in ,

5 Curug di Karawang yang Bikin Kamu Lupa Diri Buat Basah-Basahan

Kami yang kini terbaring antara Karawang-Bekasi
Tidak bisa teriak “Merdeka” dan angkat senjata lagi

Puisi Karawang Bekasi, Chairil Anwar.

Nama kota Karawang pernah diabadikan dalam puisi seorang penyair. Cuplikan puisinya terasa heroik banget ya. Ok, di sini kita gak akan membahas tentang puisi tersebut karena sudah banyak orang yang mengulasnya. Jadi, apa sih yang mau kita bahas? Film Goyang Karawang? Ya, ngaaklah. Ok dari pada makin ngelantur, langsung aja cek 5 curug di Karawang yang akan membuat kamu lupa diri. Byuuuuuuuuuuuur.

1. Meditasi di Sunyinya Curug Lalay.

Curug Lalay, Foto Dari @adiwahyudin

Curug Lalay berada diantara perbatasan Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bogor, jadi buat kamu yang menetap di dua kota itu, udah deh gak usah kebanyakan mikir, langsung aja sambangi curug ini. Curug Lalay lumayan belum terekspos loh, jadi masih dijamin keasrian dan kesegaran airnya. Untuk mencapai lokasi curug, kamu harus sedikit berlelah-lelah bahagia karena lokasi yang tersembunyi di balik lembah. Bisa kamu bayangkan seberapa ademnya tempat ini. Bahkan menurut warga sekitar, air dari curug ini barasal dari mata air kelima yang datang langsung dari lereng Gunung Tangkuban Perahu.

Tapi kalau kamu ingin berkunjung, kamu bisa mengandalkan plang Madrasah Ibtidaiyah Cisasawi, Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong dan bertanyalah pada warga sekitar. Gak usah takut, orang Indonesia itu ramah-ramah kok. Untuk mencapai lokasi curug, kamu sebaiknya berjalan kaki melewati kebun penduduk, menyusuri sungai, dan naik turun bukit dan lembah.

2. Relaksasi di Curug Cigentis.

Curug Cigentis, Foto Dari @anshooori

Curug Cigentis berlokasi di kaki Gunung Sanggabuana, pada ketinggian 1000 mdpl, masuk di wilayah Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Berjarak 44 km dari pusat kota Karawang dan bisa dilalui dengan kendaraan roda empat atau roda dua dengan kondisi jalan beraspal.

Lokasi Curug Cigentis berada satu jalur dengan kampung wisata Cigentis, Batu Tumpang, Curug Peuteuy, Curug Cipanundaan, Curug Cikarapyak dan Curug Bandung. Jadi, kalau kamu ingin mengunjungi curug Cigentis kamu dapat bonus untuk berkunjung ke tempat wisata di sekitarnya.

Harga tiket masuk kawasan wisata Mekarbuana, kamu cukup membayar Rp. 2.500 saja, parkir roda dua Rp. 5.000, dan roda empat Rp. 7000 dan kalau kamu ingin berendam di Curug Cigentis, kamu cukup bayar Rp. 10.000. Setelah urusan ticketing selesai, siapkan dirimu untuk berjalan sekitar 250 meter menuju Curug. Gak jauh kok. Wajib nyebur looh. Pastilah, karena kami yakin, kamu gak akan tahan dengan godaan kesegaran curug ini.

3. Berenang Diantara Tebing Batu Tua di Green Canyon Mini Ciomas.

Curug Ciomas, Foto Dari @erwinhidayatullahalmahdi

Green Canyon Mini ini terletak tidak jauh dari Curug Ciomas di kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang. Di lokasi sekitar Green Canyon Mini Ciomas kamu juga bisa menikmati kesegaran Curug Ciomas yang sangat jernih.

