in ,

Tips Buat yang Mau Mudik Lebaran Tanpa Kehabisan Tiket Kereta

Ngadem.com – Lebaran selalu jadi momen yang ditunggu-tunggu untuk melepas rindu dengan keluar besar di rumah, khususnya buat kamu yang tengah merantau di kota orang. Sayangnya, perjalanan mudik kerap tak semudah yang diharapkan. Yup, biasanya untuk mendapat tiket transportasi mudik butuh perjuangan keras karena kamu harus berlomba mendapatkan tiket mudik dengan pemudik yang lainnya, khususnya tiket mudik Lebaran menggunakan kereta api.

Ya.. Meski 2 minggu menjelang Lebaran jumlah armada transportasi akan ditambah berkali lipat, biasanya para pemudik tetap saja harus berjuang ekstra dan harus terus berlomba dengan pemudik lainnya untuk mendapatkan tiket sesuai tanggal yang diharapkan. Btw, pernahkan kamu merasakan hal yang demikian? Kehabisan tiket kereta api saat mau mudik Lebaran?

Nah, buat yang mau cari tiket kereta api untuk tapi tidak ingin kehabisan, ada solusi menarik nih! Dengan solusi yang akan dibagikan ini, pastinya momen spesial saat Lebaran bersama keluarga besar bakal aman karena tiket mudik sudah di tangan. Yuk, simak beberapa tips ini!

Koneksi internet harus lancar jaya

Kamu pasti sudah tahu bahwa memesan tiket kereta api bisa dilakukan dengan cara online, dua di antaranya adalah melalui website atau aplikasi KAI dan melalui online travel agent (OTA). Oleh karena itu, salah satu tips yang harus kamu pastikan saat berburu tiket KAI online adalah memiliki koneksi internet yang stabil alias lancar jaya. Dengan demikian, mengakses situs KAI pun jadi lebih cepat tanpa terkendala sinyal ataupun kuota.

Standby pantau website atau aplikasi KAI sebelum pukul 00:00

Ketika pengumuman penjualan tiket kereta api dibuka oleh PT KAI tepat jam 00:00, pastikan kamu sudah memantau website atau aplikasi KAI sebelum jam tersebut. Di sinilah pertarungan sengit dimulai, kamu dan calon pemudik lainnya mulai bertarung dengan harus rela mengorbankan rasa kantuk yang begitu dahsyat demi mendapatkan tiket. Di sini, peran koneksi internet sangat berpengaruh, siapa yang memiliki koneksi internet secepat kilat, maka peluang untuk mendapat tiket pun sangat besar. Begitupun sebaliknya.

Atau, kamu bisa melakukannya di atas jam 00:00 yaitu sekitar 01:00 – 03:00. Setidaknya, pastikan kamu dapat kursi terlebih dahulu dan mengisi data yang benar. Selanjutnya, lakukan pembayaran. Ingat, tiket yang sudah dipesan namun tidak kamu bayar dalam kurun waktu 3 jam akan hangus.

Tunggu info dari PT KAI mengenai kereta tambahan

Sebagai pejuang mudik, pantang banget deh untuk menyerah! Yup, bagi calon pemudik bisa dibilang wajib hukumnya berjuang sampai detik-detik penghabisan. Jadi, jangan sedih dulu kalau kamu kehabisan tiket kereta, karena biasanya PT KAI mengumumkan ada kereta tambahan menjelang hari H.

Nah, pada kesempatan inilah kamu kerahkan lagi perjuangan untuk mendapatkan tiket kereta. Selain itu, rajin-rajin jugalah cek informasi dari KAI atau sering-sering buka website pemesanan tiket KAI. Kadang, ada satu sampai dua tiket yang dibatalkan calon pemudik yang bisa kamu gunakan kalau sabar menunggu.

Cari tiket kereta api lewat OTA

Lagi buru-buru dapat tiket kereta online, eh website KAI malah down! Hal yang seperti ini kadang terjadi jika pengunjung website membludak. Hmmm… ngeselin sih memang. Tapi, ada solusi lain yang bisa kamu coba kok. Yup, coba akses pembelian tiket kereta di OTA (online travel agent). Salah satunya OTA yang recommended adalah Traveloka. OTA yang satu ini memiliki kerjasama resmi dengan PT KAI. Jadi, peluangnya lumayan besar juga nih untuk dapat tiket kereta di Traveloka.

Eh, bicara soal Traveloka nih ada fitur baru yang menarik dan berguna banget buat kamu sang pemburu tiket kereta api. Kepoin, yuk!

Passenger Quick Pick

Fitur yang ada pada bagian pemesanan tiket kereta api ini memberikan kemudahan kepada pengguna Traveloka ketika melakukan pengisian data. Dengan Passenger Quick Pick, kamu sebagai pengguna Traveloka bisa menyiapkan dan menyimpan semua data anggota keluarga ketika akan melakukan pembelian tiket kereta.

Ketika semua data telah disimpan, kamu tinggal mencari nama anggota keluarga, lalu semua data yang dibutuhkan seperti nama, title, jenis nomor identitas, dan nomor identitas akan otomatis terisi. Fitur ini sangat berguna bagi kamu karena akan mempercepat proses pengisian data, khususnya ketika harus adu cepat dengan pengunjung lainnya ketika peak time Lebaran.

My Card

Fitur ini memberikan alternatif pembayaran kepada kamu sebagai pengguna Traveloka saat melakukan transaksi. Dengan My Card, kamu bisa menyiapkan dan menyimpan informasi kartu kredit di Traveloka. Bahkan, kamu bisa menyimpan hingga tiga kartu kredit di akun sekaligus. Kamu tidak perlu khawatir dengan data kartu kredit yang tersimpan karena Traveloka memperhatikan setiap keamanan data pengguna. Fitur baru ini akan mempercepat proses transaksi atau pembayaran tiket kereta api. Dengan demikian tiket dapat segera didapatkan dan kamu tidak perlu khawatir kehilangan kursi yang diinginkan untuk mudik Lebaran nanti.

Saldo UANGKU

Fitur yang cukup baru ini memberikan alternatif pembayaran kepada pengguna Traveloka ketika melakukan transaksi. Dengan Saldo UANGKU pengguna bisa melakukan top-up atau pengisian sejumlah nominal di akun Traveloka. Ftur ini diharapkan bisa memberikan kecepatan bertransaksi dan menghemat waktu mereka ketika proses pembayaran tiket kereta api.

OTA yang seperti ini benar-benar diharapkan bisa bantu para calon pemudik agar lebih mudah dan lebih cepat mendapatkan tiket kereta api tanpa perlu berebut dengan calon pemudik lainnya. Karena mudik memang butuh perjuangan, makanya OTA seperti ini bisa jadi solusi di samping situs web PT KAI itu sendiri. Kehabisan tiket kereta api untuk mudik pun semoga bukan lagi menjadi hal yang dikhawatirkan. Eh, jangan lupa! Siapkan kuota internet dulu ya, sebelum bertempur cari tiket pesawat buat mudik Lebaran nanti. :)

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.