in ,

6 Acara Kece yang Lahir dari Kemolekan Gunung

Jazz Ijen Banyuwangi via www.beritabanyuwangi.info

Ngadem.com – Keindahan gunung tidak akan ada habisnya jika dibicarakan. Bahkan setelah didaki pun pesonanya seolah tiada habisnya. Setiap pendakian, kita selalu mendapatkan sesuatu yang baru lagi meskipun kita mendaki gunung yang sama dengan jalur yang sama namun rasa yang tinggal dalam diri rasanya selalu baru dan berbeda. Seolah itu adalah pendakian yang pertama kalinya.

Kegagahan dan keagungan gunung ini yang kemudian menciptakan ide atau pun inspirasi hebat bagi manusia. Salah satunya yaitu acara-acara kece yang dilangsungkan di gunung atau pun acara-acara yang dilangsungkan untuk menghormati keberadaan gunung yang sudah membawa berkah tiada terkira bagi warga sekitar lereng gunung. Semuanya seolah terinspirasi dari kecantikan gunung-gunung yang ada.

Kira-kira ada acara apa aja seh? Yuk, cek langsung aja di rangkuman Ngadem.com berikut ini.

1. Dari Tradisi Ruwat Rambut Gembel Hingga Pertunjukan Musik Jazz di Dieng Culture Festival

DCF via wisatajawatengah.com

Dieng Culture Festival (DCF) pada dasarnya adalah acara budaya yang diselenggarakan untuk melangsungkan ruwat rambut gembel. Nah ruwat rambut gembel itu sendiri adalah acara pemotongan rambut anak berambut gembel yang diyakini sebagai titisan Eyang Agung Kaladate dan Nini Ronce yang diyakini sebagai leluhur warga suku Dieng.

Nah untuk turut meramaikan acara ruwatan ini maka disiapkan juga cara-acara lain yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Dieng. Acar-acara tersebut antara lain pentas seni budaya, pergelaran wayang kulit, festival film, pertunjukan jazz atas awan, pesat kembang api, hingga acar pelepasan lampion. Duuuuh, asyik banget yak.

2. Ngejazz Asoy Berlatar Pesona Pegunungan di Jazz Gunung Bromo

Jazz Gunung Bromo via liburanbromomurah.com

Nama acaranya adalah Jazz gunung. Ini merupakan pagelaran musik jazz yang di selenggarakan hampir tiap tahun di kawasan Gunung Bromo. Tepatnya di Hotel Java Banana Bromo Lodge, Cafe & Gallery, Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Pagelaran musik ini digelar di panggung terbuka yang dipercantik dengan latar pegunungan Bromo Tengger dan Semeru. Wuiiiih tambah cihui aja yak.

Gak hanya acara modern aja yang diselenggarakan di Kawasan Pegunungan Bromo Tengger dan Semeru ini. Ada juga upacara unik yang bernama Kasada. Kasada adalah hari besar umat Hindu yang bermukim di kawasan Gunung Bromo dan Tengger. Acara ini digelar sesuai dengan penanggalan Jawa kuno. Ok, nonton Jazz gak apa-apa kok tapi lebih keren lagi kalau kamu gak hanya nonton Jazz aja tapi juga datang ke upacara Kasada. Dijamin kerenmu nambah berlipat-lipat.

3. Tambora Yang Terekam Lewat Festival Pesona Tambora

Pesona Tambora via lombokatraktif.blogspot.com

Jadilah bagian dari Festival Pesona Tambora tahun ini yang akan digelar pada tanggal 11-16 April 2016. Festival ini adalah yang kedua kalinya, setelah tahun lalu sudah diadakan acara serupa guna memperingati 200 tahun meletusnya Gunung Tambora.

Nah, setelah peringatan 200 tahun itu, pemerintah menetapkan Tambora sebagai Taman Nasional dan berharap Tambora punya acara tahunan yang bersifat nasional. Menjawab hal itu maka pada tahun ini pun akan kembai diadakan Festival Pesona Tambora yang bertempat di Tambora.