Buat kamu yang menetap di kota sekitar, ingin menikmati kesegaran air terjun namun tidak memiliki banyak waktu liburan, bisa menepi sejenak dari kebisingan kota dan berendam di Green Canyon Mini Ciomas ini. Selain bisa menikmati Curug Ciomas kamu bisa menikmati juga keeksotisan berenang di antara batu-batu yang berhimpitan. Lokasi Green Canyon Mini memang tidak terlalu luas tapi kamu bisa merasakan pemandangan tebing-tebing batu dan akar-akar pohon tua yang bisa menambah keeksotisan foto-fotomu. Untuk mencapai lokasi Green Canyon, cukup 45 menit saja dari pusat kota Karawag.

Lokasi Green Canyon ini belum terlalu popular loh, jadi untuk menemukan lokasi Green Canyon memang agak sulit, cukup mengandalkan keberanianmu untuk bertanya pada warga sekiatr dan kamu akan sampai di Green Canyon ini.

Green Canyon Ciomas mungkin gak sekeren dan sepopuler Green Canyon di Amerika atau Green Canyon Cijulang Ciamis tapi buat kamu yang meinginkan wisata yang sepi dan masih terisolasi, gak ada salahnya kamu mengecek langsung keeksotisan Green Canyon Mini ini. Lapar berendam seharian, kamu bisa mencicipi kesederhanaan jajanan ala warga sekitar yang dijamin lezat dan murah.

4. Menyaksikan Kemegahan Aliran Tujuh Air Terjun di Curug Bandung.

Curug Bandung, Foto Dari @so_dickyn

Curug Bandung merupakan curug yang memiliki tujuh air terjun yang memancar dalam satu aliran sungai. Curug Bandung berada tidak terlalu jauh dari curug Cigentis loh. Jadi dalam sehari kamu dapat mendatangi beberapa curug sekaligus.

Curug Bandung berada di desa Mekarbuana, Kec Tegalwaru Kab Karawang. Jika kamu berada di pusat kota Karawang, kamu cukup menempuh perjalanan sejauh 43 km dengan rute perjalanan berkendaraan Karawang-Loji berjarak sejauh sekitar 30 km, selanjutnya dari Loji – Jayanti berjarak sejauh sekitar 10 km, dan terakhir.

Ini saatnya kamu untuk sedikit menggerakan tubuhmu, yaitu dengan berjalan kaki sekitar 3 km. Tenang saja, berjalan kaki sejauh 3 km tidak akan membunuhmu. Sepanjang jalan kami bisa mampir jepret-jepret diantara pepohonan yang syahdu. Dijamin kamu gak akan nyesel. Setelah berjalan kaki kurang lebih satu jam, kamu akan takjub memandangi kemegahan Curug ini, eeeeits jangan lupa diri dulu ya, biarkan tubuhmu rileks sejenak, ambil napas, biarkan keringatmu kering terlebih dahulu, ok, lakukan apapun yang kamu mau. Tetap hati-hati ya guys.

5. Uji Adrenalinmu di Curug Cipanundaan.

Curug Cipanundaan via pendekarburangrang.blogspot

Curug Cipanundaan berlokasi di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Karawang. Curug ini terdiri dari 3 buah curug yang bermuara jadi satu. Dari kota Karawang kamu hanya menempuh perjalanan sekitar 42 km. Jalan menuju curug, memang cukup menantang. Melintasi jalan setapak yang berliku terjal, melewati sungai yang berhias batu-batu tua, dan dihiasi tebing dan jurang bisa jadi cara yang tepat untuk menepi sejenak dari rutinitas dan tuntutan kehidupan kota. Kamu juga bisa sekaligus berolahraga ringan. Oh iya aktifitas outdoor bisa mengembalikan kesegaran dan semangat baru loh.

Curug ini memang belum dikelola secara baik untuk menjadi tempat wisata jadi kamu harus menyiapkan bekal, dan segala keperluan lain selama perjalanan dan kalau kamu mau berkunjung ke Curug ini, kamu tidak perlu repot-repot membayar tiket masuk.

So, ayolah, masa weekend cuma mengeram aja di tempat tidur.

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.