in

7 Jajanan Khas Bandung Ini Wajib Banget Kamu Icip!

gambar via kabarwisata.com

Ngadem.com – Akhir pekan ini, ada rencana liburan kemana? Kalau kamu cari tempat wisata yang nggak jauh dari Jakarta, Bandung bisa jadi pilihan tepat. Jarak yang bisa dijangkau beberapa jam dengan kereta api Argo Parahyangan, jadi alasan utama kenapa kota yang memiliki julukan Paris van Java ini rekomended untuk dijadikan tempat melepas penat.

Ditambah  udara Bandung yang sejuk, membuat siapapun betah berlama-lama menghabiskan akhir pekan di sini. Selain memiliki deretan wisata yang sungguh memanjakan mata, Bandung juga dikenal dengan kulinernya yang sungguh menggugah selera.

Bicara soal kuliner, Bandung memang surganya jajanan hits nan enak. Nggak heran kalau banyak yang lupa diri sampai badan jadi gendutan. Tapi, nggak apa-apa. Bukankah katanya gendut itu identik dengan bahagia?

Oke deh, kalau kamu ke bandun pastikan 7 jajanan khas ini kamu icip ya.

Oh ya, untuk memudahkan perjalanan menuju Bandung, jangan lupa beli tiketnya di tiket KAI Argo Parahyangan. Selain memudahkan, perjanalan kamu menuju Bandung pun dijamin terasa lebih mengasikan.

1. Cimol

gamabr via resepchef.com

Aci (tepung kanji), disatukan dengan gemol, jadilah cimol. Jajanan pinggiran Bandung yang tersohor dengan bentuk bulat dan tekstur kenyal, disajikan bareng bumbu kacang atau serbuk perasa, seperti keju, barberkyu atau keju. Karena kekenyalannya ini, cimol banyak dicari wisatawan.

2. Siomay

gambar via @SiomayBandungAADimas

Siomay memang ada di berbagai penjuru Nusantara. Tapi selama kamu ada di Bandung, wajib hukumnya untuk mencari siomay di tanah kelahirannya. Racikan siomay dengan rasa dan aroma ikan tengiri, dipadu dengan berbagai kombinasi, seperti kentang, bakso, dan lain sebagainya, dinikmati bareng siraman kuah kacang. Pedas lebih nikmat!

3. Batagor

gambar via infobandung.co.id

Sama seperti siomay, batagor juga bisa ditemui di hampir seluruh Indonesia. Kenyataannya, siomay dan batagor memang biasa dijual dalam satu warung. Jadi kalau ada menu siomay, sudah pasti ada batagornya. Ngomong-ngomong soal batagor, ini adalah menu yang merupakan singkatan dari bakso dan tahu goreng. Dibuat dari adonan tepung kanji dan ikan, digoreng dalam minyak panas, dan disajikan dengan bumbu saus kacang.

4. Cilok

gambar via berrykitchen.com

Sekilas, cilok terlihat seperti bakso mini. Makanan yang terbuat dari adonan kanji dan daging ini memang dibentuk bulat-bulat kecil seperti bakso. Juga disajikan bareng kuah kacang dan siraman sambal, kalau suka pedas. Biasanya pedagang cilok ada yang inovasi dengan menyajikan cilok bakar sebagai sajian mereka.

5. Surabi Bandung

gambar via kabarwisata.com

Surabi merupakan makanan tradisional khas Bandung, dibuat dari adonan tepung, kemudian dipanggang di atas api setelah dimasukkan ke dalam cetakan yang terbuat dari tanah liat. Kalau surabi versi modern, biar lebih menarik, tersedia berbagai pilihan topping untuk dinikmati. Kamu bisa merasakan surabi dengan campuran rasa coklat, keju, durian, strawberry, dan lain sebagainya.

6. Mie Kocok Bandung

gambar via wikipedia.org

Beranjak ke jajanan berat, untuk perut yang kelaparan, kamu bisa coba menu mie kocok. Makanan ini tersedia di banyak tempat, dari kaki lima sampai restoran. Mie kuah ini terasa nikmat dengan kikil sapi yang membuat setiap gigitan jadi lebih seru dan menyenangkan.

7. Peuyeum

ensiklopediaindonesia.com

Sudah jauh-jauh pergi ke Bandung dengan Argo Parahyangan, nggak sah rasanya kalau belum mencoba segigit peuyeum. Bisa dibilang peuyeum adalah tape singkong, dibuat dari singkong yang difermentasi. Rasanya? Tentu saja manis kayak ada asem-asemnya.

Itulah 7 jajanan khas yang wajib kamu icip-icip saat berkunjung ke Kota Bandung. So, yuk ajak orang-orang terdekatmu liburan di Bandung. pastikan kamu berburu tiket kereta api Argo Parahyangan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan ya! :)