Festival ini akan dimeriahkan berbagai event yaitu Tambora Running (Ultra Run 320 km & 100 km, Tambora Ultra 50 km & 25 km), Tambora Bike Event, Tambora Festival, Pulau Satonda (Tambora Literary dan Film Festival), Pameran Seni Rupa, dan Instalasi Art-arche di Galeri Seni Satonda, dan Ritus Budaya Tamboraman. Heeem, kece-kecekan? Catat tanggalnya ya guys.

4. Gila-Gilaan di Acara Rakyat Terkece: Festival 5 Gunung

Festival 5 Gunung via mampirmoto.wordpress.com

Festival Lima Gunung sudah berlangsung sebanyak XIII kali. Uniknya acara rakyat akbar ini merupakan hasil kerjasam warga yang bernaung di balik gunung Merbabu, Merapi, Sumbing, Andong., dan Menoreh dengan suka rela loh. Bahkan kamu bisa menikmati keseian rakyat yang unik-unik secara cuma-cuma loh guys.  Kegiatan ini diprakarsai oleh Komunitas Lima Gunung.

Meski bekerja keras seharian di ladang warga disekitar lima gunung ini tidak lupa untuk menghidupkan kesenian rakyat yang sudah hidup bersama mereka sekian lamanya. Komunitas ini digembleng oleh Sutanto. Bahkan festival ini tidak disponsori oleh pihak mana pun termasuk pemerintah.

Tempat FLG ini berpindah-pindah jadi kalau kamu tertarik untuk mendatangi sebaiknya selalu cek di internet yak. Kalau kamu ingin mengunjungi acara ini kamu tidak dipungut biaya sepeser pun. Cukup bayar parkir kendaraan saja. Bahkan kalau kamu butuh temat tinggal, kamu bisa hubungi panitia. Merea bisa menyiapkan rumah warga untuk tempat istirahat. Dan itu tentu saja gratis. Duh duh.

5. Dari Lampung Ada Festival Krakatau yang Mesti Kamu Ikuti

Jazz Ijen via www.semangatbanyuwangi.com

Festival Krakatau adalah event budaya serta pariwisata yang digelar di Lampung. Festival ini sudah semenjak tahun 1991. Event ni selalu sukses menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk meramaikannya.

Festival dilangsungkan untuk mempertegas kepemilikan Provinsi Lampung atas Gunung Krakatau kkarena secara dministratif gunung krakatau masuk dalam wilayah Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Tidak hanya itu, Festival Krakatau diselenggarakan untuk mengenang letusan dahsyat gunung tersebut yang terjadi pada tahun 1883 silam dengan korban sekitar 36.000 jiwa.

Festival Krakatau dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara seperti karnaval, gelaran budaya, pameran, atraksi seni tradisional, berbagai lomba menarik dan yang ditunggu-tunggu adalah tur Gunung Krakatau yang difasilitasi oleh pengelola alias gratis. Acara yang berlangsung hingga seminggu ini di laksanakan di berbagai lokasi di Kota Lampung.

6. Sekali Lagi Ngejazz di Gunung

Jazz Ijen Banyuwangi via www.beritabanyuwangi.info

Di Kabupaten Banyuwangi ada acara kece yang di gelar di sekitar kawasan Kawah Ijen. Yup, acaranya adalah Jazz Ijen Banyuwangi. Jazz Ijen Banyuwangi biasanya di gelar di  perkebunan Tamansari, Desa Jambu, Kecamatan Licin, tidak jauh dari kaki Gunung Ijen.

Tidak hanya sekedar pegelaran Jazz biasa, acara ini juga diikuti dengan kegiatan sosial seperti pemeriksaan kesehatan, donor darah, pembagian sembako, serta pengobatan gratis bagi warga sekitar. Dan tentunya wujud usaha pemerintah untuk memperkenalkan pariwisata Banyuwangi dan tentunya Kawah Ijen. Go Banyuwangi!

6 acara kece sudah Ngadem.com rangkum buat kamu. Siap mendatangi salah satunya? Have fun!

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.