladimir Putin, yakni tentang pelanggaran kode etik bisnis para petinggi FIFA, hingga penyelewengan pajak beberapa pebisnis besar dunia. Dan, bisa jadi juga, pebisnis dalam dunia wisata pun ikutan tersandung dalam kasus ini. Pokoknya masalah ini ngeri banget deh, Sob. Bisa bikin bingung. Tapi intinya, masalah ini menyangkut tentang penggelapan dana gitu. Nah, udah agak paham, kan?

2. Mengapa Disebut Panama Paper?

Selama hampir empat dekade lamanya, sebanyak lebih dari 11 juta dokumen offshore terhubung oleh Mossack Fonseca—sebuah firma hukum internasional yang berbasis di Panama. ICIJ menyebut bahwa firma ini melayani pembentukan perusahaan bodong dan pengelabuan pajak bagi banyak institusi bisnis global. ICIJ juga melaporkan bahwa pada audit 2015 lalu, Mossack Fonseca diketahui menyimpan rahasia 204 nama institusi bisnis terkemuka dunia dari lebih 14.000 perusahaan yang terdaftar di Seychelles, sebuah kepulauan kecil di Samudera Hindia yang terkenal sebagai surga pajak. Nah, itulah alasan mengapa firma ini disebut “Panama Paper’, Sob.

3. Bener Gak Sih Kalau Panama Paper Itu Ilegal?

Ya, bener gak bener, sih. Soalnya, beberapa narasumber mengatakan bahwa kumpulan dokumen tersebut tidak sepenuhnya mengindikasikan aktivitas yang ilegal. Namun, faktanya memang para perusahaan bodong dan akun fiktif tersebut bisa menjadi topeng untuk menyembunyikan transaksi dan kepemilikan finansial tertentu. Bocoran rahasia terkait juga menyebut beberapa nama dan perusahaan yang masuk daftar hitam di Eropa dan Amerika Serikat (AS); akibat keterlibatannya pada perdagangan narkoba, terorisme, dan lain sebagainya. Tuh kan, ngeri banget, kan?

4. Siapa Aja Sih yang Terlibat dalam Hal Ini?

Bocoran dokumen Panama Paper menyebutkan bahwa ada 12 nama pemimpin dunia (sekarang dan mantan) yang turut terlibat. Selain itu, ada juga 128 politisi dunia dan beberapa figur publik terkenal. Ada pula Vladimir Putin dan beberapa petinggi FIFA. Ohya, skandal Panama Paper juga menyebut keterlibatan Perdana Menteri Islandia melalui akun milik istrinya. Tuh Genks, yang ikutan aja orang-orang penting. Masa iya kamu mau ketinggalan berita sepenting ini?

5. Bagaimana Respon Pihak-Pihak yang Tersangkut Masalah Tersebut?

Pusat pemerintahan Rusia, Kremlin, aktif menampik tudingan tersebut dengan alasan: menggangu rencana tampilnya Putin pada ajang pemilihan umum mendatang. Sementara itu, FIFA berkomentar bahwa skandal Panama Paper adalah hal yang konyol (Lhoh, kok bisa?). Namun, beberapa negara seperti Inggris, Prancis, Australia, dan Meksiko telah mengumumkan komando investigasi untuk membuktikan kebenaran skandal tersebut (Emang seharusnya begini, ya?).

Nah, itulah kelima hal yang perlu kamu ketahui tentang Panama Paper, Sob. Semoga artikel ini bisa sedikit membantumu, ya. Biar kamu nggak terlalu bingung dan ketinggalan informasi, Sob! Oke? :)

Sumber: www.esquire.co.id

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.